Pengembangan Media Video Animasi Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Materi Bentuk dan Fungsi Bagian Tumbuhan

Authors

  • Niantika Intan Pratiwi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Kasriman Kasriman Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3468

Keywords:

video animasi interaktif, addie.

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih, menuntut guru untuk berinovasi dalam media pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk menentukan kelayakan media video animasi melalui reaksi siswa kelas IV pada pelajaran IPA materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Cipinang Melayu 10 Pagi tahun ajaran 2021/2022 pada semester genap. Penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE dengan teknik pengumpulan data berupa angket dengan menggunakan skala likert. Uji validasi dilakukan oleh tiga validator antara lain: ahli media, ahli materi dan pakar pendidikan. Hasil penilaian para validator tersebut memperoleh rata-rata 95,55% dengan kategori “Sangat Baik†atau media video animasi interaktif layak untuk digunakan. Serta siswa merupakan responden pada media melalui uji coba skala kecil 10 peserta didik da uji coba skala besar 20 peserta didik. Hasil dari uji coba skala kecil dan uji coba skala besar memperoleh rata-rata 85,55% yang berkategori “Sangat Baik†atau layak digunakan.

References

Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. 1 No 1, 9–20.

Al Azka, H. H., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224–236. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4473

Alifa, N. S. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Animasi Berbasis Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV Sdn Kedaleman IV. November, 165–176.

Aprianty, D., Somakim, S., & Wiyono, K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Materi Persegi Panjang dan Segitiga di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 1. https://doi.org/10.17977/um009v30i12021p001

Arofah, R., & Cahyadi, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. 3(1), 35–43. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD. Prima Edukasia, 2.

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Trian, P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. 10(1), 49–56.

Awang, I. S. (2015). Keselutian belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Vox Edukasi, 6(2), 143–155.

Bastiar Ismail Akbar. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Kelas 2 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Disd. 1–195.

Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540.

Faisal, E. El. (n.d.). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Muatan Lokal pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. 113–126.

Fikri, K. (2012). Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan. Academia, 37(1), 13.

Hidayati, A., Adi, E., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas Iv Di Sdn Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45–50. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045

Narullita, R. F. (2021). Pengembangan media game edukasi find my food berbasis android pada mata pelajaran ipa kelas v materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya.

Oya, R. N., & Budiningsih, C. A. (2014). Peningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Kreatif dan ProduktiF. 2, 116–126.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19.

Praherdhiono, H., Adi, E. P., & Prihatmoko, Y. (2018). Konstruksi Demokrasi Belajar Berbasis Kehidupan pada Implementasi. 21–28.

Widiantoro, B. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology pada Kompetensi Dasar Memahami Model Atom Bahan Semikonduktor Di Smkn Lusia Rakhmawati Abstrak Abstract. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2).

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat Abstrak. Jurnal Obsesi, 4(1), 280–294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331

Downloads

Published

2022-06-09

How to Cite

Pratiwi, N. I., & Kasriman, K. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Materi Bentuk dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Jurnal Basicedu, 6(4), 7257–7264. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3468

Issue

Section

Articles

Citation Check