Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar

Authors

  • Kartika Dwi Ningrum Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Erry Utomo Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Arita Marini Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Bramianto Setiawan Universitas PGRI Adi Buana, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-4061-6363

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2289

Keywords:

komik elektronik, augmented reality, minat belajar, e-comic, pembelajaran IPA, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan komik elektronik sistem peredaran darah manusia yang terintegrasi augmented reality dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian research and development yang menghasilkan media pembelajaran menarik minat belajar. Kemudian produk diuji coba dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dalam bentuk nonequivalent pretest-posttest control group design. Validasi produk melibatkan ahli materi, bahasa, media serta validasi kelayakan produk. Uji keterbacaan peserta didik melalui uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Subyek penelitian yaitu kelas V SDN Manggarai 09 Jakarta Selatan yang terbagi dalam dua sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media komik elektronik sistem peredaran darah terintegrasi augmented reality dapat meningkatkan minat belajar siswa. Implikasi studi ini untuk praktik pembelajaran sistem peredaran darah manusia dengan pemanfaatan media komik elektronik yang terintegrasi augmented reality untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V sekolah dasar.

Author Biographies

Kartika Dwi Ningrum, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Dasar

Erry Utomo, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Dasar

Arita Marini, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Dasar

Bramianto Setiawan, Universitas PGRI Adi Buana

Department of Primary Education

References

Agatha, N. D., Prihatin, J., & Narulita, E. (2018). Pengembangan Buku Komik Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah. Jurnal Bioedukatika, 5(2), 59. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i2.7200

Al-shara, I. (2015). LEARNING AND TEACHING BETWEEN ENJOYMENT AND BOREDOM AS REALIZED BY THE STUDENTS : A SURVEY FROM THE EDUCATIONAL FIELD. 11(19), 146–168.

Arroio, A. (2011). Comics as a narrative in natural science education. Western Anatolia Journal of Educational Science, July 2011, 93–98.

Daryanto. (2010a). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media.

Daryanto. (2010b). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media.

Derbel, E. (2019). Teaching Literature through Comics: An Innovative Pedagogical Tool. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 8(1), 54–61.

Dick, W., L. Carey, J., & Carey, O. (2005). The systematic Design of Instruction. Logman.

Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Fakhrudin. (2019). Implementation of Augmented Reality Technology in Natural Sciences Learning of Elementary School to Optimize the Students Learning Result. International Journal of Indonesian Education and Teaching (IJIET), 3(1), 1–10.

Heru Dwi Waluyanto. (2005). KOMIK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL PEMBELAJARAN. Nirmana.

Jampel, I. N., Artawan, G., Widiana, I. W., Parmiti, D. P., & Hellman, J. (2018). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia STUDYING NATURAL SCIENCE IN ELEMENTARY SCHOOL USING NOS-ORIENTED COOPERATIVE LEARNING MODEL WITH THE NHT TYPE. 7(2), 138–146. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.9863

Kalyani, D., & Rajasekaran, K. (2018). Innovative teaching and learning. 3, 23–25.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. In PT.Refika Aditama. Refika Aditama.

Lin, S. F., Lin, H. shyang, Lee, L., & Yore, L. D. (2015). Are Science Comics a Good Medium for Science Communication? The Case for Public Learning of Nanotechnology. International Journal of Science Education, Part B: Communication and Public Engagement, 5(3), 276–294. https://doi.org/10.1080/21548455.2014.941040

Meidasari, V. E. (2016). The Using of Digital Media to Enhance Teaching and Learning English on the Well-being of Indonesian Students. Journal of English Language and Culture, 6.

Nadeak, B. (2020). The effectiveness of distance learning using social media during the pandemic period of covid-19: A case in universitas kristen indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7), 1764–1772.

Nicolas, Y., Kwarrie, P., & Radion, K. (2015). Media Interaktif Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia. Infra, 3(2).

Nurharyani, D., Sardimi, & Jumrodah. (2015). PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS VIII MTs RAUDHATUL JANNAH PALANGKARAYA. EduSains, 3(2), 1.

Nurhasanah, Z., Widodo, A., & Riandi, R. (2019). Augmented Reality to Facilitate Students Biology Mastering Concepts and Digital Literacy. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(3), 481–488. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.9694

Panjaitan, R. G. P., & Savitri, E. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC BILINGUAL SUB MATERI SALURAN DAN KELENJAR PENCERNAAN. Unnes Science Education Journal, 5.

Siregar, H. F., & Melani, M. (2019). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI. https://doi.org/10.36294/jurti.v2i2.425

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Afabeta.

Talebzadeh, F., & Samkan, M. (2011). Happiness for our kids in schools : A conceptual model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 1462–1471. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.386

Wahyu, Y., Suastra, I. W., Sadia, I. W., & Suarni, N. K. (2020). The Effectiveness of Mobile Augmented Reality Assisted STEM Based Learning on Scientific Literacy and Students Achievement. International Journal of Instruction, 13(3), 343–356. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13324a

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Ningrum, K. D., Utomo, E., Marini, A., & Setiawan, B. (2022). Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1297–1310. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2289

Citation Check