Pengembangan Media Game Edukasi ”Marbel Fauna” pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Arosyid Wahyu Nugroho Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Samsul Ma’arif Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3326

Keywords:

Media, Game Edukasi, Marbel Fauna

Abstract

Salah satu kunci pada suksesnya pembelajaran ialah dengan mudahnya anak dalam memahami pelajaran. Hal ini tentunya perlu didukung oleh prangkat pembelajaran yang menarik seperti media pembelajaran. akan tetapi pada kenyataannya masih banyak pendidik yang masih menggunakan metode konvensional (ceramah) yang dimana hal tersebut hanya akan membuat peserta didik bosan. Rendahnya kemampuan pendidik dalam mengembangkan media membuat peneliti tertarik melakukan penelitian Pengembangan Media game edukasi dengan aplikasi marbel fauna yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa sehingga hasil belajar meningkat. Riset ini bertujuan untuk menguji efektifitas game edukasi marbel fauna pada hasil belajar siswa. Pada penelitian ini menggunakan Research & Development dengan model ADDIE. Pada penelitian ini instrumen angket dipilih menjadi metode yang digunakan dalam memperoleh sempel. Jumlah siswa pada penelitian ini ialah 30 siswa. Kelas yang diujikan ialah kelas V dengan sempel 10 siswa kelompok kecil dan 20 siswa kelompok besar. Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media game edukasi, didapat hasil hipotesis dengan uji kelayakan pada kelompok kecil sebesar 86,8%, sedangkan pada kelompok besar memperoleh 87,3%. Dengan hal ini menunjukan bahwa penggunaan media game edukasi marbel fauna secara sistematik dinyatakan sangat layak digunakan pada pembelajaran di sekolah.

References

Alvi Aliyanti Dwi Anggraini, Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Huruf dan Angka dengan Model ADDIE. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(4), 426–432.

Budiwidyastari, A. (2020). Pemanfaatan Akses Internet Sebagai Sumber Belajar Digital Dalam Mengembangkan Materi Ajar Pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak Di SMK Batik 2 Surakarta. Eprints Ums. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/82540

Gunawan, I., Benty, D. D. N., Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., Sari, D. N., Pratiwi, F. D., Ningsih, S. O., Putri, A. F., & Hui, L. K. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kemampuan Manajerial, Efikasi Diri, Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 126–150. https://doi.org/10.17977/um025v4i22020p126

Herawati, V. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Media “Rumah Eksis†di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 1342–1349.

Kurniawan, A. R., Chan, F., Abdurrohim, M., Wanimbo, O., Putri, N. H., Intan, F. M., & Samosir, W. L. S. (2019). Problematika Guru Dalam Melaksanakan Program Literasi di Kelas IV Sekolah Dasar Pendahuluan Pelaksanaan pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat Indonesia . Menurut UU No . 20 Tahun 2003 tentang Sitem Pendidik. Jurnal Pendidikan Dasar, III(November), 31–37.

Novayani, W. (2019). Game genre untuk permainan pembelajaran sejarah berdasarkan kebutuhan Pedagogi dan Learning Content. Jurnal Komputer Terapan, 5(2), 54–63. https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/

Okta Rianingtias. (2019). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Biologi Bernuansa Motivasi Siswa Kelas XI di SMA/MA. Repository.Radenintan, 1–9.

Panggayudi, D. S. (2017). Media Game Edukasi Berbasis Budaya Untuk Pembelajaran Pengenalan Bilangan pada Anak Usia Dini. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 255–266.

Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Purwono, H. (2018). Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 165. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.919

Pratama, U. N., & Haryanto, H. (2018). Pengembangan game edukasi berbasis android tentang domain teknologi pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 167–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.12827

Putra, A. P., Soepriyanto, Y., & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Game Edukasi Tentang Keragaman Masakan Khas Daerah-daerah di Indonesia Untuk Kelas V SD. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1, 299–306.

Ramadhan, H. F., Sitorus, S. H., & Rahmayuda, S. (2019). Game Edukasi Pengenalan Budaya DAN Wisata Kalimantan Barat Menggunakan Metode Finite State Machine Berbasis Android. Jurnal Komputer Dan Aplikasi, 1(7), 108–119.

Santoso, M. (2019). Rancang Bangun Game Edukatif Duta Indonesia (Dadu dan Peta) Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(11), 20–31.

Setiadi, A. (2021). Aplikasi Game Android Edukasi Kepahlawanan Sultan Hasanuddin. Journal Universitas Hasanuddin, 8.

Sulthoni, W. C. S., & Ulfa, S. (2019). Pengembangan Multimedia Game Edukasi Ipa Lapisan Bumi Untuk MTS. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 30–36.

Umam, N. K., & Laily, F. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Menulis Kalimat Sederhana Untuk Kelas I Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 1–15.

Utami, D. S., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Media Belajar Literasi Digital Berbasis Game Edukasi dalam Meningkatkan Minat Baca Kelas 2 SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 218–225.

Wati, E. R. (2016). Ragam media pembelajaran : visual-audio visual-komputer-power point-internet-interactive video (adi jarot (ed.)). Kata Pena.

Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hassil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1027–1038. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.835

Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan multimedia interaktif bermuatan game edukasi untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori , Penelitian Dan Pengembangan, 2(8), 1024–1029. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9759/4611

Yeni Amalia Firdaus, Y. Y. (2020). Pengembangan Media Game Edukasi “ Petualangan Sir Isaac †Berbasis Android pada Materi Gaya Kelas IV Sekolah Dasar Abstrak. JPGSD, 08, 240–249.

Downloads

Published

2022-05-28

How to Cite

Nugroho, A. W., & Ma’arif, S. (2022). Pengembangan Media Game Edukasi ”Marbel Fauna” pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6686–6694. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3326

Citation Check