Analisis Pengaruh Game Online terhadap Kegiatan Sosial dan Minat Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2867Keywords:
Dampak negatif, dampak positif, game online, minat belajar, sikap sosial,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dampak atau pengaruh dari game online (2) mendeskripsikan solusi untuk menghadapi siswa yang kecanduan game online (3) mengetahui mengapa anak-anak lebih memilih game online dari pada belajar. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh anak kelas VI yang berjumlah 17 orang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian dilakukan di sekolah MIS Hidayatullah Desa Sena, Kecamatan Batang kuis. Â Hasil penelitian menunjukkan bahwa akibat bermain game mengganggu perkembangan kepribadian anak, seperti perilaku memberontak, cekcok/bertengkar, perilaku egois, dan berkurangnya empati terhadap orang lain. Karena anak-anak akan lebih fokus pada game ketika bermain game dan mengabaikan lingkungan sekitar.
References
Akbar, A., & Ahmad, M. R. S. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Kelas X SMA Negeri 16 Makassar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi, 8–11.
Arianto, tri R. (2016). Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar Tri. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.
Ariston, Y., Guru Sekolah Dasar, P., & Singkawang, S. (2018). Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 86–91.
Ghanang, R. (2020). Analisis Dampak Game Online Pada Interaksi Sosial Anak Di Sd Mintaragen 3 Kota Tegal. Universitas Negeri Semarang, 172. http://lib.unnes.ac.id/39305/1/1401416430.pdf
Johan, R. (2019). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Untuk Belajar Peserta Didik Kelas X Di Ma Al Hidayah Depok. Research and Development Journal of Education, 5(2), 12. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i2.3748
Meutia, P., Fahreza, F., & Rahman, A. A. (2020). Analisis Dampak Negatif Kecanduan Game Online. Genta Mulia, XI(1), 22–32.
Nisrinafatin. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 1–6.
Nunik Istikomah, M. Yusuf Setya Wardana, dan H. J. S. (2022). Analisis Dampak Game Online Terhadap Aspek Kehidupan Sosial Pada Siswa Kelas V SDN 07 Kendaldoyong Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. 6, 19–27.
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567
Paremeswara, M. C., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Emosi dan Sosial Anak Sekolah Dasar. Pendidikan Tambusai, 5(1), 1473–1481. Pengaruh Game Online, Perkembangan Emosi dan Sosial, Anak sekolah Dasar.
Parwita, H. (2019). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Pada SMAN 3 Malang). 650–657.
Pitaloka, A. A. (2013). Perilaku Konsumsi Game Online Pada Pelajar (Studi Fenomenologi tentang Perilaku Konsumsi Game Online Pada Pelajar di Kelurahan Gemolong, Kabupaten Sragen tahun 2013) Ardanareswari. 1–10.
Putra, N. K. W. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Smk Pgri 4 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01(07), 1.
Rahyuni, R., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Bosowa Journal of Education, 1(2), 65–70. https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.657
Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 53. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.12818
Trisnaini, R. P. (2018). Stop Kecanduan Game Online.
Ulya, L., & Fatuhurohman, I. (2021). Analisis Kecanduan Game Online Terhadap Kepribadian Sosial Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1112–1119. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1347
Warni, K., Wulandari, F., & Sumarli. (2022). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Basicedu, 6(2), 1645–1651.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
Yusup, I. R., Kurniati, T., Airin, A. L. P., & ... (2021). Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Educatio FKIP …, 7(1), 36–39. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.763
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).