Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Berbantuan Permainan Edukatif di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1735Keywords:
Motivasi dan Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik, Permainan Edukatif.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah motivasi dan hasil belajar siswa yang rendah dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar yang berdampak terhadap kualitas pendidikan di sekolah terssebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peningkatan motivasi dan hasil belajar dalam pembelajaran tematik berbantukan permainan edukatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran tematik berbantukan permainan edukatif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Terlihat bahwa pada motivasi siswa mengalami peningkatan dari rata- rata 81,5% sampai ke 91%, begitu juga pada hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan persentase ketuntasan materi pembelajaran Bahasa Indonesia 60% sampai ke 90%, IPA 50% sampai ke 90% dan IPS 60% sampai ke 95%.
References
Alfin, J. (2014). Analisis karakteristik siswa pada tingkat sekolah dasar. 190–205.
Asmelia, S. P., & Fitria, Y. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8, 150–153.
Cavilla, D. (2017). The Effects of Student Reflection on Academic Performance and Motivation. SAGE Open, 7(3), 1–13. https://doi.org/10.1177/2158244017733790
Deswanti, I. A. P., Santosa, A. B., & William, N. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 20–28. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/39/11
Edli, H., & Mudjiran, M. (2015). Perbedaan Motivasi dan Keterampilan Belajar Peserta Didik Berprestasi Tinggi dan Rendah Serta Implikasi dalam Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(1), 26. https://doi.org/10.24036/02015416452-0-00
Ekawarna. (2013). Penelitian Tindakan Kelas (M. A. Saiful Ibad (ed.); Cetakan Pe). REFERENSI (GP Press Group).
Fadhilaturrahmi, Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Fip, P., & Negeri, U. (2014). PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN MOJOKUMPUL 1 MOJOKERTO Marttadianna Yenninura Widyastanti. 1–8.
I. W. Jiwa, N., & Dantes, A. A. I. N. M. (2013). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Tematik Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas IV Gugus Empat di Kecamatan Gianyar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.
Kurniadi, G. (2021). Penggunaan Media Permainan Edukatif “ Ular Tangga Matematika †Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. 2(1), 31–36.
Makhrus, M. (2018). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Terhadap Kesiapan Guru Sebagai “Role Model†Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran Ipa Smp. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.171
Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801
Parahita, I. N., Santiyadnya, N., & Sutaya, I. wayan. (2019). Learning Community Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perawatan Pc. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(3), 118–127.
Salam, A., Miriam, S., Arifuddin, M., & Ihsan, I. N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lingkungan Bantaran Sungai Barito Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Prosiding Seminar Nasional Lahan Basah, 1(610), 648–688.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611
Sopiah, S. (2019). Pengaruh Alat Permainan Edukatif dan Motivasi Belajar terhadap Kreativitas Anak 5-6 Tahun RA I’anatush Shibyan Al-Irsyad 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 1(1), 27–34. https://doi.org/10.37012/jipmht.v1i1.3
Syamsuardi. (2012). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) di Taman Kanak-Kanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Jurnal Publikasi Pendidikan, II(1), 59–67.
Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 7(1), 31. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.9375
Wahyudi, G., Ramadhan, S., & Arief, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model Picture and Picture di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 966–973. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.814
Wulan, N. P. J. D., Suwatra, I. I. W., & Jampel, I. N. (2019). Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka- Teki Silang Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1), 66–74.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).