Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Risky Ayu Permata Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1969

Keywords:

Peran Orang Tua, Membentuk Karakter Anak

Abstract

Persiapan Proses Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak Didik Melalui Bermain Peran, dalam tahap ini persiapan yang dilaksnakan adalah Identifikasi kebutuhan dilakukan untuk menggali tentang sumber informasi anak, data keluarga, dan keinginan atau kebutuhan anak didik yang dapat terpenuhi melalui penyelenggaraan program membentuk karakter anak didik melalui bermaian peran. Hasil wawancara dengan guru kelompok A dan kelompok B sebagai guru kelas di KB. Guru kelas B menyatakan bahwa identifikasi anak didik dilakukan oleh para guru kelas dan guru pendamping. Guru pendamping ditugaskan mengidentifikasi anak yang mempunyai kebutuhan khusus untuk dilakukan parenting. Identifikasi kebutuhan belajar dilakukan dengan cara turun langsung ke lapangan, memberikan instrumen dan pengarahan. Berdasarkan data yang telah diamati oleh peneliti tentang peran orang tua dalam membentuk karakter anak didik sebagian besar orang tua menjawab sangat bagus 4 orang (80%), yang menjawab biasa-biasa saja sebanyak 2 orang (20%), dan yangmenjawab kurang bagus tidak ada (0%), jadi kesimpulan responden tetang melibatkan orang tua dalam membentuk karakter anak didik adalah sangat bagus.

Author Biography

Risky Ayu Permata, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

Magister PAI Konsentrasi PIAUD

References

Adpriyadi, Adpriyadi and Sudarto Sudarto. 2020. “POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN POTENSI DIRI DAN KARAKTER ANAK USIA DINI.†VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Akhyadi, A. S., &. Mulyono. 2018. “Program Parenting Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keluarga.†Abdimas Siliwangi.

Andhika, Muhammad Rezki. 2021. “PERAN ORANG TUA SEBAGAI SUMBER PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI.†AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.

Ansori, A., &. Rosita. 2018. “T. Increasing Economic Capacity Of Rural Community Through The Use Of Local Ecological Potency Based.†Journal Of Nonformal Education.

Astuti, Erni Puji. 2019. “Kontribusi Orang Tua Dalam Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini.†Surya Abdimas.

Coombos, Philip H. 1986. Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: Global Media.

Dariah, Neneng. 2018. “PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN PERAN (Study Kasus Di Kelompok Bermain Al-Munawar).†Comm-Edu (Community Education Journal).

Erzad, Azizah Maulina. 2018. “PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK SEJAK DINI DI LINGKUNGAN KELUARGA.†ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal.

Hasanah, Nur. 2017. “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Ranah Afektif.†Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017.

Irmalia, Septi. 2020. “Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.†Jurnal El-Hamra (Kependidikan Dan Kemasyarakata).

Jhonson. 2004. Peran Orang Tua Dalam Bimbingan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Latifah, Atik. 2020. “Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.†(JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA).

Sabartiningsih, Mila, Jajang Aisyul Muzakki, and Durtam Durtam. 2018. “IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI.†AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak.

Santika, Tika. 2018. “Peran Keluarga, Guru Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.†JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA).

Sari, Sri Yulia and Nanang Nofriadi. 2019. “PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI.†SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Sudjana, Nana. 1989. Metode Penelitian. Jakarta: Grasindo.

Ta’rifin, Ainurrafiq Dan A. 2005. Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Wolfman. 1992. Peran Orag Tua Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Yulianti, Dwi. 2010. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Global Media.

Downloads

Published

2022-01-22

How to Cite

Permata, R. A. (2022). Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 6(1), 1155–1168. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1969

Citation Check