Pemanfaatan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Seni Musik Materi Tangga Nada Diatonis untuk Mengidentifikasi Hasil Belajar Mahasiswa PGSD
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3537Keywords:
Quizizz, Pembelajaran Seni Musik, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu dapat mengukur hasil dari proses pembelajaran Mahasiswa melalaui tes yang diberikan dengan menggunakan aplikasi Quizizz. Teknik yang digunakan sampel penelitian ini berupa teknik purposive sampling sehingga didapatkan satu kelas menjadi kelompok eksperimen yang terdiri dari 34 Mahasiswa yg sudah mencoba buat menjawab lima pertanyaan yang disajikan pada aplikasi Quizizz pada materi diatonis dari kursus pembelajaran musik sekolah dasar. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes berbentuk fill in the blank (isian bagian yang kosong) dengan jumlah soal sebesar 5 soal. Aplikasi Quizizz ini memungkinkan untuk menentukan hasil dari proses pembelajaran mahasiswa, dimana sesuai jawaban Mahasiswa diperoleh persentase buat setiap soal yaitu 61%, 64%, 67%, 79%, dan 82%. Hasil tes rata-rata menunjukkan bahwa 71% dari semua pertanyaan Mahasiswa dapat dijawab dengan benar di aplikasi Quizizz.
References
Aini. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25).
Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660–3667. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1376
Arsyad. (2015). Media Pembelajaran. Rajawali Press.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Gava Media.
Desyandri, D., Zuryanty, Z., & Mansurdin, M. (2020). Pelatihan Pembelajaran Seni Musik sebagai Sarana Literasi Budaya untuk Guru Sekolah Dasar. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 119–126. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v5i2.1022
Fauzi, M. R. (2014). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Studi Deskriptif Analitis pada Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Lembang (Vol. 260). Universitas Pendidikan.
Fauziah, Y. N. (2011). Analisis Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Kelas V Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Studi Komparatif Pada Guru Sekolah Dasar Kelas V Di Beberapa Sekolah Dasar Di Kota Bandung Tahun Ajaran 2010-201. Edisi Khusus, 2, 98–106.
Hamida, N. (2011). Studi Komparasi Penggunaan Laboratorium Virtual dan Laboratorium Riil Dalam Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kreativitas Mahasiswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI Semester Genap SMA Ne. Universitas Sebelas Maret.
Lestari, D. (2022). Pemanfaatan Quizizz untuk PTM pada Mata Pelajaran Matematika. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(1), 48–57.
Mardalis. (2009). Metode Penelitian Pendekatan Proposal. Bumi Aksara.
Mayar, F., Rahmawati, R., & Uzlah, U. (2022). Blended Learning untuk Pendidikan Anak Usia Dini : Implementasi dan Tantangannya. 6(5), 4347–4358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2654
Noviyanti, V., Respati, R., & Pranata, O. H. (2021). Pengembangan Multimedia Tangga Nada Diatonis untuk Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar. Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 364–377.
Nurmalia, Laily, et al. (2021). Peningkatan motivasi belajar mahasiswa melalui aplikasi edukasi quizizz pada mata kuliah perkembangan pendidikan sd umj. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD, 5(2), 133–140.
Pardede, M. M. J. (2021). Strategi Pembelajaran Tangga Nada pada Siswa Kelas X SMTK Kristo Manado. Jurnal Psalmoz, 2(1), 89–99.
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.
Sakti, A. T., & Maestro, E. (2020). Kegiatan Guru Seni Budaya (Musik) di Kelas VII SMP Negeri 3 Muaro Bungo Jambi dalam Melaksanaan Kurikulum 2013 pada Masa Pandemi Covid-19. 9(4), 2302–3201.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Saodi, S., Musi, M. A., Manggau, A., & Noviani, N. (2021). Metode Storytelling dengan Musik Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 163–172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1196
Suo Yan Ju, Z. A. (2018). Implementing Quizizz as game based learning in the Arabic classroom. European Journal of Social Science Education and Research, 5(1), 194–198.
Wajongkere, Y., Titaley, J., & Langi, Y. A. R. (2019). Fungsi Transposisi Modulo dan Penerapannya Pada Pencarian Susunan Tangga Nada dan Tingkatan Akor. D’CARTESIAN, 8(1), 11. https://doi.org/10.35799/dc.8.1.2019.22789
Wihartanti, L. V., Wibawa, R. P., Astuti, R. I., & Pangestu, B. A. (2019). Penggunaan Aplikasi Quizizz Berbasis Smartphone Dalam Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2019, 362–368. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SNPP2019/article/view/335
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).