Analisis Tingkat Kecanduan Bermain Game Online terhadap Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nada kurnada Universitas Trilogi, Indonesia, Indonesia
  • Rossi Iskandar Universitas Trilogi, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1738

Keywords:

Game online, siswa sekolah dasar, kecanduan, hasil belajar.

Abstract

Pembelajaran daring menyebabkan siswa sekolah dasar mengenal yang namanya Game online. Game online merupakan permainan yang terhubung dengan jaringan internet. Game online dimasa sekarang bahkan sudah menjadi gaya hidup bagi siswa sekolah dasar, sudah banyak ditemukannya siswa yang kecanduan bermain game online, hal ini yang menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana siswa yang kecanduan bermain game online. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyimpulan data dan penyajian data. Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas 4, guru ditempat penelitian dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar pengguna game online pada kalangan siswa sekolah dasar merupakan pecandu game online dan mempengaruhi hasil belajar siswa yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Kesimpulan pada penelitian ini game online tidak akan berdampak buruk jika digunakan sesuai porsinya, akan tetapi akan berdampak buruk dan berpengaruh terhadap hasil belajar jika digunakan secara berlebihan

References

Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran Guru Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(1), 38–39. https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1121

Ainur Risalah, W Ibad, L Maghfiroh, M I Azza, S A Cahyani, & Z A Ulfayati. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di MI/SD (Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru dan Siswa). JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.5

Arosyid, H. (2019). Pengaruh Game Online Dan Instagram Dalam Interaksi Sosial Mahasiswa PGSD UMS. 1–13.

Ersan, O., & Rodriguez, M. C. (2020). Socioeconomic status and beyond: a multilevel analysis of TIMSS mathematics achievement given student and school context in Turkey. Large-Scale Assessments in Education, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40536-020-00093-y

Febriani, N. (2021). DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP KONSENTRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH KECAMATAN RIMBO ULU. 83–84.

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Ismi, N., & Akmal, A. (2020). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.304

maliki. (2016). Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar.

Masya, H., & Candra, D. A. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online pada Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabumulih Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 106–112.

Matondang, Z. (2019). evaluasi hasil belajar.

Nazariah, S. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPS KELAS V MIN 33 ACEH BESAR. 7.

Nisrinafatin. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Edukasi Nonformal, 119–121.

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402

Prihatini, E. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 174. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1831

Putra, F. F., Rozak, A., & Perdana, G. V. (2019). Dampak game online terhadap perubahan. JPI : Jurnal Politikom Indonesia, 4, 102–103.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 193–194. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Sacco, C., & Falzetti, P. (2021). Spatial variations of school-level determinants of reading achievement in Italy. Large-Scale Assessments in Education, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40536-021-00105-5

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 205. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.880

Yulinda, U. (2017). HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN SAMPALI TAHUN AJARAN 2016/2017. Doctoral Dissertation, UNIMED, 99–117.

Downloads

Published

2021-11-10

How to Cite

kurnada, N., & Iskandar, R. (2021). Analisis Tingkat Kecanduan Bermain Game Online terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5660–5670. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1738

Citation Check