Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Bernyanyi Terhadap Kemampuan Membaca Iqro’ Anak Usia Dini

Ramadhaniar Ramadhaniar, Tien Rafida, Humaidah Br. Hasibuan

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2035

Article Metrics

Abstract Views : 20 times
PDF Downloaded : 11 times

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Peneliti membagi dua kelompok penelitian, kelompok pertama merupakan kelompok kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran bernyanyi dan kelompok kedua merupakan kelompok kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran terbimbing. Dalam penelitian ini terdapat rancangan penelitian yang tepat yakni dengan menggunakan rancangan penelitian pra-eksperimen pretest posttest control group design yakni menggunakan kelas perbandingan yang dibagi menjadi dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik di TK B RA Ummul Qura yang berjumlah 20 orang dengan sampel yang dibagi menjadi dua kelompok yakni 10 anak dalam kelompok B1 sebagai kelas eksperimen dan 10 anak dalam kelompok B2 sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh data dari sumbernya digunakan beberapa instrumen pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Diketahui  Uhitung = 1 dan Utabel = 23 dengan syarat perbandingannya yakni jika Uhitung < Utabel maka H0 ditolak. Maka hasilnya dapat dituliskan 1 < 23 maka H0 (tidak ada pengaruh) ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan membaca Iqro’ anak usia dini kelompok B di RAUmmul Qura Stabat.

 


Keywords


Strategi Pembelajaran, Bernyanyi, Kemampuan Membaca, Iqra’.

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2016. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Cetakan IV. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Cetakan XX. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Diana, Nirva dan Mesiono. 2016. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini: Mewujudkan Sumber Daya Manusia Berkeunggulan. Medan: Perdana Publishing.

Erdiyanti, dkk. 2019. Buku Panduan Pembelajaran di TK/RA Berbasis Sentra. Kendari: AA-DZ Grafika.

Hikmawati, F. (2018). Metodologi Penelitian. Cetakan II (Raja Garaf). Jakarta.

Idris, Meity H. 2020. Strategi Pembelajaran yang Menyenangkan: Implementasi Pada Anak Usia Dini. Cetakan III. Jakarta: Luxima.

Idris, M. H., & Ramdani, I. (2015). Menumbuhkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini (Luxima). Jakarta.

Iis Suwanti, D. K. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Bernyanyi Terhadap Perilaku Cuci Tangan Yang Benar. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 11(2), 7–7. Diambil dari http://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jkk/article/view/34

Mardiah, L. Y., & Ismet, S. (2021). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 402–408. Diambil dari https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/962

Mashuri, & Dewi, M. (2017). Penerapan Metode Bernyanyi Dan Media Flash. Jurnal MUDARRISUNA, 7(2), 346–364.

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ridwan, R., & Awaluddin, A. F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 13(1), 56–67. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.252

Risaldy, S. (2020). Bermain, Bercerita & Menyanyi. Cetakan III (Luxima). Jakarta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Praktik Pembelajaran. Padang: UNP Press.

Suwanti, Iis dan Dika Krisbiantoro. 2019. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Bernyanyi Terhadap Perilaku Cuci Tangan yang Benar. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan 11 (2). LPPM Dian Husada, Mojokerto.

Syafarudin, dkk. 2016. Pendidikan Prasekolah: Perspektif Pendidikan Islam dan Umum. Medan: Perdana Pulishing.

Tadjuddin, Nilawati. 2015. Desain Pembelajaran Anak Usia Dini: Teori dan Praktik Pembelajaran Anak Usia Dini. Lampung: Aura Publishing.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

USAID Indonesia. 2014. Materi Untuk Sekolah Praktik yang Baik Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). http://PA00KNBF.pdf..


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ramadhaniar Ramadhaniar, Tien Rafida, Humaidah Br. Hasibuan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.