Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Olisna Olisna Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang, Indonesia
  • Milhatun Zannah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang, Indonesia
  • Auliani Sukma Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang, Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2737

Keywords:

Akhlak, Media Pembelajaran, Pengembangan

Abstract

Pembelajaran anak mengenai moral dan akhlak kepada orang tua saat ini belum bisa diterapkan dengan begitu baik. Salah satu kendala yang dihadapi pada proses pembelajaran yaitu kurangnya penyampaian yang menarik. Dalam pengabdian nya sebagai seorang tenaga pendidik , maka dalam proses pembelajaran kepada anak tentu harus mengedepankan melalui penyampaian belajar sambil bermain. Hal tersebut dapat dilakukan karena seorang tenaga pendidik harus dapat memahami bahwasanya pada anak seusia sekolah dasar lebih cenderung terhadap bermain. Maka dari itu, para pendidik dituntut agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan anak yaitu membuat metode pembelajaran yang menyenangkan melalui metode bermain sambil belajar agar anak dapat lebih semangat untuk mengikuti proses pembelajaran karena bermain sambil belajar memiliki keutamaan untuk mengasuh kemampuan perkembangan dan keterampilan anak sebagaimana langkah awal dalam mendidik akhlak untuk lebih menanamkan pendidikan agama islam kepada peserta didik. Penelitian yang digunakan dalam metode penelitian ini yaitu, Design and Development (D&D) menggunakan model Analyze, Design, Develompent, Implementation, Evaluation (ADDIE). seusia anak sekolah dasar cenderung bermain sambil belajar sehingga penggunaan game interaktif wordwall dipilih sebagai salah satu media pembelajaran.

References

Aeni, A. N. (2015). Menjadi Guru SD Yang Memiliki Kompetensi Personal-Religius Melalui Program One Day O One Juz (ODOJ). Mimbar Sekolah Dasar, 2(2). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1331

Aeni, A. N. (2014). Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD Dalam Perspektif Islam. In Mimbar Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 1, pp. 50–58).

Amrizal M, Fuad N, & Karnati N. (2022). Manajemen Pembinaan Akhlak di Pesantren. Jurnal Basicedu, 6(3), 3603–3612. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2706

Ananda, R., Wijaya, C., & Siagian, A. (2022). Pembinaan Sikap Disiplin Anak Raudhatul Athfal. Jurnal Basicedu, 6(1), 1277–1284. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2296

Angga, A., Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(1), 1046–1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2084

Aryani, D., Patiro, S. P. S., & Putra, S. D. (2021). Pelatihan Aplikasi Game Edukasi Kahoot Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid 19. Terang, 4(1), 116–124. https://doi.org/10.33322/terang.v4i1.1449

Dr. H. Saproni. (2015). Panduan Praktis Akhlak Seorang Muslim. CV. Bina Karya Utama.

Dr. Nurdyansyah, S. Pd. , M. P., Pd, S., & Pd, M. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. UMSIDA Press.

Drs. Muhammad Ramli, M. Pd. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. IAIN Antasari Press.

Dwiana, A. A., Samosir, A., Sari, N. T., Awalia, N., Budiyono, A., Wahyuni, M., & Masrul, M. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 499–505. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1669

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Lestari, A., & Mustika, D. (2021). Analisis Program Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1577–1583. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.912

Mahmudah, I., & Hidayat, N. (2022). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Siswa pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 859–868. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2014

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854–2860. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880

Nugroho Warasto, H. (2018). Pembentukan Akhlak Siswa (Studi Kasus Sekolah Madrasah Aliyah Annida Al-Islamy, Cengkareng). J. Mandiri, 2(1), 65–86.

Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4093–4100. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70–77. www.wordwall.net

Ramadhani, S. P., Marini, A., & Sumantri, S. (2021). Bagaimana Pengelolaan Pendidikan Karakter Berbasis Islam Sekolah Dasar? Jurnal Basicedu, 5(3), 1617–1624. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.916

Sinaga, Y. M., & Soesanto, R. H. (2022). Upaya Membangun Kedisplinan melalui Media Pembelajaran Wordwall dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar. Tahun, 6(2), 1845–1857. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1617

Siti Aminah. (2017). Upaya Meningkatkan Akhlak Anak Usia Dini (5-6 Tahun) Melalui Pembelajaran Tematik Berbantuan Media Audiovisual di PAUD Al-Kamal Laut Dendang. Jurnal Ansiru, 1(1), 142–161.

Tarmon, G., Ma’arif, M., & Suwenti, R. (2021). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di STKIP Syekh Manshur. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4374–4382. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1465

Z, R. S., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT pada Mata Pelajaran Agama Islam Materi Huruf Hijaiyah dan Harakatnya. Jurnal Basicedu, 6(1), 552–563. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1947

Downloads

Published

2022-04-12

How to Cite

Olisna, O., Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4133–4143. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2737

Issue

Section

Articles

Citation Check