Penggunaan Google Sites Materi Pecahan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Lenthera Mega Devya Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Tatag Yuli Eko Siswono Universitas Negeri Surabaya
  • Wiryanto Wiryanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3550

Keywords:

Media Pembelajaran Google Sites, Kemampuan Numerasi, Aktivitas Siswa, Pecahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran google sites yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D. Produk media pembelajaran dibuat menggunakan platfrom google sites dengan model pengembangan ASSURE. Berdasarkan hasil analisis validitas diperoleh persentase sebesar 82,9% (valid), kepraktisan sebesar 90,6% (sangat praktis), dan efektifitas menunjukkan  nilai rata-rata pretest siswa sebesar 67,81 meningkat pada tahap posttest sebesar 84,69. Sementara hasil observasi menunjukkan perbandingan aktivitas siswa sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan media pembelajaran google sites sebesar 53,7%. Sementara persentase peningkatan kemampuan numerasi, dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar sebesar 81,25%.

References

Abdullah, Fibby Syaeful, and Tri Nova Hasti Yunianta. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri.†AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 7(3):434. doi: 10.24127/ajpm.v7i3.1586.

Bhagaskara, Arindra Evandian, Aulia Kaffah Firdausi, and Mochammad Syaifuddin. 2021. “Penerapan Media Webquest Berbasis Google Sites Dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Di MI Bilingual Roudlotul Jannah Sidoarjo.†Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 5(2):104–19. doi: 10.21067/jbpd.v5i2.5541.

Chin-Fei, Huang, and Lin Chia-Ju. 2012. “Exploring the Influences of Elementary School Students’ Learning Motivation on Web-Based Collaborative Learning.†US-China Education Review 6:613–18.

Dimyati, J. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Fani Yantik, Suttrisno, Wiryanto. 2022. “Desain Media Pembelajaran Flash Card Math Dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan.†Jurnal Basicedu 6(3):3420–27. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2624.

Godfrey, Zitto, and Joel S. Mtebe. 2018. “Redesigning Local Games to Stimulate Pupils ’ Interest in Learning Numeracy in Tanzania.†International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology (IJEDICT) 14(3):17–37.

HALAT, Erdoğan. 2013. “Experience of Elementary School Students with the Use of WebQuests.†Mevlana International Journal of Education 3(2):68–76. doi: 10.13054/mije.13.18.3.2.

Hendrawati, Ririn, Bambang Ismanto, and Ade Iriani. 2021. “Pengembangan Website Bimbingan Belajar Di Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 3(2):524–32.

Hidasar, P, F., Bafadal, M, F., & Yani, A. 2021. “Can Numeration Ability Be Enhanced Through Physical Activity of Traditional Tabak Games?†Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations 109(1):28–34.

Lo, Jia Jiunn, Ya Chen Chan, and Shiou Wen Yeh. 2012. “Designing an Adaptive Web-Based Learning System Based on Students’ Cognitive Styles Identified Online.†Computers and Education 58(1):209–22. doi: 10.1016/j.compedu.2011.08.018.

Nurfatanah, N., C. B. Yudha, A. Marini, and M. S. Sumantri. 2021. “Development of Matemathic Media Games Education Based on E-Learning in the Planting of Basic Concepts in Numeracy.†Journal of Physics: Conference Series 1869(1). doi: 10.1088/1742-6596/1869/1/012127.

Nurulwahida Azid, Rozita Hasan, Nurul Fazilah Mohamad Nazarudin, and Ruzlan Mohd Ali. 2020. “Embracing Industrial Revolution 4.0: The Effect of Using Web 2.0 Tools on Primary Schools Students’ Mathematics Achievement (Fraction).†International Journal of Instruction 13(3):711–28.

Purnama, Sigit. 2016. “Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab).†LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 4(1):19. doi: 10.21927/literasi.2013.4(1).19-32.

Rikani, Istiqomah, and Irham Taufiq. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Google Sites Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV).†Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (6th SENATIK) 54–61.

Rohendi, Dedi. 2019. “Game-Based Multimedia for Horizontal Numeracy Learning.†International Journal of Emerging Technologies in Learning 14(15):159–70. doi: 10.3991/ijet.v14i15.10679.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprianto, Agus, Farid Ahmadi, and Tri Suminar. 2019. “The Development of Mathematics Mobile Learning Media to Improve Students’ Autonomous and Learning Outcomes.†Journal of Primary Education 8(1):84–91.

Suttrisno, S. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Alat Peraga Ips Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 77-90.

Suttrisno, Suttrisno, and Hesti Puspitasari. 2021. “Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca Dan Menulis Permulaan (MMP) Untuk Siswa Kelas Awal.†Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 8(2):83–91.

Suttrisno, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Model Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 718-729.

Swalaganata, Galandaru. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Game Aritmatika (GAMETIKA) Menggunakan Adobe Flash CS6.†Jurnal Tadris Matematika 1(1). doi: 10.21274/jtm.2018.1.1.65-76.

Tsekleves, Emmanuel, John Cosmas, and Amar Aggoun. 2016. “Benefits, Barriers and Guideline Recommendations for the Implementation of Serious Games in Education for Stakeholders and Policymakers.†British Journal of Educational Technology 47(1):164–83. doi: 10.1111/bjet.12223.

Vannisa Aviana Melinda, I Nyoman Sudana Degeng, Dedi Kuswandi. 2017. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Ips Berbasis Virtual Field Trip (Vft) Pada Kelas V Sdnu Kraton-Kencong.†JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 3(2):158–64.

Winingsih. 2021. “Penerapan Metode Diskusiuntuk Meningkatkan KeterampilanMembaca Pemahaman Pada Siswa SDN Kiarapayung Subang Jawa Barat.†Jurnal Educatio 7 (4). doi: 0.31949/educatio.v7i4.1720.

Yuanta, Friendha. 2020. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar.†Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 1(02):91. doi: 10.30742/tpd.v1i02.816.

Zhang, Lu, Junjie Shang, Tim Pelton, and Leslee Francis Pelton. 2020. “Supporting Primary Students’ Learning of Fraction Conceptual Knowledge through Digital Games.†Journal of Computer Assisted Learning 36(4):540–48. doi: 10.1111/jcal.12422.

Downloads

Published

2022-06-12

How to Cite

Devya, L. M., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto, W. (2022). Penggunaan Google Sites Materi Pecahan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7518–7525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3550

Citation Check