Analisis Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Isna Khoirun Nisa Universitas Lampung, Indonesia, Indonesia
  • Nelly Astuti Universitas Lampung, Indonesia, Indonesia
  • Ika Wulandari Utamining Tias Universitas Lampung, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1924

Keywords:

pembelajaran daring, peran orang tua.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah terdapat beberapa orang tua yang mengeluh mengenai pelajaran sekolah yang ditanyakan anaknya, kuota internet yang dikeluarkan lebih dan kurangnya waktu orang tua dalam mendampingi anak karena harus bekerja. Tujuan penelitian untuk menganalisis peran orang tua dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 pada peserta didik kelas V SD Negeri 8 Metro Utara. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa orang tua sudah mengetahui peran mereka seperti mengajari anak mengenai materi yang anak kurang dipahami, memfasilitasi anak, memberikan suasana belajar yang nyaman, dan memberi motivasi kepada anak agar tetap semangat selama pembelajaran daring. Kendala yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring yaitu keterbatasan latar belakang pendidikan orang tua, tingkat ekonomi orang tua yang berada pada taraf menengah kebawah, dan kesulitan membagi waktu antara anak dan bekerja sehingga orang tua hanya memiliki waktu yang sedikit dalam mendampingi anak selama belajar di rumah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran daring saat ini sangatlah dibutuhkan meskipun terdapat beberapa kendala yang dilalui oleh para orang tua.

References

Astari, M., & Ramadan, Z. H. (2022). Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Basicedu.

Aziza, F., & Yunus, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada MAsa Study From Home Selama Pandemi Covid-19. Konferensi Nasional Pendidikan I.

Cahyani, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Efendi, D. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Model Distance Learning Di Sekolah Dasar Kota Jayapura. Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.

Fadhilaturrahmi, Fadhilaturrahmi, Rizki Ananda, and Sisi Yolanda. 2021. “Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19.†Jurnal Basicedu 5(3): 1683–88.

Khalimah, Si. N. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di MI Darul Ulum Pedurungan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Mastoah, I., & Zulaela, M. (2020). Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Pada Masa Covid-19 Di Kota Serang. Pendidikan Anak Usia Dini.

Negara, I., Rismawan, M., & Astawa, I. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Peranan Orang Tua dalam Pengembangan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bali.

Ni’mah. (2016). Peranan Orang Tua Dalam Membimbing Anak Untuk Melaksanakan Shalat Lima Waktu Di Lingkungan Pasar Kahayan Palangka Raya (Studi Terhadap Lima Kepala Keluarga Yang Berprofesi Sebagai Pedagang). IAIN Palangka Raya.

Nugroho, A., Hawanti, S., & Pamungkas, B. T. (2021). Kontribusi Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Siswa Selama Masa Pandemi. Basicedu.

Nurhasanah. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Kelompok B.5 TK Kemala Bhayangkari Bone. Educhild.

Puspita, H. D. (2021). The Role of Parents Educating Children During Online Classes. Educational Research.

Sulastri, A., & Masriqon. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Basicedu.

Valeza, A. riska. (2017). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Wahyuningsih, A., Widiawati, H., & Zulfa, N. (2021). Upaya Bimbingan Belajar Orang Tua Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Basicedu.

Wardani, A. (2020). Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Pendidikan Anak Usia Dini.

Wijayanti, R., & Fauziah, P. Y. (2021). Perspektif Dan Peran Orang Tua Dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Winingsih, E. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Poskita.Co. https://poskita.co/2020/04/02/peran-orangtua-dalam-pembelajaran-jarak-jauh

Yasmin, P. (2020). Tentang Sicial Distance, Cara Cegah Penyebaran Virus Corona. In News.detik.com. https://news.detik.com/berita/d-4940726/tentang-social-distance-cara-cegah-penyebaran-virus-corona

Yuhenita, N. N., & Indiati. (2021). Tingkat Resiliensi Orang Tua dalam Mendampingi Anak Sekolah dari Rumah Pada Masa Pandemi. Basicedu.

Zb, Aminah et al. 2021. “Distance Learning With STEAM Approaches: Is Effect on the Cognitive Domain?†Jurnal Educative: Journal of Educational Studies 6(2): 129–40.

Downloads

Published

2022-01-19

How to Cite

Nisa, I. K., Astuti, N., & Tias, I. W. U. (2022). Analisis Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 970–977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1924

Citation Check