Pengembangan e-book Sebagai Bahan Ajar Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Oka Irmade, Jumanto Jumanto

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3715

Article Metrics

Abstract Views : 152 times
PDF Downloaded : 76 times

Abstract


Proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PENJASKESREK) untuk mahasiswa dengan menggunakan buku referensi kurang menarik dan memotivasi, karena berupa tulisan penjelasan saja. Melalui video youtubepun, mahasiswa masih perlu dibimbing untuk memahami gerakan secara utuh dan urutan rangkaian setiap tahapan gerak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mendesain bahan ajar e-book yang terintegrasi dengan video sehingga meningkatkan motivasi dalam proses belajar mandiri mahasiswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model dari Plomp yang meiliki tahapan yaitu:  preliminary investigation; design; realization/construction; test, evaluation, and revision. Penilaian ahli digunakan dalam pengembangan e-book ini dilanjutkan uji coba kepada mahasiswa untuk mendapatkan berbagai respon sebagai masukan penyempurnaannya. Hasil penilaian yang dilakukan ahli masuk dalam kategori skor yang baik dan layak digunakan. Respon dari mahasiswa positif, mereka merasa lebih senang materi disajikan dalam bentuk media digital. Data hasil peningkatan motivasi belajar mandiri mahasiswa didapat melalui angket yang dibagikan kepada 30 mahasiswa, sebelum dan sesudah di berikan bahan ajar e-book. Peningkatan terjadi dari 40% mahasiswa yang mempunyai motivasi belajar mandiri tinggi meningkat menjadi 60% dari jumlah mahasiswa.


Keywords


e-book; bahan ajar; penjaskesrek

Full Text:

PDF

References


Arianatasari, A. (2015). Penerapan Desain Model Plomp pada Pengembangan Buku Teks Berbasis Guided Inquiry. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(1), 36–40.

Dewi, R., & Rifki, M. S. (2020). Pengaruh Senam Aerobik terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Stamina, 3, 398–416.

Diantari, N. M. E., & Tirtayani, L. A. (2020). Motivation for Learning English Early Childhood Through Storytelling Method Using e-Big Book media. Journal of Education Technology, 4, 210–217.

Fauziyah, D. N., & Anistyasari, Y. (2020). Studi Literatur Pengaruh Implementasi Media E-Book terhadap Motivasi Belajar dan Respon Siswa pada Pendidikan Tinggi. Jurnal IT-EDU, 05(1), 406–416.

Fransisca, S., Putri, R. N., & Kom, M. (2019). Pemanfaatan Teknologi RFID untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah dengan Metode ( R & D ) ( Studi Kasus : SMK Global Pekanbaru ). Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi, 1(1).

Jou, M., Tennyson, R. D., Wang, J., & Huang, S. Y. (2016). A study on the usability of E-books and APP in engineering courses: A case study on mechanical drawing. Computers and Education, 92–93, 181–193. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.10.004

Mirnawati, Harliani, & Semana, A. (2018). Efektivitas Senam Aerobik Terhadap Kadar Gula Darah pada Penderita Diabetes Melitus Tipe II di Puskesmas Mamajang Kota Makasar. Jurnal Media Keperawatan, 09(02), 101–105.

Mubarak, S., Kinanti, R. G., & Raharjo, S. (2019). Pengaruh Senam Aerobik Intensitas Ringan dan Sedang Terhadap Kadar Kolesterol Total pada Perempuan Obes di Kota Batu. Jurnal Sport Science, 9(1).

Mulyani, G. D., & Sumarno, G. (2017). Pengaruh pengajaran handball like games terhadap penguasaan keterampilan gerak dasar lempar tangkap dalam pembelajaran penjas sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(april), 69–78.

Munawwarah, M., Anwar, S., & Sunarya, Y. (2017). How to Develop Electrochemistry SETS-Based Interactive E-Book? Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012112

Naik, G., Chitre, C., Bhalla, M., & Rajan, J. (2020). Impact of Use of Technology on Student Learning Outcomes : Evidence from a Large-Scale Experiment in India. World Development, 127, 104736. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2019.104736

Nugraheningsih, G., & Saputro, Y. A. (2020). Hasil Pengabdian pada Masyarakat Pelatihan Senam Aerobik untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani. Strategi dan Implementasi Pendidikan Karakter pada Era Revolusi Industri 4.0, 108–111.

Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Muttaqiin, A. (2020). Exploring the Effectiveness of e-book for Students on Learning Material : A Literature Review. Journal of Physics : Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012105

Selamet, I. K. (2020). Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Inpres Tumpu JayA I. Jurnal Paedagogy, 7(2), 121–125.

Sorko, S. R., & Brunnhofer, M. (2019). Potentials of Augmented Reality in Training. Procedia Manufacturing, 31, 85–90. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2019.03.014

Suhesti, H., & Maidarman. (2020). Studi Minat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Terhadap Senam Aerobik. Jurnal Patriot, 2, 278–290.

Sung, H. Y., Hwang, G. J., & Chen, S. F. (2019). Effects of embedding a problem-posing-based learning guiding strategy into interactive e-books on students’ learning performance and higher order thinking tendency. Interactive Learning Environments, 27(3), 389–401. https://doi.org/10.1080/10494820.2018.1474235

Supardi, K. (2017). Media Visual dan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 106–119.

Tressyalina, Noveria, E., Arief, E., Istigfara, T., & Agustia, S. (2020). E-Book as a Learning Resource for Indonesian Language in the New Normal Era. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 485(Iclle), 342–345.

Yot-domínguez, C., & Marcelo, C. (2017). University students ’ self-regulated learning using digital technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education. https://doi.org/10.1186/s41239-017-0076-8


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Oka Irmade, Jumanto Jumanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.