Pengembangan Konten Video Pembelajaran Materi Gerak dengan Menggunakan Aplikasi Canva

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3378

Keywords:

content development, learning videos, canva apps, methode R & D

Abstract

Perkembangan kehidupan yang terus bekermbang dan berinovasi menuntut kita untuk dapat memanfaatkan teknologi dalam segala aspek, termasuk pendidikan. Proses pembelajaran akan dirasa mudah dengan memanfaatkan teknologi. Untuk mempercepat pemahaman materi pembalajaran dilakukan penelitian pengembangan konten pembelajaran dengan menggunakan media canva. Penelitian dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk berupa konten materi gerak. Materi tersebut, dikembangkan ke dalam format visual dan audiovisual dengan menggunakan aplikasi canva. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan penelitian Research and Development (R&D) dan model Pengembangan ADDIE. Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi adalah lima fase dari paradigma ini. Uji ahli materi dan ahli materi dilakukan untuk menilai konsistensi media dan substansi. Validitas produk yang ditentukan oleh kedua ahli menghasilkan kategori sangat layak. Uji ahli materi dan ahli materi dilakukan untuk mengetahui koherensi antara media dan materi. Hasil validitas produk oleh kedua ahli diperoleh kategori sangat layak. Hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata 90,06% yang termasuk kedalam kriteria “sangat valid†dan hasil validasi materi memperoleh rata-rata 80,91% yang termasuk kedalam kriteria “validâ€. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran materi gerak dengna menggunakan aplikasi canva dapat diujicobakan pada pembelajaran.

Author Biographies

Hesti Gustini, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Tekhnologi Pendidikan

Yayat Ruhiat, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Tekhnologi Pendidikan

References

Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149

Dadi, I. K., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2019). Analisis Kebutuhan Untuk Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Mind Mapping. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 70. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19375

Das, K., Gryseels, M., Sudhir, P., & Tan, K. T. (2016). Unlocking Indonesia’s Digital Opportunity. McKinsey & Company, October, 1–28. https://www.mckinsey.com/~/media/McKinsey/Locations/Asia/Indonesia/Our Insights/Unlocking Indonesias digital opportunity/Unlocking_Indonesias_digital_opportunity.ashx

Dwipayana, P. A. P., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Budaya Lokal Untuk Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 49–60. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/24628

Jannah, M., & Julianto, J. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Digestive System untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).

Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sdn Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119

Maryanti, S., & Kurniawan, D. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi Picpac. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 26–33. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2922

Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702

Rahmatullah, Inanna, & Ampa, andi tenri. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i1.986

Rahmatullah, Inanna, & Nurdiana. (2019). PROSIDING SEMINAR NASIONAL Prosiding Seminar Nasional. 2(Desember), 978–979.

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717

Silmi, M., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan Ri Sd Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 254987. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/download/23611/21586

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

TEGEH, I. M., & Jampel, I. N. (2014). Model penelitian pengembangan (1 ed.). http://103.255.15.77/detail-opac?id=281501

Wu, T. J., & Tai, Y. N. (2016). Effects of multimedia information technology integrated Multi-Sensory instruction on students’ learning motivation and outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(4), 1065–1074. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1552a

Yulianti, Thaief, I., & Rahmatullah. (2019). Contextual Teaching Learning Dalam Pembelajaran Ekonomi Contextual Teaching Learning in Economic Learning. Pinisi Business Administration Review, 1(2), 117–124.

Zulherman*, Z., Amirulloh, G., Purnomo, A., Aji, G. B., & Supriansyah, S. (2021). Development of Android-Based Millealab Virtual Reality Media in Natural Science Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18218

Downloads

Published

2023-01-24

How to Cite

Gustini, H., & Ruhiat, Y. (2023). Pengembangan Konten Video Pembelajaran Materi Gerak dengan Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Basicedu, 6(6), 10164–10173. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3378

Issue

Section

Articles

Citation Check