PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN CONGKLAK (TRADISIONAL INDONESIA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rudi Ritonga Universitas Trilogi, Jakarta Selatan, Indonesia, Indonesia http://orcid.org/0000-0003-2103-7681
  • Sulistyani Puteri Ramadhani Universitas Trilogi, Jakarta Selatan, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.246

Keywords:

Media Congklak, Kemampuan Berhitung Permulaan siswa, berbasis daur ulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan pengembangan media permainan congklak serta untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar. Metode dari penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan merupakan metode untuk menghasilkan produk media dan menyempurnakan produk yang telah ada serta menguji keefektifan produk tersebut. Peneliti melakukan penelitian dan pengembangan Media Permainan Congklak (Tradisional Indonesia) berbasis daur ulang sampah. Tingkat kelayakan media permainan congklak (tradisional Indonesia) ini diketahui melalui validasi oleh ahli materi matematika, validasi oleh ahli media, validasi oleh guru dan uji coba penggunaan oleh siswa.Penilaian diperoleh 90,01% dari subjek ahli materi, ahli media 89, 05%. Hasil dari uji kelayakan media permainan congklak (Tradisional Indonesia) berbasis daur ulang sampah yang menyatakan layak digunakan. Efektivitas yang dilakukan untuk menguji tabel hasil hipotesis adalah rata-rata harga statistik t = 12,231 hingga 41 db dan angka sig. Atau p-value 0,000 ≤ 0,05 atau Ho ditolak. Demikian menyimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan berhitung permulaan siswa yang signifikan antara sebelum dan setelah digunakan pengembangan Media Permainan Congklak (Tradisional Indonesia) berbasis daur ulang sampah.

Author Biography

Rudi Ritonga, Universitas Trilogi, Jakarta Selatan, Indonesia

Universitas Trilogi

References

(http://theconversation .com/yang-harus-dilakukan-untuk-meningkatkan-tingkat-literasiindonesia-83781) dengan melakukan tes PISA (The Programme for International Student Assessment) (diakses pada taggal 02 Mei 2019)

Data hasil survey diwilayah IX Jakarta Selatan

Jetro dikutip dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/30/pada-2025-produksi-sampah-dki-jakarta-bisa-capai-9000

Dikutip dari http://www.expat.or.id/info/con

gklak.html)

Kurniati, Euis.Permainan Tradisional dan Perannya Keterampilan Sosial Anak. 2016.. Jakarta : Prenamedia Group

Husna, A. (2018). 100 + Permainan Tradisional Indonesia. CV ANDI OFFSET: Yogyakarta

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Depdiknas 2011. Pedoman Permainan Berhitung Permulaan di Taman KanakKanak. Jakarta: Depdiknas Direktorat Pembinaan Tk dan SD.

DIMAS – Volume 17, Nomor 1, Mei 2017

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Hesti, Hayuningtyas. 2015. Pemanfaatan Sumber Belajar dengan Limbah Kardus untuk mengembangkan konsep matematik permulaan anak usia 5-6 Tahun. Journal Unnes Vol 1 Nomor 3 J

Downloads

Published

2019-11-15

How to Cite

Ritonga, R., & Ramadhani, S. P. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN CONGKLAK (TRADISIONAL INDONESIA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 3(4), 2025–2036. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.246

Issue

Section

Articles

Citation Check