Pengembangan Media Kado Pecah pada Materi Pecahan Senilai di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.1766Keywords:
media, kado pecah, Pecahan SenilaiAbstract
Ketidakpahaman peserta didik terhadap materi pecahan akan menyulitkan peserta didik memahami materi selanjutnya. Saat ini belum ada media pembelajaran berupa permaian yang menarik sehingga mendukung proses pembelajaran pecahan senilai, sebab waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan media cukup lama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media KADO Pecah pada Materi Pecahan Senilai di Kelas IV SD dengan harapan dapat membuat siswa menjadi tertarik mempelajari materi Pecahan senilai dengan cara bermain. Penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan Borg and Gall yang mencakup 7 tahapan, yaitu: 1) Potensi dan masalah; 2)mengumpulkan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain ; 6) uji coba produk; dan 7) revisi produk. Penelitian ini dilakukan di SD IT AL-Qolam yang melibatkan 18 siswa kelas IV. Berdasarkan hasil validasi materi, respon pendidik dan uji coba lapangan utama terhadap para siswa, secara keseluruhan diperoleh rata-rata penilaian dengan kategori “sangat layak†yang menunjukkan pengembangan Media kado Pecah dinyatakan valid sehingga layak dan praktis untuk diterapkan pada materi pecahan senilai di sekolah dasar.
References
Adawiyah, A. R., & Kowiyah. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu
Akina, Mufida, Bennu, S., Nuraini, & Anggraini. (2021). Profile of The Ability of Elementary School Teachers in Compiling Mathematical Word Problems and Solving The Problems With A Problem Posing Approach on Fractional Materials and Whole Numbers. Multicultural Education, 7(8), 127–131. https://doi.org/10.5281/zenodo.5172551
Andrayani, N. N. (2016). Pengaruh Strategi Problem Solving Menurut Wankat Dan Oreovicz Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Self-Regulaed Learning Siswa. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 173–185.
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran.
Dahlan, D. (2018). Penggunaan Media Kartu Domino Dalam Meningkatkan Keterampilan Operasi Hitung Pada Siswa Kelas III SDN 240 Harue Kabupaten Bulukumba. Publikasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.26858/publikan.v8i2.5964
Dedy Yusuf Aditya. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal SAP, 1(2), 165–174.
Kristiyono, H. (2008). Penelitian Mahir Perkalian dan Pembagian Bilangan Dasar Mahir Perkalian dan Pembagian Bilangan Dasar Melalui Metode Permainan Kartu. Jurnal Pendidikan, 10, 115.
Kusumaningrum, N., & Kaltsum, H. U. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Multiply Card dalam Pembelajaran Perkalian terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar Novia. Jurnal Basicedu, 5(3), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu
Marselina, L., Wulan, N. S., & Indonesia, U. P. (2019). Analisis kesalahan siswa kelas iv dalam mengerjakan soal cerita matematika materi pecahan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 1, 628–643.
Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Fakta Press IAIN Raden Intan Lampung.
Mufidah. (2021). Perkembangan Karakter Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1133–1146. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1696
Mufidah, Anggraini, & Awuy, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ( TPS ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 2 Sigi. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 6(1).
Riduwan. (2012). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula / Riduwan ; editor, Akdon (hal. 244).
Savriliana, V., Sundari, K., & Budianti, Y. (2020). Media Dakota (Dakon Matematika) Sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1160–1166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.517
Sukayati, & Suharjana, A. (2009). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Dalam Pembelajaran Di SD. In Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika Yogyakarta.
Yusup, P. M., & Subekti, P. (2010). Teori dan Praktik Penelusuran Informasi. Jakarta, Kencana..pdf. Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).