Merangsang Minat Belajar Siswa melalui Pembelajaran Daring dengan Model Instructional Games di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2673Keywords:
Minat Belajar, Pembelajaran Daring, Model Instructional GamesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara merangsang minat belajar siswa melalui pembelajaran daring dengan model instructional games di sekolah dasar. Dampak dari berlangsungnya pembelajaran daring pada masa pandemi ini ialah menurunnya minat belajar siswa dikarenakan siswa mulai belajar dengan lingkungan baru. Untuk merangsang kembali minat belajar siswa diperlukan model pembelajaran yang tepat dan tentunya akan mendukung proses pembelajaran secara daring, yakni seperti penggunaan model pembelajaran instructional games. Salah satu contoh game edukasi yang berbasis model instructional games yakni game quiziz, yang merupakan game yang membawa aktivitas multi permaianan dalam belajar dan membuat latihan interaktif yang menyenangkan bagi siswa. Secara keseluruhan model Instructional Games mempunyai komponen yang mendasar, yaitu sebagai pembangkit semangat serta motivasi dengan cara memunculkan bagaimana cara berkompetisi guna mencapai tujuan pembelajaran. Dikarenakan model instructional games memiliki komponen sebagai pembangkit semangat tentu juga akan merangsang minat siswa dalam belajar semakin meningkat.
References
Ade Erma Suryani, M. Djahir Basir, and Rusmin AR. 2014. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer Model Permainan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Muhammadiyah 1 Palembang.†Jurnal Profit 1 (1): 2.
Ade Ma’ruf Prasetyo. 2018. “Peningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Menggunakan Permainan Ular Tangga.†Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4 (1): 192.
Ananda, R., Fadhilaturrahmi, F., & Hanafi, I. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1689–1694.
Dinil Abrar Sulthani. 2017. “Hubungan Metode Mengajar Dengan Minat Belajar Di MTs Aisyiyah Ujung Belakang Olo Padang.†POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 3 (2): 164.
Effiyati Prihatini. 2017. “Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa.†Jurnal Formatif 7 (2): 173–74.
Erlis Nurhayat. 2020. “Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19.†Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 7 (3): 174.
Fadhilaturrahmi, F., Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Hidayatullah, Gusniwati, and Buhaerah. 2021. “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII MTs Yasrib Batu-Batu Pada Masa Covid-19.†Pi:Mathematics Education Journal 4 (1): 3.
Hilna Putria, Luthfi Hamdani Maula, and Din Azwar Uswatun. 2020. “Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 4 (4): 863.
Inung Diah Kurniawati and Sekreningsih Nita. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa.†Journal of Computer and Information Technology 1 (2): 71.
Irfan and Restu. 2014. “Implementasi Computer Based Instruction Model Instructional Games Pada Pembelajaran Interaktif.†Juenal Istek 8 (2): 174.
Lintang Ratri Prastika, Hikmat, and Waslaludin. 215M. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Model Instructional Games Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. Bandung: Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015.
Milya Sari and Asmendri. 2020. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.†NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA 6 (1): 45.
Mohamad Irfan and Mohamad Restu. 2014. “Implementasi Computer Based Instruction Model Instructional Games Pada Pembelajaran Interaktif.†Jurnal Istek 8 (2): 164.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2010. “Metode Penelitian Pendidikan.†digilib,uinsby, 2.
Noviansyah and Andi Sofyan Anas. 2019. “Aplikasi Multimedia Interaktif Model Instructional Games Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris dI SMPN 3 Alas.†Jurnal BITE 1 (1): 8.
Nursapia Harahap. 2014. “Penelitian Kepustakaan.†Jurnal Iqra 8 (1): 64.
Rahyumi Purnama Sari and Setiawati. 2020. “Hubungan Antara Metode Pembelajaran Al-Quran Dengan Minat Belajar Santri Di Taman Pendidikan Alquran Nurul Yaqin Desa Sago Kabupaten Pesisir Selatan.†Ranah Research : Journal of Multidicsiplinary Research and Development 2 (3): 33.
Rizaldy Fatha Pringgar and Bambang Sujatmiko. 2020. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa.†Jurnal IT-EDU 5 (1): 319.
Robert T. Hays. 2016. “The Effectiveness Of Instructional Games: A Literature Review And Discussion†(Orlando: Naval Air Warfare Center Training Systems Division.†The Utility of Games for Society, Business, and Politics 22 (1): 406.
Rosemary Garris, Robert Ahlers, and James E. Driskell. 2020. “Games, Motivation, And Learning: A Research And Practice Mode.†Sage Publications 33 (4): 441.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Zed Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. 2. Jakarta: Yayasan Bogor Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).