Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Authors

  • Ari Aprilia Dwiana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia, Indonesia
  • Angela Samosir Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia, Indonesia
  • Nauli Tama Sari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia, Indonesia
  • Nur Awalia Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia, Indonesia
  • Aan Budiyono Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia, Indonesia
  • Molli Wahyuni Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia, Indonesia
  • Masrul Masrul Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1669

Keywords:

Penerapan, Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Kreativitas, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk memperoleh informasi peningkatan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan media pembelajaran macromedia flash. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang mengumpulkan data secara naratif dalam bentuk kata-kata dari fenomena yang diteliti. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 013 Rambah dengan obyek yang adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 25 orang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar siswa sangat tertarik belajar menggunakan media pembelajaran khususnya macromedia flash. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap proses pembelajaran yang menunjukkan bahwa siswa lebih semangat dan antusias , serta aktif dan kreatif dalam belajar. Hal ini didukung oleh hasil interview dan kuesioner dengan siswa yang menjelaskan bahwa siswa sangat senang belajar menggunakan macromedia flash karena tampilannya yang menarik dan mudah dipahami.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan kreativitas siswa menggunakan media pembelajaran macromedia flash. Media pembelajaran macromedia flash ini dapat membantu guru dalam menyampaikan materi belajar dan mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan sehingga kreativitas siswa dalam belajar meningkat.

References

Alamsyah, N. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Nur Alamsyah Abstrak. Jurnal Pendidikan, 1(5), 81–88.

Crismono, P. C. (2017). Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa The Influence Of Outdoor Learning On The Mathematical Critical Thinking Skills Of Students. Junal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 106–113. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms Jurnal

Fahmi, S. (2013). Pengembangan Multimedia Macromedia Flash dengan Pendekatan Kontekstual dan Keefektifannya terhadap Sikap Siswa pada Matematika. AgriSains, 5(2), 1–109.

Fitriasari, A., & Kartikasari, R. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Imajeri : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 04(1), 17–25. https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i1.6758

Heri Setiawan, R., & Harta, I. (2014). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Sikap Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 241. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2679

Huda, K., & Munastiwi, E. (2020). Strategi Orang Tua Dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(2), 80. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i2.670

Hutomo, B. P. M. (2015). Penerapan Media Interaktif Berbasis Macromedia Flash pada Kompetensi Dasar Memelihara Transmisi Otomatis Dan Komponennya Untuk ( the Application of Macromedia Flash Based Interactive Media on the Basic Competence of Maintain Automatic Transmission and Com. 15(2), 78–81.

Johariyah, S., & Resti, Y. (n.d.). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Tingkat MI. 193–204.

Kartini, K., & Sujarwo, S. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 199. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2689

Khairani, Majidah, Febrinal, D. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung untuk SMP kelas IX. Elex Media, 10(2), 95–102.

Lasmiyatun, & Saptaningrum, E. (2019). Implementasi Macromedia Flash dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa. 1(1), 105–112.

Made Ayu Suryaningsih, N., Made Elia Cahaya, I., & Endah Poerwati, C. (2011). Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Permainan Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. 5(2).

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/2014/1564

Nurhayati, L., Martini, K., & Redjeki, T. (2013). Peningkatan Kreativitas dan Prestasi Belajar pada Materi Minyak Bumi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Crossword. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 2(4), 151–158.

Nursofi, Muhammad Faiq, A. B. (2011). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Pelapisan dan Korosi. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11, 3–8.

Prameswara, A. P. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Macromedia Flash dalam meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Muhammadiyah 2 Kalirejo Lampung Tengah. Skripsi, 14.

Rahmat Dian, D., Jasman, Irzal, & Adri, J. (2020). Penerapan Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Materi Las Oksi-Asetilen pada Siswa SMK Jurusan Teknik Las. 2(4), 117–121.

Rusnilawati, R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika bercirikan active knowledge sharing dengan pendekatan saintifik kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 245. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10633

Umam, K. (2016). Pengaruh Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 84. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no1.2016pp84-92

Wulandari, T. J., Siagian, S., & Sibuea, A. M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Aplikasi Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(2), 195–210. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12598

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Dwiana, A. A., Samosir, A., Sari, N. T., Awalia, N., Budiyono, A., Wahyuni, M., & Masrul, M. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 499–505. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1669

Citation Check