Efektivitas Video Animasi melalui YouTube terhadap Minat Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar

Dwi Aulia Lestari, Tri Wintolo Apoko

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3180

Article Metrics

Abstract Views : 180 times
PDF Downloaded : 95 times

Abstract


Pendidikan Bahasa Indonesia ialah pendidikan yang wajib ditekuni oleh setiap siswa sejak sekolah dasar, namun masih banyak siswa memandang Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran yang kurang diminati dan cenderung membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan efektivitas video animasi melalui YouTube terhadap minatobelajaroBahasaoIndonesia pada siswa sekolah dasar. Pada penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dimana keterkaitan sampel penelitian tidak dikerjakan secara acak, namun menggunakan kelas yang sudah tersedia lalu dipilih menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan instrumen angket. Sampel yang diambil pada penelitian ini yaitu siswa kelas II sekolah dasar yang berlokasi di Jakarta Barat. Data penelitian yang digunakan dianalisis dengan uji beda rerata (uji-t). Hasil pada eksperimen ini menunjukkan bahwa penggunaan video animasi melalui YouTube efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar pada muatan Bahasa Indonesia. Dengan kata lain, siswa yang menggunakan video animasi dalam pembelajaran pada pelajaran Bahasa Indonesia lebih tinggi dibanding pembelajaran kovensional. Maka dari itu, direkomendasikan kepada guru untuk dapat memanfaatkan aplikasi YouTube dengan menonton video-video animasi yang menampilkan materi yang relevan dengan pembelajaran pendidikan Bahasa Indonesia.


Keywords


Video animasi; YouTube; Minat belajar; Bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Alfianti, A., Taufik, M., & Hakim, Z. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Berbasis Video Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(2), 1–12. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2927

Ardiansyah, M., Studi, P., Informatika, T., Belajar, M., & Matematika, P. K. (2022). Efektivitas Penggunaan Platform Quizizz Dalam. 6(3), 417–423.

Bekti, B. A. P., Muslim, A., & Yuliansyah, T. B. (2019). Jurnal Educatio FKIP UNMA. 5(2), 68–74. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14

Bello-Bravo, J., Tamò, M., Dannon, E. A., & Pittendrigh, B. R. (2018). An assessment of learning gains from educational animated videos versus traditional extension presentations among farmers in Benin. Information Technology for Development, 24(2), 224–244.

Creswell, J. W. C. J. D. (2018). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. In Sage (5th ed., Vol. 53, Issue 9). Sage. http://www.elsevier.com/locate/scp

Devi, W. S., Fadly, A., & Kartikasari, R. D. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Guru Di Kota Sukabumi. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 162–168. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v1i2.599

Fynn, P. K., Kwegyiriba, A., & Mensah, R. O. (2021). Exploring the Use of YouTube and its Implications to Teaching and Learning in Technical University Education in Ghana. Journal of African Interdisciplinary Studies, 5(7), 46–59.

Halik, A., Zulfianah, Z., & Naim, M. (2018). Strategies of Islamic Education Teachers to Increase Students’ Interest In Learning and Practicing in State Junior High School Lanrisang (SMPN) 1 Lanrisang, Pinrang. MADANIA: Jurnal Kajian Keislaman, 22(2), 253–264.

Hanif, M. (2020). The Development and Effectiveness of Motion Graphic Animation Videos to Improve Primary School Students’ Sciences Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 13(3), 247–266.

Hapsari, A. S., & Hanif, M. (2019). Motion graphic animation videos to improve the learning outcomes of elementary school students. European Journal of Educational Research, 8(4), 1245–1255.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261

Liu, C., & Elms, P. (2019). Animating student engagement: The impacts of cartoon instructional videos on learning experience. Research in Learning Technology, 27.

Maziriri, E. T., Gapa, P., & Chuchu, T. (2020). Student Perceptions towards the Use of YouTube as an Educational Tool for Learning and Tutorials. International Journal of Instruction, 13(2), 119–138.

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159.

Nurhasanah, N. (2017). Peranan Bahasa Sebagai Mata Pelajaran Wajib Di Indonesia. Eduscience, 2(2), 87–93.

Pratiwi, S. N. (2016). Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kualiats Sekolah. Jurnal EduTech, 2(1), 86–96.

Rahmatika, R., Yusuf, M., & Agung, L. (2021). The Effectiveness of Youtube as an Online Learning Media. Journal of Education Technology, 5(1), 152–158.

Rozal, E., Ananda, R., Zb, A., Fauziddin, M., & Sulman, F. (2021). The Effect of Project-Based Learning through YouTube Presentations on English Learning Outcomes in Physics. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1924–1933.

Saddhono, K., Sudarsana, I. K., & Iskandar, A. (2019). Implementation of Indonesian Language the learning Based on Information and Communication Technology in Improving Senior High School Students’ Achievement in Surakarta. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1), 12059.

Shiu, A., Chow, J., & Watson, J. (2020). The effectiveness of animated video and written text resources for learning microeconomics: A laboratory experiment. Education and Information Technologies, 25(3), 1999–2022.

Studi, P., & Informatika, T. (2022). Upaya meningkatkan kemampuan berhitung dan minat matematika siswa dengan metode hitung trachternberg. 6(3), 431–438.

Yusup, F., Studi, P., Biologi, T., Islam, U., & Antasari, N. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas. 7(1), 17–23.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dwi Aulia Lestari, Tri Wintolo Apoko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.