Pengembangan Media Noel Game Berbasis Android untuk Pembelajaran Noun di Kelas Rendah
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3700Keywords:
Pendidikan, Media Pembelajaran, Game Edukasi, NOEL game, AndroidAbstract
References
Abdullah, Fibby Syaeful, and Tri Nova Hasti Yunianta. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate pada Materi Trigonometri.†Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 7(3):434. doi: 10.24127/ajpm.v7i3.1586.
Abidin, Zainal, Chandra Chandra, Yesi Anita, Zulmiyetri Zulmiyetri, and Annisa Kharisma. 2021. “Game Elektronik Edukasi Sebagai Multimedia Interaktif Untuk Sekolah Dasar Di Pedesaan Indonesia.†Jurnal Basicedu 5(2):1018–26. doi: 10.31004/basicedu.v5i2.855.
Anugerah, Rama, Selindung Lama, and Kepulauan Babel. n.d. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris ( Studi Kasus SD Negeri 18 ).â€
Arifah, Risqi Ervera Nur, Sukirman Sukirman, and Sujalwo Sujalwo. 2019. “Pengembangan Game Edukasi Bilomatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SD.†Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 6(6):617. doi: 10.25126/jtiik.2019661310.
Hapsari, Gita Permata Puspita, and Zulherman Zulherman. 2021. “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa.†Jurnal Basicedu 5(4):2384–94. doi: 10.31004/basicedu.v5i4.1237.
Al Irsyadi, Fatah Yasin, Rifai Annas, and Yogiek Indra Kurniawan. 2019. “Game Edukasi Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Pengenalan Benda-Benda Di Rumah Bagi Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar.†Jurnal Teknologi Dan Informasi 9(2):78–92. doi: 10.34010/jati.v9i2.1844.
Jayadi, Agung, Desy Hanisa Putri, and Henny Johan. 2020. “Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 Pada Aspek Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA Kota Bengkulu dalam Mata Pelajaran Fisika.†Jurnal Kumparan Fisika 3(1):25–32. doi: 10.33369/jkf.3.1.25-32.
Muhammad, Said, Rohayati Rohayati, and Said Alwi Zulfikri Hairi. 2020. “Aplikasi Game Media Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak - Anak SDN Melayu 2 Banjarmasin Menggunakan Adobe Flash CS6.†Positif : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi 6(1):47.
Noormiyanto, Faiz. 2020. “Efektifitas Penggunaan Perangkat Multimedia Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Berkesulitan Belajar.†Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An 7(2):318–25. doi: 10.31316/esjurnal.v7i2.770.
Oktaviani, Shafira, and Novanita Whindi Arini. 2021. “Pengembangan Media Animation Game Geometry Smart Choice Untuk Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5):2769–75. doi: 10.31004/edukatif.v3i5.970.
Pertiwi, Eky Prasetya. 2020. “Pendampingan Guru Dalam Pembelajaran Aspek Perkembangan Bahasa Dan Aspek Sosial Di TK Labschool Jember.†Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(2):193–200. doi: 10.31537/dedication.v4i2.367.
Prastiwigari, Rahajeng, Filia Prima Artharina, and Rofian Rofian. 2020. “Pengembangan Media Racing Game Tematik Sub Tema Aturan Keselamatan Di Perjalanan Bagi Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar.†Dikdas Matappa: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar 3(2):343.
Prawitaya, Yugi Diraga. 2018. “Penerapan Guessing Game Untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa SDN 101808 Candirejo Kecamatan Biru Biru.†Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 306–11.
Sa’diyah, Halimatus, Hanik Yuni Alfiyah, Zaini Tamin AR, and Nasaruddin Nasaruddin. 2020. “Model Research and Development Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.†El-Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 10(1):42–73. doi: 10.54180/elbanat.2020.10.1.42-73.
Saeful, Rahmat Pupu. 2019. “Penelitian Kualitatif.†Equilibrium 5(9):1–8. doi: 10.31227/osf.io/wtncz.
Sari, Silviana Putri Indah, Ernawati Ernawati, Sukaris Sukaris, and Andi Rahmad Rahim. 2021. “Hubungan Antara Edukasi Tentang Bahasa Inggris dengan Menggunakan Media Pembelajaran dan Edukasi Tentang Covid-19 yang Dilakukan Secara Online di Masa Pandemi di Desa Metatu.†DedikasiMU(Journal of Community Service) 3(3):1018.
Sarosa, Moechammad, Mila Kusumawardani, Achmad Suyono, and Zamah Sari. 2020. “Implementasi Chatbot Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Media Sosial.†Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN) 6(3):317. doi: 10.26418/jp.v6i3.43191.
Sugiyono, Prof. Dr. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. edisi kedu. edited by M. P. Dr. Ir. Sutopo, S.Pd. Bandung: Alfabeta.
Sukanto, Petrus sokibi, and Ady Widjaja. 2020. “Game Edukasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android Untuk Sdit Sabilul Qur’an Cendikia.†Jurnal Bahasa Rupa 3(2):83–94. doi: 10.31598/bahasarupa.v3i2.440.
Tegeh, I. Made, Alexander Hamonangan Simamora, and Kadek Dwipayana. 2019. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu.†Mimbar Ilmu 24(2):158. doi: 10.23887/mi.v24i2.21262.
Wafi, Muhammad. 2021. “Peran Teknologi Dan Informasi Dalam Meningkatkan Inovasi Pendidikan.†1(2):1–7.
Zen, Kevin Alfaritsi. 2021. “Pengembangan Game Edukasi Kata Benda Dalam Bahasa Inggris Berbasis Quantum Learning.â€
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).