Penggunaan Metode Mendongeng untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemula Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Dwi Anggi Kusumawati, Rahmiati Rahmiati

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3213

Article Metrics

Abstract Views : 44 times
PDF Downloaded : 28 times

Abstract


Salah satu  stimulasi mental anak adalah dengan membaca. Otak sendiri merupakan bagian dari tubuh yang memerlukan banyak latihan dengan tujuan agar tetap kuat dan sehat. Membaca buku adalah salah satu upaya untuk  menjaga otak untuk tetap aktif. Membaca permulaan merupakan salah satu kemampuan dasar yang seharusnya dikuasai oleh Siswa 1 Sekolah Dasar. Namun masih banyak Siswa kelas 1 Sekolah Dasar yang belum bisa membaca bahkan belum mengenal huruf. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemula menggunakan metode mendongeng pada Siswa kelas 1 SDIT Daarul Azka Cikarang. Penelitiaan ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pemilihan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dimana subjek penelitian yang diambil ialah populasi Siswa kelas 1 SDIT Daarul Azka Cikarang dengan jumlah sebanyak 14 siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca pemula menggunakan metode mendongeng  di kelas 1 SDIT Daarul Azka Cikarang. Hal tersebut dilihat dari jumlah Siswa yang mendapat hasil ketuntasan membaca dalam kategori baik atau dengan skor ≥80 pada siklus 1 dan siklus 2. Oleh karena itu, direkomendasikan kepada guru dan juga Siswa kelas 1 SDIT Daarul Azka Cikarang untuk memanfaatkan metode mendongeng ini.


Keywords


Metode mendongeng, Membaca pemula

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. (2022). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru .

Ampera, T. (2010). Pengajaran Sastra : Teknik Mengajar Sastra Anak Berbasis Aktivitas . Bandung: Widya Padjajaran.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Emzir & Rohman, S. (2015). Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fadlilah, M. (2014). Desain Pembelajaran PAUD Panduan Untuk Pendidik Mahasiswa & Penelola Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Faisal, M. (2017). Kajian Bahasa Indonesia.

Hidayah, N. &. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. 1-21.

Kosasih, E. (2013). Sastra Kalsik Sebagai Wahana Efektif Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Bahasa Indonesia.

M. Lestari, G. S. (2021). Pengaruh Mendongeng di Rumah Pada Kemampuan Anak Membaca Nyaring di Depok. JIKAP PGSD, 31-38.

Malau, D. P. (2019). Penerapan Metode Mendongeng Dan Cerita Fabel Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan. Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia 2019. Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.

Mukhtar, L. (2016). Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini Teori & Aplikasi. Jakarta: Prenada Media.

Mulyati, R. A. (2018). Sastra Dongen Dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol.5 No.1.

Mulyati, Y. (2016). Membangun dan Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Literasi Melalui Pembiasaan dan Pembelajaran. Ikatan Pengajar Bahasa Indonesia (IPBI), 507-515.

Nafi'ah, S. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nuryani, R. (2016). Gerakan literasi sekolah Meningkatkan Kualitas Bangsa. Ikatan Pengajar Bahasa Indonesia (IPBI), 161-168.

Primawidia, E. (2017). Penerapan Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di TK Dwi Pertiwi Sukarame Bandar Lampung. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tarigan, H. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dwi Anggi Kusumawati, Rahmiati Rahmiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.