Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Penampakan Alam Indonesia di Sekolah Dasar

Authors

  • Shafira Putri Salsabila Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Moh Balya Ali Syaban Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3649

Keywords:

E-modul interaktif, Media Pembelajaran, IPS

Abstract

Ilmu.Pengetahuan.Sosial.(IPS).merupakan salah.satu.mata.pelajaran penting di jenjang sekolah dasar dan karena masih banyak siswa yang mendapatkan nilai tidak tuntas karena siswa cenderung tidak memahami jika guru menjelaskan berbagai jenis penampakan alam dengan Bahasa yang berbeda-beda. Dan tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah dengan membuatkan media pembelajaran berbentuk e-moduliiinteraktif dalam utama materi penampakan alam Indonesia pada sekolah dasar & uji kelayakan modul yang dihasilkan digunakan untuk pembelajaran dikelas. Metode penelitian yang dipakai merupakan research and development (R&D) menggunakan menerapkan contoh pengembangan ADDIE. Instrument dilakukan dengan kuesioner atau angket validasi untuk beberapa professional materi,mmedia, pakar pendidikanddan jawaban kuesioner. Hasil dari penelitian produk modul elektronik interaktif yang dikembangkan berdasarkan penilaian professional di bidang media dengankkategori nilai sangat baik dengan presentase skor rata-rata 83,86%, hasil penilaian dari professional di bidang materi mendapatkan kategori sangat baik dengan rata-rata skor presentase 84,43%. untuk hasil dari respons siswa mendapat skor presentase sebesar 94,5% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan dari  hasilpperolehan data, maka dapat disimpulkan e-modul interaktif ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar bagi siswa kelas 5 sekolah dasar. Implikasi e-moduliiinteraktif ini dapat meningkatkan produktivitas kegiatan belajar mengajar dengan minimnya tenaga.

 

References

Abyan Rofiyadi, Y., & Lestari Handayani, S. (2021). Pengembangan Aplikasi E-Modul Interaktif Berbasis Android Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6, 54–56.

Aryawan, R., Sudatha, I. G. S., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan e-modul interaktif mata pelajaran ips di smp negeri 1 singaraja. Pengembangan E-Modul Berbasis Proyek untuk Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Kejuruan, 4(e-modul berbasis proyek yang layak dan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis.), 99–111.

Awal Kurnia Putra Nasution, M. T. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Internet. 1–86.

Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 300. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475

Dewi, A. L. S., & Mubarokah, L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Kenampakan Alam dan Buatan Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 53–66. https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3223

Dewi, S. R., & Haryanto, H. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Penjumlahan pada Bilangan Bulat untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(1), 9. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.3059

Doringin, F., Tarigan, N. M., & Prihanto, J. N. (2020). Eksistensi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Teknologi Industri dan Rekayasa (JTIR), 1(1), 43–48. https://doi.org/10.53091/jtir.v1i1.17

Fadlia Rohmah, Z. A., & Zulhidah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Volume Bangun Ruang SD/MI. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437.

Fitriyah, I., Wiyokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Prezi dengan Model ADDIE Simulasi dan Komunikasi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 84–97. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.42221

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.

KUNCAHYONO, M. P. K. (2019). Pengembangan Softskill Teknologi Pembelajaran Melalui Pembuatan E-modul Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(meningkatkan kompetensi dan digital skill guru sekolah dasar Muhammadiyah 5 Malang sebagai upaya penerapan digitalisasi pembelajaran), 1–9.

Latip, A. (2021). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Edutech : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.176

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Liana, Y. R., Ellianawati, & Hardyanto, W. (2019). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 926–932.

Ninawati, M., Burhendi, F. C. A., & Wulandari. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Software iSpring Suite 9. Jurnal Educatio, 7(1), 47–54. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.830

Nur Atikah, N. G., Syarifuddin, H., & Yanti Fitria. (2021). Validitas E-Modul Matematika Sekolah Dasar Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Basicedu, 5(6), 6103–6109.

Oksa1, S., & Soenarto2, dan S. (2020). Pengembangan E-modul Berbasis Proyek Untuk Memotovasi Belajar Siswa Sekolah Kejuruan. Jurnal Kependidikan, 4(e-modul berbasis proyek yang layak dan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis), 99–111.

Oktaviani, S., & Arini, N. W. (2021). Pengembangan Media Animation Game Geometry Smart Choice untuk Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. 3(5), 2769–2775.

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8793

Sumarsono, A., & Sianturi, M. (2019). Peluang Media Interaktif dalam Menunjang Efektivitas Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2), 101. https://doi.org/10.30734/jpe.v6i2.353

Violadini, R., & Mustika, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210–1222. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/899

Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728–3739. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265

Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 91–100.

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Salsabila, S. P., & Syaban, M. B. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Penampakan Alam Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7896–7905. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3649

Citation Check