Analisis Kesulitan Guru Matematika dalam Menerapkan Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Ummi Haniefa Dharmayanti Sekolah Tinggi Ilmu Qur'an (STIQ) Amuntai, Indonesia
  • Husin Husin Sekolah Tinggi Ilmu Qur'an (STIQ) Amuntai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2599

Keywords:

kesulitan guru, guru matematika, pembelajaran daring

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh efek yang timbul dari pandemi covid-19 yaitu sistem pembelajaran yang sebelumnya secara tatap muka berubah secara mendadak menjadi pembelajaran secara daring. Hal itu memicu munculnya berbagai macam kesulitan yang dialami oleh tenaga pendidik atau guru dalam melaksanakan proses pembelajaran daring, khususnya para guru matematika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan guru matematika dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Sumber data pada penelitian ini adalah guru matematika kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kesulitan yang dialami guru matematika dalam melaksanakan pembelajaran daring, antara lain guru kesulitan dalam menyampaikan materi, sarana dan prasarana kurang memadai, dan guru kesulitan pada saat melaksanakan evaluasi pembelajaran. Akan tetapi, dibalik beberapa kesulitan yang dialami oleh guru matematika, guru tetap berusaha untuk meminimalisir kesulitan-kesulitan tersebut dengan memberikan ruang diskusi untuk peserta didiknya agar menemukan solusi bersama. Selain itu terdapat hikmah yang diperoleh, yaitu guru maupun peserta didik dapat menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran secara daring.

References

Ariesca, Yuni, Nurul Kemala Dewi, dan Heri Setiawan. 2021. “Analisis Kesulitan Guru pada Pembelajaran Berbasis Online di SDN Se-kecamatan Maluk.†Progres Pendidikan Vol. 2,No. 1.

Asmuni. 2020. “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya.†Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pembangunan Pendidikan Vol. 7, No. 4.

Dewantara, Jagad Aditya, dan T Heru Nurgiansah. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta.†Jurnal Basicedu Vol. 5, No. 1.

Fadhilaturrahmi, F., Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Hasan. 2021. “Tantangan Guru dalam Mengajar dengan Sistem Work From Home pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah.†Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Vol. 7, No. 1.

Hutagaol, Anita Sri Rejeki, dan Jesika Nasari. 2021. “Analisis Kesulitan Guru Matematika Kelas VII dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di SMP Nusantara Indah.†Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Vol. 3, No. 2.

Jannah, Miftahul, Hikmatu Ruwaida, dan Nida Mauizdati. 2021. “Problematika Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah.†Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol. 5, No. 2.

Kahfi, Ashabul. 2020. “Tantangan dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19.†Dirasah Vol. 3, No. 2.

Kemdikbud. 2020. “Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).†2020. https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/.

Mahmudah, Umi, dan Farida Hidayatal Fikroh. 2021. “Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Matematika secara Daring.†Prosiding Seminar Nasional Tadris Matematika (SANTIKA).

Mulyana, Jejen Musfah, Nursalamah Siagian, Abdul Basid, Saimroh, Rilla Sovitriana, Neneng Habibah, dkk. 2020. Pembelajaran Jarak Jauh Era Covid-19. Jakarta: Litbangdiklat Press.

Mustopa, Ahmad, Jasim, Hasan Basri, dan Ujang Cepi Barlian. 2021. “Analisis Standar Penilaian Pendidikan.†Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 9, No. 1.

Nasution. 2008. Teknologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Natsir, Siti Rahmalia, Samritin, Ekha Rosmitha Sari, Amelia Ayu Lestari, Justia, dan Rahmawati. 2021. “Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar Negeri Pesisir Pantai Kota Baubau dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemik Covid-19.†Jurnal Basicedu Vol. 5, No. 6.

Pane, Aprida, dan Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar dan Pembelajaran.†Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman Vol. 3, No. 2.

Paridjo. 2006. “Suatu Solusi Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika.†Cakrawala Vol. 2, No. 4.

Rahman, Bintary Cici, dan Madyunus Salayan. 2021. “Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika Selama Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Delitua.†Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 4, No. 2.

Rasyid, Ardy Lestary Awaluddin. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar di Masa Pandemi.†Jurnal Basicedu Vol. 5, No. 6.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sari, Raras Kartika. 2019. “Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama dan Solusi Alternatifnya.†Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika Vol. 2, No. 1.

Seknun, M. Yusuf. 2012. “Kedudukan Guru sebagai Pendidik.†Lentera Pendidikan Vol. 15, No. 1.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Utami, Yuliza Putri, dan Derius Alan Dheri Cahyono. 2020. “Study at Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring.†Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR) Vol. 1, No. 1.

Winda, Rose, dan Febrina Dafit. 2021. “Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.†Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol. 4, No. 2.

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Dharmayanti, U. H., & Husin, H. (2022). Analisis Kesulitan Guru Matematika dalam Menerapkan Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3445–3452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2599

Citation Check