Pengembangan Digital Tranformasi Role Playing Games (RPG) Base Learning pada Pendidikan Kemuhammadiyah Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2626Keywords:
Digital Transformasi, Role Playing Game (RPG) base Learning, pendidikan Kemuhammadiyahan SDAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa, media yang digunakan pada pembelajaran kemuhammadiyahan belum pernah ada dan kurang meningkat nilai siswa. Tujuan penelitian ini, menjelaskan pengembangkan media pembelajaran berupa media digital tranformasi Role Playing Games (RPG) Base Learning pada Pendidikan Kemuhammadiyah Kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini Re-search and Development/R&D, yang dikembangkan oleh Alessi & Trollip terdiri dari tiga tahap utama, yaitu perencanaan, perancangan, dan pengembangan. Subjek uji coba meliputi ahli materi, media, dan bahasa, Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD STKIP Muhammadiyah Pangkalpinang. Analisis data angket dan skala, dan data tes. Hasil validasi didapati bahwa validasi sangat valid dan tidak ada catatan khusus yang diberikan untuk diperbaiki. Hasil uji homogenitas pada uji pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan P-Value 0,549 dan hasil uji homogenitas pada posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan P-Value 0,124. Dengan demikian P-Value pada pretest dan posttest kelas kontrol dan eksperimen 0,05 dan disimpulkan data yang diperoleh homogen. Dan hasil nilai posttest kelas kontrol 82,83 dan posttest kelas eksperimen 88,43 dengan nilai P-Value 0,001, sehingga terdapat perbedaan kemampuan pada siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum diperlakukan karena nilai P-Value < 0,05. Disimpulkan bahwa media dapat meningkatkan nilai siswa dan layak digunakan.
References
Anggraini, M., Kasiyun, S., Mariati, P., & Sunanto, S. (2021). Analisis Keberhasilan Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik melalui Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3010–3019. https://jbasic.org/index.php/basicedu%0AAnalisis
Arrosyad, M. I., & Nugroho, F. (2020). Development of Variations in Greetings Before and After Learning the Moral Character of Students in Elementary Schools. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 12(2), 89. https://doi.org/10.30595/dinamika.v12i2.8233
Dian, R., Putri, P., & Siregar, V. V. (2021). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Teori Konstruktivisme. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 1–15.
Fadhilaturrahmi, Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Model Flipped Learning untuk Meningkatkan 6C For HOTS Mahasiswa PGSD UMSU. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Iffah, J. D. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Worksheet terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 107–116. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.812
KARTINI, N. H. (2017). The Evaluation Of Baitul Arqam Program For The Employees Of The University Of Muhammadiyah Palangkaraya. Anterior Jurnal, 16, 144–157.
Maulidina, M. A., Susilaningsih, & Abidin, Z. (2018). PENGEMBANGAN GAME BASED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Mochammad Arbayu Maulidina 1 , Susilaningsih 2 , Zainul Abidin 3. Jinotep, 4(2), 113–118.
Muyasaroh, M., & Sutrisno, S. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi Cipp Pada Program Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(2), 215–233. https://doi.org/10.21831/pep.v18i2.2862
Ninla Elmawati Falabiba, Anggaran, W., Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, A., Wiyono, B. ., Ninla Elmawati Falabiba, Zhang, Y. J., Li, Y., & Chen, X. (2014). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELUARGA (Studi Tentang Pendidikan Karakter dalam Keluarga Perspektif Islam). STAI Darussalam Nganjuk Jawa Timu, 5(2), 40–51.
Nugroho, F., & Iqbal Arrosyad, M. (2020). Moodle Multimedia Development in Web-based Integrative Thematic Learning for Class IV Elementary Students. Cendekiawan, 2(1), 49–63. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.177
Prabasari, B., & Subowo. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 549–558. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Rahmadia Pradanita, W. (2017). Pengembangan Game Edukasi Bertipe Role Playing Game (RPG) pada Mata Pelajaran Desain Multimedia di SMK Negeri 1 Jombang. It-Edu, 2(02).
Romadhona, F. T., & Yundra, E. (2018). Pengembangan Edugame sebagai Media Pembelajaran Berbasis Role Play Game (RPG) pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X TAV di SMKN 3 Surabaya. Pendidikan Teknik Elektro, 07(2), 101–107.
Sarbini, R., S., P., & Setyawati, O. (2015). Pengembangan Game Content Model Untuk Game-Based Learning Pemahaman Berlalu-Lintas. Jurnal EECCIS, 9(1), 37–42.
Shofa, H., & Surjono, H. D. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis role playing games (RPG) pada materi lingkaran untuk siswa SMP/MTs kelas VIII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 151–164. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15048
Sugiyarti, S., & Arrosyad, M. I. (2020). Muhammadiyah School Management Strategy in Bangka Belitung. Berumpun: International Journal of Social, Politics, and Humanities, 3(1), 13–22. https://doi.org/10.33019/berumpun.v3i1.24
Sukardi, I. (2016). Character Education Based on Religious Values: an Islamic Perspective. Ta’dib, 21(1), 41. https://doi.org/10.19109/td.v21i1.744
Ummah, Fithrotul; Widiana Rahayu, Dewi ; Mariati, P. A. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantu Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3001–2009. http://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1215
Victorian, A. R., Aryanti, S., Yusfi, H., Solahuddin, S., & Bayu, W. I. (2021). Perspektif Calon Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 6(1), 94. https://doi.org/10.26740/jossae.v6n1.p94-106
Wahyono, Abdulhak, I., & Rusman. (2017). Implementation of Scientific Approach Based Learning to Think High Levels in State Senior High School in Ketapang. International Journal of Education and Research, 5(8), 221–230. www.ijern.com
Wildana, M. N. (2020). Keefektifan Desain Media Role Playing Games Berbasis Android Pada Materi Redoks Dan Tata Nama Senyawa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2524–2535.
Zedadra, O., Guerrieri, A., Jouandeau, N., Seridi, H., Fortino, G., Spezzano, G., Pradhan-Salike, I., Raj Pokharel, J., The Commissioner of Law, Freni, G., La Loggia, G., Notaro, V., McGuire, T. J., Sjoquist, D. L., Longley, P., Batty, M., Chin, N., McNulty, J., TVERSK, K. A. A., … Thesis, A. (2019). The Effect of Speed Reading Strategies on Developing Reading Comprehension among the 2nd Secondary Students in English Language. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).