Pengembangan Media Kartu Kalimat Sampiran dan Isi Pantun (KASIP) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpantun Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Diyana Ramadani Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Fitri Puji Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3096

Keywords:

Media, Pantun, Kartu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu kalimat sampiran dan isi pantun (Kasip) untuk mengembangkan kemampuan berpantun siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian dan pengembangan atau Research and Development model Borg and Gall, tetapi dalam penelitian ini hanya sampai tahap uji validasi desain. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, dan observasi. Pengukuran keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara guru dan siswa, lembar validasi media, lembar validasi materi, dan lembar validasi media oleh  praktisi (guru). Menurut penilaian ahli media mendapat hasil dengan angka presentase 96,25% dan mendapatkan kategori “Sangat Layak†karena ada dalam interval 81% hingga 100%. Hasil dari penilaian ahli materi memperoleh  angka presentase 97,14% dan mendapatkan kategori “Sangat Layak†karena masuk dalam interval 81% hingga 100%. Hasil dari penilaian validator praktisi (guru) mendapat angka presentase 96,66% yang masuk pada kategori “Sangat Layak†karena ada dalam interval 81% hingga 100%. Menurut hasil penelitian yang sudah dilaksanakan bisa disimpulkan bahwa media Kartu Kasip layak digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpantun siswa kelas V sekolah dasar.

References

Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145–167. http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65/

Asmara, J. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website (Studi Kasus Desa Netpala). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 2(1), 1–7.

Batubara, H. . (2018). Pembelajaran Berbasis WEB dengan Moodle Versi 3.4 (1st ed). CV Budi Utomo.

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Fathoni, A., Muhibbin, A., Arifin, Z., Habiby, W. N., & Shokhifatun. (2019). Implementing ayo balik natural science learning model to eighth-grade students of state junior school. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(8), 128–140. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.8.8

Fauzan, Y. A. (2020). Pengembangan Media Papan Magnetik Bangun Datar Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Instutional Repository UMM, 1–12.

Hapsari, S., Ekawati, Y. N., & Molla, N. L. (2019). Implementing Quick Response ( QR ) Codes in Teaching Reading. English Focus, 2(2), 70–80. https://doi.org/10.24905/efj.v2i2.57

Herliana, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Membaca Berbasis Kontekstual Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 314–326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.346

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Prenada Media.

Ma’aniyah, S., & Mintohari. (2019). Pengembangan Media Kartu Gambar Berbasis Make a Match Dalam Pemahaman Konsep Materi Gaya Sekolah Dasar. Jpgsd, 7(2), 2749–2759.

Putri, P. L., Istiyati, S., & Purnama, F. (2020). Peningkatan keterampilan berbicara melalui media pembelajaran flash card mata pelajaran bahasa indonesia pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 8(4), 1–5.

Rahmawati, F. P. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Muhammadiyah University Press.

Setyadiharja, R. (2020). Khazanah Negeri Pantun. Deepublish.

Shafa, I., Siregar, Z. &, & Hasanah, N. (2022). Pengembangan Media Flashcard Materi Pahlawanku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356.

Simarmata, M. Y., Agustina, R., Mastuti, D. L., Hartati, M., & Hajjafiani, D. (2020). Pembelajaran menulis pantun di madrasah aliyah sirajul ulum kota pontianak. 4(2), 186–191.

Sukmawati, R. A., Purba, H. S., & Wiranda, N. (2018). Pengembangan Model Blended Learning Menggunakan Blogger. Vidya Karya, 32(2), 117. https://doi.org/10.20527/jvk.v32i2.5229

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. CV Pustaka Abadi.

Utari, R., & Sukmara, R. (2019). Efektifitas Penggunaan Media Kartu Kalimat Rumpang Terhadap Pembelajaran Choukai pada Mahasiswa Semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fkip Uhamka. Jurnal Taiyou, 2(01), 154–164.

Widianto, Theo Riski., Raharjo., & Rosdiana, L. (2017). Pengembangan Permainan Kartu Uipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(1), 21–26.

Widodo, S. T., Rafi, M., & Ghani, A. (2017). Indonesian Journal of Primary Education Pengembangan Media berbasis Web ( Virtual Map ) sebagai Inovasi Media di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 57–61. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/9316/5724

Widyasari, W., Sutopo, H., & Agustian, M. (2019). QR code-based learning development: Accessing math game for children learning enhancement. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 13(11), 111–124. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i11.10976

Downloads

Published

2022-05-07

How to Cite

Ramadani, D., & Rahmawati, F. P. (2022). Pengembangan Media Kartu Kalimat Sampiran dan Isi Pantun (KASIP) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpantun Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5523–5532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3096

Citation Check