Pengembangan Evaluasi Berbasis Media Permainan Ular Tangga pada Materi Berbagai Pekerjaan Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Fairus Oryza Sativa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Moh. Balya Ali Syaban Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3442

Keywords:

Pengembangan, Evaluasi, Media Permainan Ular Tangga

Abstract

Pendidikan merupakan upaya memaksimalkan potensi peserta didik dan membangun lingkungan belajar yang aktif. Evaluasi dapat meningkatkan penguasaan siswa terhadap suatu materi yang di ajarkan oleh guru. Media adalah salah satu peran guru atau orang tua untuk menyampaikan pengetahuan kepada anak – anak dengan mudah. Adapun permasalahan minimnya yaitu sarana dan prasarana, maka guru dituntut untuk menjadi kreatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran., salah satunya adalah mengembangkan media pembelajaran. Media permainan ular tangga salah satu media yang menarik dan dapat mengatasi kebosanan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Peneliti ini mengembangkan evaluasi berbasis media permainan ular tangga Pada materi berbagai pekerjaan kelas IV SDN Cilangkap 03 Pagi. Motode penelitian R&D (Research and development), dengan model pengembangan Borg and Gall yang melalui beberapa tahap yaitu tahap uji lapangan, evaluasi dan menyempurnakan produk. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengengembangan evaluasi berbasis media permainan ular tangga pada materi berbagai pekerjaan valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

 

References

Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 1(1), 1–19.

Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450

Damayanti, N. A., & Dewi, R. M. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengembangan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa. 3(4), 1647–1659.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.

Isran Rasyid Karo-Karo S, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. 91–96.

Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 74. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p74-79

Latip, A. E. (2018). Evaluasi Pembelajaran di SD dan MI Perencanaan dan Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Autentik. Jakarta, 227.

Lubis, E. L. S., Asy’ari, M. N., & Agustriana. (2019). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Tematik. Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–8.

Lubis, M. A. (2019). Konsep Dasar IPS (Vol. 4). https://doi.org/10.31227/osf.io/vf3nd

Maisaroh, P. &. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Kelas IV SD Donotirto. 1–17.

Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 253–260.

Maulidina, M., Susilaningsih, S., & Abidin, Z. (2018). Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 113–118. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p113

Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 284. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2612

Saharuddin, M. (2020). Strategi Pembelajaran IPS : Konsep dan Aplikasi. In Pendidikan.

Sudrajat, A., Meiliana Lovienica, & Vina Iasha. (2021). Pengaruh Model Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas IV SD Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 70–75. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3217

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1).

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 68.

Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Downloads

Published

2022-06-03

How to Cite

Sativa, F. O., & Syaban, M. B. A. (2022). Pengembangan Evaluasi Berbasis Media Permainan Ular Tangga pada Materi Berbagai Pekerjaan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6981–6989. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3442

Issue

Section

Articles

Citation Check