Pengembangan Media Boxsemart Mengenal Huruf dan Angka bagi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Authors

  • Nafiri Sharyll Adelzha Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Murfiah Dewi Wulandari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3115

Keywords:

Mengenal, Huruf, Angka, Media Pembelajaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran boxsemart mengenal huruf dan angka bagi siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Dari hasil tahap analisis, dalam proses belajar siswa tidak dapat membedakan huruf yang memiliki bentuk hampir sama misalnya “b dan dâ€, “p dan qâ€, “m dan nâ€. Siswa juga kesulitan membedakan angka yang memiliki bentuk hampir sama misalnya “6 dan 9â€. Hal ini disebabkan karena siswa kurang hafal huruf alfabet maupun angka dan kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan guru. Berdasarkan tahap analisis maka penulis mengembangkan produk berupa media boxsemart untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas 1 SD dalam mengenal huruf dan angka. Produk diuji oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli materi dengan skor 87,5% dalam kategori sangat valid dan hasil validasi oleh ahli medi diperoleh skor 90% dalam kategori sangat valid.

 

References

Agustin, M. D., Setiawan, A., & Maruf, M. F. (2021). Pengembangan Media Puzzle Berganda Sebagai Supporting Daya Ingat Menghafal Huruf Alfabet Siswa Kelas I Sd Negeri 2 Sengon. Tanggap: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 10–19.

Alvi Aliyanti Dwi Anggraini, Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Huruf dan Angka dengan Model ADDIE. 9(4), 426–432.

Ananda, T. K., Payakumbuh, K., Barat, S., Ilmu, F., & Universitas, P. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Matematika Permulaan melalui Permaian Kotak Pintar dengan Media Tutup Botol di TK Ananda Kota Payakumbuh Sumatera Barat. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(4), 77–83.

Asiyah, S. (2013). Penggunaan Media Kartu Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Kelompok A TK Islam Mutiara Surabaya. PAUD Teratai, 2(2), 1–13.

Bahrun, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Awal Dengan Menggunakan Kartu Suku Kata Kelas I Sekolah Dasar. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 134–139. https://doi.org/10.24903/pm.v5i2.650

Bakhri, S. (2019). Animasi Interaktif Pembelajaran Huruf dan Angka Menggunakan Model ADDIE. Intensif: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(2), 130. https://doi.org/10.29407/ intensif.v3i2.12666

Eka Mila Aryani, & Hariani, S. (2014). Penggunaan Media Kartu Kata Dalam Menyusun Kalimat Sederhana Siswa Kelas Ii Sdn Sidodadi Ii / 154 Surabaya. JPGSD, 02.

Gusti, Y. (2020). Pengembangan Model Literasi melalui Dongeng dalam Memotivasi Membaca dan Menulis Berbasis Bahasa Indonesia. Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 34–43. https://doi.org/10. 47995/jik.v1i1.8

Herawati, V. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Media “Rumah Eksis†di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 1342–1349.

Kurniawati, U. (2020). Peran Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 SD. Jurnal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 40–50.

LUBIS, H. Z. (2018). Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Raudhah, 06(02), 1–26.

Maryanto, R. I. P., & Wulanata, I. A. (2018). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Abc Manado. Pedagogia, 16(3), 305. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i3.12073

Mufarizuddin, M. (2017). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 62. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.32

Nadhifah, K., Yanti, Y. E., & Rosyidi, B. (2021). Pengembangan Media Papan Smart Subtraction Bag Sebagai Upaya Untuk Menigkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pgsd Stkip Pgri Banjarmasin, 3(2), 24–33. https://doi.org/10.33654/pgsd

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64.

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51–66. https://doi.org/10. 35896/ijecie.v1i1.4

Purnama, M. D., Irawan, E. B., & Sa’dijah, C. (2017). Pengembangan Media Box Mengenal Bilangan Dan Operasinya Bagi Siswa Kelas 1 di SDN Gadang 1 Kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 46–51.

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1–95.

Subli, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas 1 SD N 166/IX Tanjung Lanjut Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2), 323. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v11i2.229

Tai, M. A., Meka, M., & Rawa, N. R. (2021). Pengembangan Media Kartu Angka Bergambar Untuk Melatih Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Citra Pendidikan ( JCP ), 1.

Umam, N. K., & Laily, F. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Menulis Kalimat Sederhana Untuk Kelas I Sekolah. 5(1), 1–15.

Downloads

Published

2022-05-12

How to Cite

Adelzha, N. S., & Wulandari, M. D. (2022). Pengembangan Media Boxsemart Mengenal Huruf dan Angka bagi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5700–5707. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3115

Citation Check