Pengembangan Media "Fun Thinkers Book" untuk Meningkatkan Antusiasme Belajar dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Desi Luthfiana Rahmah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Muhamad Taufik Hidayat Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3259

Keywords:

Media Pembelajaran, Antusiasme Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penggunaan media pembelajaran masih belum dilaksanakan secara maksimal oleh guru. Kurangnya penggunaan media pembelajaran mengakibatkan rendahnya antusiasme belajar siswa. Hal tersebut berpengaruh terhadap kurang maksimalnya hasil belajar siswa. Sehingga, tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menghasilkan produk media “Fun Thinkers Book†sebagai upaya meningkatkan antusiasme belajar dan hasil belajar materi bangun datar siswa kelas III SD. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Tetapi, dalam penelitian ini hanya sampai tahap uji validasi. Uji validasi dilakukan dengan uji validasi media dan uji validasi materi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket. Instrumen dalam penelitian pengembangan ini adalah lembar angket validasi ahli media dan ahli materi. Hasil uji validasi media mendapatkan skor 68 dari 72 dengan keterangan “Sangat Validâ€. Hasil uji validasi materi mendapatkan skor 45 dari 48 dengan keterangan “Sangat Validâ€. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media “Fun Thinkers Book†valid dan layak digunakan dalam pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan antusiasme belajar dan hasil belajar materi bangun datar siswa kelas III SD.

References

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. 11(1), 27–35.

Fitroh, A., & Mubarok, M. K. (2020). Pengembangan Media Fun Thinkers Book (FTB) pada Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kelas IV SD. Doctoral Dissertation, STKIP PGRI Sidoarjo, 1–11.

Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96.

Jummita, J., Agustiana, I. G. A. T., & Dibia, I. K. (2021). Media Fun Thinkers Berbasis Soal Calistung pada Tema 7 Benda , Hewan dan Tanaman di Sekitarku untuk Siswa SD Kelas 1. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 302–314.

Khair, N. A. N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di MIN 5 Kota Banjarmasin Oleh. In Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan. UIN Antasari.

Kibtiah, M., Hendracipta, N., & Andriana, E. (2021). Developing Fun Thinkers Book Learning Media On The Topic Of Peristiwa Alam Yang Terjadi Di Indonesia At Grade V Of Elementary School. 10, 829–835.

Lideaningrum, A. I., Sudjito, D. N., & A, M. R. S. S. N. A. (2016). Desain Media Pembelajaran Menggunakan Permainan Fun Frame in Physics pada Pokok Bahasan Cermin Cembung Melalui Turnamen. Prosiding Seminar Nasional Quantum, January.

Mardapi, D. (2017). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Yogyakarta: Parama Publishing.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Mursalin, M. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar Piaget. Dikma (Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 250–258.

Musoffa, D. Q., Nurhayati, A., & Chotimah, S. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas III Pada Materi Bangun Datar Berbantuan VBA. Journal On Education, 02(04), 297–302.

Nurjan, S. (2016). Psikologi Belajar. Ponorogo: Wade Group.

Rahmatin, R., & Siti Khabibah. (2016). Pengembangan media permainan kartu UMATH (Uno Mathematics) dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Pokok Operasi Bilangan Bulat. Mathedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5).

Rahmawati, R. (2021). Pengembangan Media Fun Thinkers Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Tema 4 Subtema 1 Kelas IV Sekolah Dasar. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Mataram.

Riani, R. P., Huda, C., Fajriyah, K., Pendidikan, F. I., Semarang, U. P., & Hartini, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik “ Fun Thinkers Book †Tema Berbagai Pekerjaan Menurut Undang-Undang Republik. Jurnal Sinektik, 2(2), 173–184.

Rusdiyani, E., & Zainuddin, A. (2019). Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Audio Visual Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Saputri, B. A., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Melalui Variasi Model Dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri Karangmoncol 05 Pemalang. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah, 2(2), 168–173.

Saroh, I. (2016). Pengembangan Media Flash Card Fun Thinkers Tematik Sebagai Pendukung Pembelajaran Saintifik Pada Siswa Kelas II SD N Karangtempel. Skripsi. Semarang: UPGRIS.

Simbolon, H., Sofiyan, S., & Ramadhani, D. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar SD Negeri 7 Langsa. Journal of Education Studies, 2(1), 100–111.

Simbolon, S., & Sapri. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2510–2515. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2081

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan 23). Bandung: Alfabeta.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. 2018–2019.

Wiradarma, K. S., Suarni, N. K., & Renda, N. T. (2021). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. 9(3), 408–415.

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Rahmah, D. L., & Hidayat, M. T. (2022). Pengembangan Media "Fun Thinkers Book" untuk Meningkatkan Antusiasme Belajar dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6361–6372. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3259

Citation Check