Pengembangan Aplikasi BEAT (Belajar Asyik Tentang) Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2749Keywords:
media pembelajaran, aplikasi BEAT PAI, dan hasil belajar.Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang urgensinya media pembelajaran digital pada proses pembelajaran. Dengan penggunaan aplikasi BEAT PAI sebagai upaya untuk memotivasi siswa pada mata pelajaran PAI, sehingga terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi BEAT PAI terhadap hasil belajar PAI kelas 5 SD, serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PAI siswa kelas 5 SD sebelum dan setelah penggunaan aplikasi BEAT PAI. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian Model Design and development (D&D). Penelitian ini memiliki populasi yaitu siswa kelas 5 SD sebanyak 30 orang, SD ini terletak di Kubang Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan dan kepuasan siswa terhadap penggunaan aplikasi BEAT PAI dalam proses pembelajaran adalah sebesar 4.44 dan angket guru menunjukkan kelayakan dalam aspek materi sebesar 4.8 dan aspek media sebesar 4.5. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penggunaan aplikasi BEAT PAI berbasis android yang telah dikembangkan oleh peneliti layak digunakan untuk proses kegiatan pembelajaran PAI di SD.
References
Aisyah. (2019). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Aminah, N., Amami, S., Wahyuni, I., Rosita, C. D., & Maharani, A. (2021). Pemanfaatan Teknologi melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Site bagi Guru MGMP Matematika SMP Kabupaten Cirebon. 1, 23–29.
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540.
Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, Marhamah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 134–143. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28862
Fauzi, A. E. N. (2020). Pelatihan Guru dalam Menghadapi Era Globalis. 190121600825.
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.
Khotimah, S. K. S. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149–2158. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/857
Kumala, F.N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Ediide Infografika.
Kosim, N. (2015). Pengembangan Dan Aplikasi Pembelajaran Pai Di Sd. Qathrunâ, 2(2), 121–142.
Kristin, F. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532
Muttaqin, H. P. S., Sariyasa, & Suarni, N. K. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran ipa untuk siswa kelas VI SD program studi pendidikan dasar universitas pendidikan ganesha. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 1–15.
Nurhasisa. (2020). Pengembangan Bahan Ajar PAI Berbasis Aplikasi Macromedia Flash Bagi Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 Pinrang.
Pantas, H., & Surbakti, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal Ilmiah Curere, 4(1), 33–42.
Pratiwi, A. D., & Suryanti. (2020). Pengembangan Media Game Edukatif “Lecy Explore†Berbasis Android untuk Siswa Kelas IV SD Materi Siklus Hidup Hewan dan Upaya Pelestariannya. Jurnal PGSD, 8(6), 1251–1262.
Sari, R. R., Febrini, D., & Walid, A. (2021). Tantangan Guru Pai Dalam Menghadapi Era Perubahan Globalisasi Teknologi Industri 4.0 di SMA Negeri 01 Bengkulu Tengah. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 26–34.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77
Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).