Pengaruh Permainan Uno Stacko dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1862Keywords:
Motivasi Belajar, Uno Stacko, Matematika, Pandemi Covid–19Abstract
Pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai sektor di seluruh dunia, salah satunya di sektor pendidikan. Kebijakan pemerintah untuk menutup segala aktivitas belajar mengajar tatap muka di sekolah membuat tenaga pendidik untuk berfikir kreatif dalam menyampaikan ilmu kepada siswanya disituasi yang sangat sulit ini. Salah satu usaha yang dapat dilakukan yaitu dengan metode Game-Based Learning atau Pembelajaran dengan Permainan sehingga siswa akan tertarik untuk menerima ilmu, meningkatkan motivasi belajar dan memiliki experience yang disampaikan melalui metode ini. Dalam penelitian ini penulis ingin mencari tahu dan meneliti lebih lanjut apakah permainan Uno Stacko dapat meningkatkan motivasi belajar bagi siswa.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat analisis berupa SPSS dengan metode analisis regresi linear dan uji korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran secara online menimbulkan kejenuhan dan berkurangnya motivasi belajar siswa SD Kayuringin Jaya. Bahwa media Uno Stacko dalam pebelajaran matematika berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa SD Kayuringin Jaya
References
Afifah dan Harini. (2008). No Title. Analisis Profil Proses Kognitif Pemahaman Konsep Siswa, 1(1), 15.
Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3035
Agustina, L., & Hamdu, G. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Pestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan.
Andriani, R. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 80–86.
Asbari, Wijayanti, Purwanto, & Pramono. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2, 1–12.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lentanida, 178–182.
Fadhilaturrahmi, Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid - 19. Jurnal Bassicedu, 5, 1683–1688.
Fauziyah, Rosnaningsih, & Azhar. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 kota Tangerang. Jurnal JPSD, 4, 47–53.
Febrita, & Ulfah. (n.d.). Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5, 1.
Irvandi. (2021). Unstack Culture: Media Pembelajaran bagi Anak Jalanan Berbasis Uno Stacko dalam Melestarikan Kebudayaan di Kota Makassar. Urnal PENA: Penelitian Dan Penalaran, 8, 72–82.
Irvansyah, A., & Romadona, H. (2019). Pengaruh penggunaan permainan terhadap motivasi belajar warga belajar keaksaraan di pkbm pandu pelajar mandiri lapas narkotika. X(2), 17.
Kumala, & Sumarni. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Uno Stacko Pada Materi Fisika Kelas X. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 2, 14–20.
Kuncoro Adi Saputro1? , Christina Kartika Sari2, S. W. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116–123. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133
Puspitasari, W. D. (2016). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 105–120. https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.338
Rasto, R., & Andriani, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4, 80–86.
Restiaji, D., Hardian, M., Hidayah, Y., & Suryaningsih, A. (2020). Identifikasi Motivasi Belajar Anak Dalam Penerapan Media Pembelajaran Uno Stacko for Question Card (Studi Kasus Kelas Vi C Sdn Jagir I/393, Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020). Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 254–264. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.756
Rosarian, & Dirgantoro. (2020). Upaya Guru dalam Membangun Interaksi Siswa melalui Metode Belajar Sambil Bermain [Teacher’s Efforts in Building Student Interaction using a Game Based Learning Method]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3, 146–163.
Rozikin, muhammad. (2017). Pengaruh Permainan Uno Stacko terhadap peningkatan kognitif lansia di griya usila santo yosef surabaya. ВеÑтник РоÑздравнадзора, 6, 5–9.
Tirtoni, F. (2021). Fenomena Adaptif Pola Asuh dan Bimbingan Belajar Orang Tua Siswa Anak Usia Sekolah Dasar pada Saat Pandemi Covid-19. Creative of Learning Students Elementary Education, 4, 537.
Winata & Setiawan. (2020). No Title. Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika, 4(1), 12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).