Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Pak Alam Berbasis Game Edukatif IPS di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3030Keywords:
media pembelajaran, kartu pak alam, IPSAbstract
Implementasi penggunaan media pembelajaran pada materi IPS masih tergolong rendah. Hal ini terjadi karena guru tidak menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Selain itu, pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran IPS belum dilakukan secara maksimal. Sehingga menyebabkan peserta didik cenderung pasif dalam mengikuti pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskrupsikan kegiatan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. 2) Mengembangkan media pembelajaran kartu Pak Alam pada materi kenampakan alam pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. 3) Mengetahui kelayakan media kartu Pak Alam dalam pembelajaran ilmu pengetahuan soaial. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan lembar validasi. Teknik analisis yang digunakan merupakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Produk yang dikembangkan berupa kartu Pak Alam yang berisi materi kenampakan alam. 2) Hasil uji kelayakan media berdasarkan perhitungan presentase sebesar 90% sehingga kriteriamedia kartu Pak Alam dapat dikatakan “sangat layakâ€. 3) Hasil penilaian oleh ahli praktisi atau guru berdasarkan perhitungan presentase sebesar 89,6% sehingga kriteria media tersebut dapat dikatakan “sangat layakâ€.
References
Adawiyah, A., R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2370–2376.
Apriliyani, Sudjarwo, & Pargito. (2014). Pengembangan Media Gambar Realita dalam Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Studi Sosial, 2(2).
Azizah, A. R. (2019). Pengembangan Media Kartu Loker dalam Pembelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Kelas IV. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 1–11.
Fadilah, S. N., Ika, C. R. N., & Yasa, A. D. (2020). Pengembangan Media E-Puzzle Kenampakan Alam Pada Siswa Kelas IV SDN Tambakasri 3. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 205–210.
Gafar, A. (2012). Desain Pembelajaran. Ombak.
Ghufron, M. . (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337.
Giwangsa, S. F. (2021). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar the Development of Quartet Card Media in Learning Social Studies Elementary Schools. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 40–48. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.3992
Intan Sari, P., & Eka Purnama, B. (2015). Game Edukasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Sekolah Dasar Negeri Sooka I Punung Kabupaten Pacitan. Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 7(1), 23–30.
Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 144–155. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32
Magdelana, I., Putri, I. L., & Isnaini, N. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Kenampakan Alam (IPS) pada Siswa Kelas IV MI Al Gaotsiyah Kali Deres. Nusantara, 3(2), 190–198.
Minsih, & Maya, D. (2014). Melalui Pendekatan Savi ( Somatis , Auditori , Visual , Intelektual ) Dan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Ngadirejo 01 Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 175–181. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/5217/9.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Nugraha, D. (2022). Pengembangan Media Digital Berbasis Motion Graphic pada Pendalaman Materi IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3649–3656.
Permana, S. A. (2017). Strategi Pembelajaran IPS Kontemporer. media akademi.
Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. IAIN Antasari Press.
Sudarna, I. K., Tegeh, I. M., & Prabawa, D. G. A. P. (2015). Desain Pembelajaran Kajian Analitis Desaub Visual Teks dan Image. Graha Ilmu.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. CV Alfa Beta.
Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hassil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1027–1038. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.835
Wulansari, F., & Utami, R. D. (2022). Animasi Dido dan Mimo Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 343–353.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).