Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate CC pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Miftah Audhiha Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia, Indonesia
  • Asyti Febliza Universitas Islam Riau, Indonesia, Indonesia
  • Zul Afdal Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia
  • Zubaidah Amir MZ Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia, Indonesia
  • Risnawati Risnawati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2170

Keywords:

Multimedia interaktif, adobe animate, Bangun Ruang.

Abstract

Riset ini bertujuan untuk menganalisis validitas dan praktikalitas multimedia interaktif berbasis adobe animate yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan 4-D. subjek uji coba pada penelitian ini yaitu 3 orang pakar untuk menentukan tingkat kevalidan produk yang dikembangkan dan 30 siswa untuk menentukan tingkat kepraktisan produk yang dikembangkan. Data penelitian diperoleh dari lembar validasi dan angket respon siswa. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis adobe animate yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata tingkat kevalidan sebesar 93,1% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya, rata-rata tingkat kepraktisan sebesar 86,96% dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu, multimedia interaktif berbasis adobe animate dapat digunakan dan diimplementasikan dalam proses pembelajaran pada bangun ruang

References

Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., & Nadhifah, R. (2021). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 54. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121

Al Aslamiyah, T., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p109

Amelia, D. J. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Cetak Dalam Bentuk Komik Untuk Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. (JP2SD) Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 6(2), 136. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i2.7152

Andi Prastowo. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Arliza, R., Setiawan, I., & Yani, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Materi Budaya Nasional Dan Interaksi Global Pendidikan Geografi. Jurnal Petik, 5(1), 77–84. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.493

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Sumarni, R. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Appypie Di Smk Bina Mandiri Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 695. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10525

Aulia, J., Zarkasih, Z., & Nova, T. L. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Komik terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 70–76.

Ayu, F., & Fauzi, A. (2020). Praktikalitas Pengembangan E-Book Fisika Berbantuan Edmodo Berbasis Discovery Learning dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(3), 66–71.

Bashooir, K., & Supahar. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran Fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 219–230. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270

Calderón, A., Scanlon, D., MacPhail, A., & Moody, B. (2020). An integrated blended learning approach for physical education teacher education programmes: teacher educators’ and pre-service teachers’ experiences. Physical Education and Sport Pedagogy, 0(0), 1–16. https://doi.org/10.1080/17408989.2020.1823961

Diah, I., & Nita, S. (2018). Pembuatan Video Sebagai Media Pembelajaranuntuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68–75. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/doubleclick

Faozan, Y. M. R., Mulyanti, B., & Wahyudin, D. (2018). Implementation of Instructional Media Trainer Fiber Optic Sensor System on Sensor and Actuator Learning in SMKN 1 Katapang Bandung. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 384(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/384/1/012068

Fatimah, A. S., & Santiana, S. (2017). Teaching in 21St Century: Students-Teachers’ Perceptions of Technology Use in the Classroom. Script Journal: Journal of Linguistic and English Teaching, 2(2), 125. https://doi.org/10.24903/sj.v2i2.132

Febliza, A., & Zul Afdal. (2015). Statistik Dasar Penelitian Pendidikan. Adefa Grafika.

Hakim, A. L., Anggraini, Y., Fitriani, R., & Haqiqi, A. K. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Transformatif (Islamic Studies), 3(2), 131–136. https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/TF/article/view/1353

Handayani, P., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 396–401. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492

Hartiyani, S. D., & Ghufron, A. (2020). Pengembangan Dan Kelayakan Multimedia Berbasis Android Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Di Islamic Boarding School Bina Umat. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 275. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p275--289

Hidayah, Y. F., Siswandari, S., & Sudiyanto, S. (2017). Pengembangan Media Komik Digital Akuntansi Pada Materi Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank Untuk Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 239. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i2.588

Hobri, Murtikusuma, R. P., & Hermawan, L. I. (2019). Development of e-comic using pixton and kelase web on linear program of two variables assisted by geogebra. Journal of Physics: Conference Series, 1265(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1265/1/012010

Huda, C., Hudha, M. N., Ain, N., Nandiyanto, A. B. D., Abdullah, A. G., & Widiaty, I. (2018). The Implementation of Blended Learning Using Android-Based Tutorial Video in Computer Programming Course II. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 288(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/288/1/012163

Kemendikbud. (2020). Jika Satuan Pendidikan Sudah Memenuhi Semua Daftar Periksa Dan Siap Melakukan Pembelajaran Tatap Muka. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran Dan Tahun Akademik Baru Di Masa Pandemi Covid-19: Satuan Pendidikan Di Zona Kuning, Oranye Dan Merah Dilarang Melakukan Pembelajaran Tatap Muka. https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/d16ebb4e0e2245e

Khairi, A. (2016). Pengembangan Media Komik Berbasis Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PPKn & Hukum, 11(1), 98–110. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/3658

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X Sma. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.pp1-12

Lee, S. J., & Reeves, T. (2018). Edgar Dale and the Cone of Experience. Foundations of Learning and Instructional Design Technology, 1971, 676. http://edtechbooks.org/-mr%0Ahttps://edtechbooks.org/lidtfoundations/edgar_dale

Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 170. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245

Maghfiroh, A., Kuswanto, H., & Susetyo, B. (2020). The development of android-based physics comic on optical devices for high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012023

Moorhouse, B. L. (2020). Adaptations to a face-to-face initial teacher education course ‘forced’ online due to the COVID-19 pandemic. Journal of Education for Teaching, 46(4), 609–611. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1755205

Muharni, L. P. J., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK Menggunakan Peta Wilayah Untuk Menfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 148–163. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.395

Nurdyansyah, N., Sugiarto, R., & Rais, P. (2018). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Majalah Anak Materi Wudlu Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Halaqa: Islamic Education Journal, 2(2), 201. https://doi.org/10.21070/halaqa.v2i2.1772

Palma, Y., Saputra, R., Ulfah, M., Rasmawan, R., Sartika, R. P., Kimia, P., Pontianak, U. T., & Molekul, B. (2021). Pengembangan Media Kit Bentuk Molekul di Kelas X SMA Negeri 8 Pontianak. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(3), 86–91.

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2019). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389

Pramono, A., Kom, S., Puspasari, B. D., & Kom, S. (2017). First aid instructional media using Android platform. 2017 4th International Conference on Computer Applications and Information Processing Technology (CAIPT), 1–5. https://doi.org/10.1109/CAIPT.2017.8320712

Rachmadtullah, R., Zulela, M. S., & Sumantri, M. S. (2018). Development of computer-based interactive multimedia: Study on learning in elementary education. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(4), 2035–2038. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384

Rahayu, M. S. I., & Kuswanto, H. (2020). Development of android-based comics integrated with scientific approach in physics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012040

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Ipa Yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221

Ramdani, F., Handayani, S., & Firdiana, B. (2018). Development of virtual laboratory of food microbiology-based websites. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 434(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/434/1/012276

Safitri, M., Helendra, Selaras, G. H., & Sumarmin, R. (2019). Praktikalitas LKPD Eksperimen Biologi Berorientasi Keterampilan Proses Sains untuk Pesereta Didik Sma Kelas XI Semster 1. Bioilmi, 5(2), 106–113.

Sari, F. A., Suseno, N., & Riswanto, R. (2019). Pengembangan Modul Fisika Online Berbasis Web pada Materi Usaha dan Energi. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 3(2), 129–135. https://doi.org/10.30599/jipfri.v3i2.476

Sari, F. P., Ratnaningtyas, L., Wilujeng, I., Jumadi, & Kuswanto, H. (2019). Development of Android Comics media on Thermodynamic Experiment to Map the Science Process Skill for Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012052

Saswulan, F., Hadi, K., & Syamsu, F. D. (2020). Pengembangan Buku Digital Interaktif (Budin) Pada Materi Struktur Dan Fungsi Sel Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas Xi Sma Negeri 2 Meulaboh. Genta Mulia, XI(2), 77–84.

Sentell, T., Vamos, S., & Okan, O. (2020). Interdisciplinary perspectives on health literacy research around the world: More important than ever in a time of covid-19. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(9), 1–13. https://doi.org/10.3390/ijerph17093010

Setiawan, A. A., Yasin, A. N., & Oktaviani, A. T. (2018). Smart Traffic Sign Games: Interactive Learning Multimedia Based on Interactive Surface and Augmented Reality for Elementary School Students. 3rd International Conference on Education Management and Administration, 269, 37–41. https://doi.org/10.2991/coema-18.2018.10

Shodiq, I. J., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 Di Mi Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144–159. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3946

Siddiq, Y. I., Sudarma, I. K., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928

Srimaya. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biotek Volume 5 Nomor 1 Juni 2017, 5(1), 53–68.

Supratman, E., & Purwaningtias, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(3), 310–315. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i3.958

Tahel, F., & Ginting, E. (2018). Penerapan Aplikasi Flash Dalam Media Pembelajaran Mewarnai Gambar Untuk Meningkatkan Motorik Halus. Jurnal Informatika Kaputama(JIK), 2(1), 34–43.

Taufina, M., & Chandra. (2018). Literasi Membaca Untuk Memantapkan Nilai Sosial Siswa SD. Litera, 17(2), 202–212.

Thiagarajan. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children a Sourcebook. Bloomington: Center for innovation on Teaching the Handicaped.

Ulfah, A., & Jumaiyah. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Kabupaten Lamongan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 75–82.

Wandah Wibawanto. (2018). Membuat Bermacam Game Android dengan Adobe Animate. CV. Andi Offset.

Wati, M., Hartini, S., Misbah, M., & Resy, R. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Hulu Sungai Selatan. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 157–162.

Widyastuti, P. D., Mardiyana, M., & Saputro, D. R. S. (2017). An Instructional Media using Comics on the Systems of Linear Equation. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012039

Downloads

Published

2022-01-19

How to Cite

Audhiha, M., Febliza, A., Afdal, Z., MZ, Z. A., & Risnawati, R. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate CC pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 1086–1097. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2170

Citation Check