Keaktifan Mata Pelajaran Komputer Menggunakan Metode Demonstrasi

Authors

  • Muhammad Ali Gunawan SMA Negeri 1 Mutarata Sumatra Selatan, Indonesia, Indonesia
  • Syukri Hamzah Universitas Bengkulu, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1851

Keywords:

Metode Demonstrasi, Keaktifan Siswa

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan salah satu dapat dicapai dengan adanya peningkatan kualitas pada pembelajaran mulai dari metode pembelajaran ataupun media pembelajaran yang disediakan dengan segala bentuk kegiatan agar berdampak pada peningkatan mutu pembelajaran dan kualitas proses keaktifan siswa.Penelitian ini dilakukan di SDN 04 Kota BengkuluSiswa Kelas IV A dengan jumlah 30 siswa. Metode penelitian kualitatif deskriptif subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan  pembelajaran kepada siswa guru melakukan tahap yaitu tahap awal, inti dan penutup dengan mendemonstrasikan materi yang akan dijelaskan sehingga dapat memudahkan penyampaian dan pemahaman materi serta tujuan pembelajaran dalam proses pembelajaran. Dilihat dari hasil angket keaktifan siswa dapat disimpulkan bahwa proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan siswa merasa lebih senang dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan metode demonstrasi mata pelajaran desain grafis.

References

Akker, J. J. H. van den. (n.d.). Educational design research. 163.

Deandels. (2018). Introducing educational design research | Jan Van Den Akker, Koeno Gra. Journal of Research in Science Teaching. https://www.taylorfrancis.com/chapters/edit/10.4324/9780203088364-9/introducing-educational-design-research-jan-van-den-akker-koeno-gravemeijer-susan-mckenney

Faroh, N., -, S., & Junaedi, I. (2014). Model Missouri Mathematics Project Terpadu dengan TIK untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 3(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/4625

Ghazali, A. Al. (2020). View of Pelatihan Dasar Microsoft Office dan Pengenalan Teknologi Komputer Era Industrial 4.0 Kepada Siswa SMA Madinatul Quran Depok. http://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/206/173

Hapsari, D. T., Supriyono, S., & Hendikawati, P. (2015). Keefektifan Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project Berbantuan Pomat terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP pada Materi Segitiga. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3). https://doi.org/10.15294/UJME.V4I3.9052

Hayati, R. R. (2021). Aplikasi Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer Berbasis Web di Jurusan Teknik Komputer.

Heinrich, J. (2016). Educational Design Research. Educational Design Research. https://doi.org/10.4324/9780203088364

Huda, J. (2020). View of Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Perangkat Desa di Kecamatan Air Besi, Kabupaten Bengkulu Utara. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/490/478

Irnistisia, F. (2015). Eksperimentasi Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Ditinjau dari Sikap Siswa terhadap Matematika pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP Negeri Se-Kabupaten Belitung Tahun Pelajaran 2014/2015. https://doi.org/10.5/JS/JQUERY.DATATABLES.MIN.JS

Journal, C. D., Dermawan, A., Saputra, E., & Hutagalung, J. E. (2021). Peran masyarakat dalam menaati hukum dan mendukung perkembangan teknologi komputer dalam bisnis digital. 2(3), 569–573.

Muharika, D., & Agus, F. R. (2019). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 80–86.

Muzahid, M., & Ar, M. Y. (2019). Peningkatan Teknologi Berbasis Komputer bagi Remaja dan Pemuda Warga Gampong Jambo Timu Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe. 3(1).

Noviyanti, S., Kartono, K., & Suhito, S. (2013). Penerapan Pembelajaran Missouri Mathematics Project pada Pencapaian Kemampuan Komunikasi Lisan Matematis Siswa Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.15294/UJME.V2I2.3338

Nurastuti, W., & Yuana, K. A. (2021). Simulasi Droplet untuk Pendinginan Alat Teknologi Informasi dengan Metode Lattice-Boltzmann. Jurnal Informatika Teknologi Dan Sains, 3(3), 389–393. https://doi.org/10.51401/JINTEKS.V3I3.1039

Pura, M. H., Nuryadi, D., Universitas, C., & Karawang, S. (2021). Pembuktian Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Tahap Penyidikan Melalui Bukti Petunjuk Melalui Ilmu Komputer Digital Forensik di Kepolisian Resort Karawang. Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia (Indonesian Journal of Legal Community Engagement) JPHI, 3(2), 193–205. https://doi.org/10.15294/JPHI.V3I2.42954

Rostina, I. O., & Izzati, N. (2020). Application Of Leaflet Media In Learning Missouri Mathematics Project (Mmp) Model Against Independence of Student Mathematics. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 8(2), 167–174. https://doi.org/10.26858/JDM.V8I2.14442

Stern, W. (2019). Educational research: Quantitative and qualitative approaches. - PsycNET. Journal of Physics. https://psycnet.apa.org/record/1999-04454-000

Susanti, M. ., Fauziah, . ., & Wahyuni, Y. . (2019). Application of Missouri Mathematics Project (MMP) Learning Model on Mathematics Learning of Class VIII Students of SMP Negeri 15 Padang. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(4). https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFKIP/article/view/14619

Ugiarto, M., Cahyono, B., & R, R. H. (2017). Media Pembelajaran Mata Kuliah Komputer Animasi Berbasis Android di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman Samarinda. Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi), 2(1), 315–320. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI/article/view/278

Winardi, W., & Dwijanto, D. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika melalui Model Missouri Mathematics Project dengan Pendekatan Open-Ended. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 175–183. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/20476

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Gunawan, M. A., & Hamzah, S. (2021). Keaktifan Mata Pelajaran Komputer Menggunakan Metode Demonstrasi. Jurnal Basicedu, 5(6), 6288–6299. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1851

Citation Check