Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124Keywords:
media digital, berpikir kritis, pembelajaran IPAAbstract
Keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di sekolah dasar belum maksimal dikarenakan guru belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik maupun materi ajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan inovasi media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian literature review dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan terkait buku, jurnal nasional, dan jurnal internasional sesuai fokus penelitian. Teknik analisis data berupa teknik analisis isi. Keabsahan data diuji dengan meningkatkan ketekunan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk inovasi media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di sekolah dasar, antara lain: game edukasi digital, video, youtube, power point, macromedia/ adobe flash, komik digital, e-book, flipbook, augmented reality, virtual reality, website pendidikan, televisi pendidikan, dan aplikasi pendidikan, seperti ruang guru, quipper school, dan kelas pintar.
References
Aisyah, N., Supriyani, Y., & Hawaliyah, N. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penggunaan Media Komputer Interaktif dan Metode Demonstrasi. Jurnal IDEAS: Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(1), 11–20. https://doi.org/10.32884/ideas.v
Aprilia, T. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sains Flipbook Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 10–21. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.32059
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamromi. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. In Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Astuti, L., Wihardi, Y., & Rochintaniawati, D. (2020). The Development of Web-Based Learning using Interactive Media for Science Learning on Levers in Human Body Topic. Journal of Science Learning, 3(August 2019), 89–98. https://doi.org/10.17509/jsl.v3i2.19366
Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Chan, F. (2017). Implementasi Guru Menggunakan Metode Permainan pada Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 106–123. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6821
Chen, C. H. (2020). Impacts of Augmented Reality and a Digital Game on Students’ Science Learning with Reflection Prompts in Multimedia Learning. Educational Technology Research and Development. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09834-w
Dewi, N. K. R., & Agung, A. A. G. (2021). The Feasibility of Social Science Learning E-Book Contains Balinese Local Wisdom for Elementary School. International Journal of Elementary Education, 5(1), 39–47.
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 33–48.
Eriyanto. (2013). Analisi Isi (Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Fitriana, L., Hendriyanto, A., Sahara, S., & Akbar, F. N. (2021). Digital Literacy: The Need for Technology-Based Learning Media in the Revolutionary Era 4.0 for Elementary School Children. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 26(1), 194–200.
Fitriani, W., Suwarjo, & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi : Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 234–242. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19040
Garini, A. W., Respati, R., & Mulyadiprana, A. (2020). Penggunaan Media berupa Digital pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Pedadiktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 186–191.
Hasan, M., Munfangati, R., Mustika, Supartha, I. K. D. G., Tyaningsih, R. Y., Satria, R., Thalib, D., Lestari, A. S., Subagiyo, A., Ariningsih, K. A., Hasbi, I., & Khaira., I. (2021). Pembelajaran Digital (1st ed.). Widina Bhakti Persada.
Hayyuningtyas, K., & Batubara, H. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint dan Ispring di Android untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran IPA di Kelas 3 SD. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(1), 61–69.
Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan Lingkungan: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi Ilmi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 131–140.
Ichsan, I. Z., Rahmayanti, H., Purwanto, A., Sigit, D. V., Singh, C. K. S., & Babu, R. U. M. (2020). HOTS-AEP-COVID-19 : Students Knowledge and Digital Worksheet of ILMIZI Environmental Learning Model. International Journal of Advanced Science and Technology (IJAST), 29(6), 5231–5241.
Istyasiwi, M. E., Aulianty, Y., & Sholeh, D. A. (2021). Pengembangan Media Digital Kartu Domino Rantai Makanan (Dorama) pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 254–263. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1115
Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasr. Malang: Ediide Infografika.
Kuncoro, I. A., & Hidayati, Y. M. (2021). Learning Videos Increase Students’ Cognitive Learning Outcomes on Animal Life Cycle Materials. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (JISD), 5(2), 299–306.
Lubis, N., & Lubis, A. (2021). Pembelajaran Abad 21 dengan Implementasi Experiential- Based Learning bagi Guru SD N 101789 Marindal I Kabupaten Deli Serdang. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1–6.
Maskur, & Safitri, E. R. (2021). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Digital Berbasis Android dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Berkebutuhan Khusus. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1), 47–53. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2149
Monica, R., Ricky, Z., & Estuhono. (2021). Pengembangan Modul IPA Berbasis Model Research Based Learning pada Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4470–4482. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1470
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif (1st ed.). Sidoarjo: UMSIDA Press.
Nurlaela, E., Sumantri, M., & Sarkadi. (2021). Development of Mind Mapping Based E-Book in Steam for Skills of Grade VI Elementary School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(6), 390–399. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v8i6.2787
Partono, Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810
Perdana, M. A., Wibowo, D. E., & Budiarto, M. K. (2021). Digitalization of Learning Media through Digital Book Development Using the Flipbook Application. Jurnal Pendidikan Pengajaran (JPP), 54(2), 263–272. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpp.v54i2
Pinatih, S. A. C., & Putra, D. K. N. S. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121.
Prafitasari, F., Sukarno, & Muzzazinah. (2021). Integration of Critical Thinking Skills in Science Learning Using Blended Learning System. International Journal of Elementary Education, 5(3), 434–445.
Pramono, A., Pujiyanto, Puspasari, B. D., & Dhanti, N. S. (2021). Character Thematic Education Game “AK@R†of Society Themes for Children with Malang-Indonesian Visualize. International Journal of Instruction, 14(2), 179–196. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2021.14211a
Priyani, N. E., & Nawawi. (2020). Pembelajaran IPA Berbasis Ethno-STEM Berbanti Mikroskop Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains di Sekolah Perbatasan. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 99–104.
Purwati, L. M. (2021). Media Pembelajaran Digital Interaktif Berbasis Adobe Flash pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(2), 152–158.
Ramadhani, S. P., Zulela, & Fahrurrozi. (2021). Analisis Kebutuhan Desain Pengembangan Model IPA Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1819–1824.
Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari.
Rina, N., Suminar, J. R., Damayani, N. A., & Hafiar, H. (2020). Character Education Based on Digital Comic Media. IJIM, 14(3), 107–127. https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijim.v14i03.12111 Nofha
Risky, S. M. (2019). Analisis Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 73–79.
Ristanto, R. H., Mahardika, R. D., & Rusdi. (2021). Digital Flipbook Immunopedia ( DFI ): A Learning Media to Improve Conceptual of Immune System. Young Scholar Symposium on Science Education and Environment (YSSSEE), 1–11. https://doi.org/10.1088/1742-6596
Rizkasari, E., Huda, M. K., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Development of Digital Animation as a Learning Media in Primary Schools. The 5th Annual Applied Science and Engineering Conference (AASEC), 1–6. https://doi.org/10.1088/1757-899X/1098/3/032068
Samatoa, U. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Barat: Indeks.
Sari, Y., Sari, R. P., Sumantri, M. S., & Marini, A. (2021). Development of Digital Comic for Science Learning in Elementary School. The 5th Annual Applied Science and Engineering Conference (AASEC ), 1–5. https://doi.org/10.1088/1757-899X/1098/3/032060 Technology
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 7(2), 112–122.
Siregar, A., & Siregar, D. I. (2021). Analisis Evaluasi Pengembangan Media Komik Digital pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. JASISFO (Jurnal Sistem Informasi), 2(1), 114–126.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran (1st ed.). Yogyakarta: Pedagogia.
Sunami, M. A., & Aslam. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129 Copyright
Wicaksono, J. W., Japar, M., & Utomo, E. (2021). Development of Digital Based Comic Media for Primary V-Class Student Learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding (IJMMU), 8(4), 532–537. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v8i4.2601
Wulandari, A. R., Masturi, & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3779–3785. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1251
Yulyani, Kazumaretha, T., Arisanti, Y., Fitria, Y., & Desyandri. (2020). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. School Education Journal, 10(2), 184–188.
Zulherman, Amirullah, G., Purnomo, A., Aji, G. B., & Supriansyah. (2021). Development of Android-Based Millealab Virtual Reality Media in Natural Science Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 1–10. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18218
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).