Penggunaan Teknik Jumping Rabbit oleh Guru pada Penjumlahan dan Pengurangan dalam Mengembangkan Keterampilan Berhitung

Authors

  • Galuh Karmilia Angraini Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Honest Ummi Kaltsum Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2952

Keywords:

Jumping rabbit, keterampilan berhitung, penjumlahan dan pengurangan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan teknik jumping rabbit oleh guru pada penjumlahan dan pengurangan dalam mengembangkan keterampilan berhitung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Wirun 5 yang terletak di Jl. Durno no 22, Dukuh Pabrik, Desa Gendengan, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Subjek yang digunakan dalam penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas II SD Negeri Wirun 5. Hasil penelitian didapatkan bahwa penggunaan teknik jumping rabbit mampu memberikan kemudahan siswa dalam mengembangkan keterampilan berhitung dan dapat menumbuhkan sikap aktif terhadap pembelajaran khususnya matematika. Peningkatan kemampuan berhitung dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa kelas II di SDN Wirun 5. Sebelum penerapan teknik jumping rabbit persentase ketuntasan belajar 25% atau hanya 4 siswa, kemudian setelah dilakukan pembelajaran pada tahap pertama meningkat menjadi 6 siswa dengan persentase sebesar 37,5%. Pada tahap II sebanyak 13 siswa tuntas hasil belajar yang diterapkan, ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 81,25%. Persentase tersebut mampu memenuhi persyaratan tuntas dari hasil belajar siswa.

References

Ananda, T., & Putri, H. E. (2016). Penerapan Pendekatan Inkuiri Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 10(2), 37–42. https://doi.org/10.17509/md.v10i2.3181

Ansulat, E. dan, & Nafiah. (2018). Implemetasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 16.

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Dwirahayu, G., & Nursida. (2016). Mengembangkan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode permainan untuk siswa kelas 1 MI. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 117–138.

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827

Herman, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. In Malang: Universitas Negeri Malang.

Lailan, E., Lubis, S., Lubuk, K., Hasanah, N., Pakam, L., Pakam, K. L., Deli, K., & Tahun, S. (2017). Penggunaan Media Garis Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV Mis Nurul Hasanah Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2016 / 2017. 19–28.

Ma’rufi, A. N. (2012). Penjumlahan dan Pengurangan dengan Metode Jumping Rabbit pada Siswa Kelas IV SD N 04 Tegalgede Tahun Pelajaran 2011 / 2012.

Mahesti, G., & Koeswanti, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 30. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). An Expanded Sourcebook.

Munib, A. D. (2010). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang Unnes Press.

Niarsa Aditiya. (2012). Studi Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SD Negeri 01 Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 2(1), 1–7.

Rahmawati, W. H. P. S. Y. I. (2016). Keefektifan Pendekatan Realistic Mathematics Education Dengan Metode Dril Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sd. 141–147.

Ramadania, F., Wulandari, N. I., & Nahlini, N. (2018). Peranan komunikasi bahasa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas V SDN Keraton 3 Martapura. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 23–32. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.52

Rozia, I., & Khotimah, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Lompat Kelinci pada Anak Kelompok A dI TK Islam Terpadu Ceria Mojoagung Jmbang. Jurnal PAUD Teratai, 1–7.

Rozie, F. (2018). Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Pencapaian Tujuan Pembelajaran. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 1–12.

Sirait, J. E. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Pembelajaran di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara. Diegesis : Jurnal Teologi, 6(1), 49–69. https://doi.org/10.46933/dgs.vol6i149-69

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. PT Raja Grafindo Persada.

Twiningsih, A., & Sayekti, T. (2020). Media Kotak Ajaib Berbasis Stem Pada Materi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1).

Downloads

Published

2022-04-27

How to Cite

Angraini, G. K., & Kaltsum, H. U. (2022). Penggunaan Teknik Jumping Rabbit oleh Guru pada Penjumlahan dan Pengurangan dalam Mengembangkan Keterampilan Berhitung. Jurnal Basicedu, 6(3), 4833–4840. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2952

Citation Check