Pengembangan Media Augmented Reality pada Materi Pengenalan Planet dan Benda Langit Pembelajaran IPA Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3730Keywords:
Augmented Reality, Planet dan Benda Langit, Pembelajaran IPA.Abstract
Dalam penelitian ini berfokus pada pengembangan pada media pembelajaran berbentuk aplikasi menggunakan teknologi Augmented Reality. Dikarenakan kurangnya pengaplikasian teknologi untuk pembaruan media saat pembelajaran dan terbatasnya dukungan dalam media pembelajaran IPA terlebih pada materi pengenalan planet dan benda langit yang cocok dengan kemajuan zaman agar menjadikan kebutuhan dikembangkannya media ini. Produk tersebut ialah aplikasi Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan media pebelajaran yang cocok digunakan, sehingga bisa dimanfaatkan oleh peserta didik serta guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah R&D (Research & Development) dan dikembangkan dengan model menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian adalah peserta didik kelas VI SDN Bendungan Hilir 12 Pagi. Pengujian kelayakan produk dinilai oleh 3 ahli yaitu ahli media, ahli materi, serta pakar Pendidikan. Hasil penilaian kelayakan media Augmented Reality oleh ahli media sejumlah 84%, oleh ahli materi sejumlah 100% serta oleh pakar Pendidikan sejumlah 93.3% . Hasil dari ketiga penilaian tersebut kategori yang diapatkan ialah “Sangat Baik†satau layak digunakan. Serta peserta didik juga menjadi responden pada media melalui uji kelompok besar sebanyak 20 peserta didik dan kelompok kecil sebanyak 10 peserta didik. Hasil dari kedua uji tersebut mendapatkan nilai rata-rata 95.5% dengan kategori “Sangat Baik†atau media layak dan cocok digunakan.
References
Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Al Azka, H. H., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224–236.
Ariskasari, D., & Pratiwi, D. D. (2019). Pengembangan modul matematika berbasis problem solving pada materi vektor. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 249–258.
Azizah, S. N. (2021). Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits. Jurnal Literasiologi, 6(1).
Darojat, M. A., Ulfa, S., & Wedi, A. (2022). Pengembangan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 91–99. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p091
Huang, K. T., Ball, C., Francis, J., Ratan, R., Boumis, J., & Fordham, J. (2019). Augmented versus virtual reality in education: An exploratory study examining science knowledge retention when using augmented reality/virtual reality mobile applications. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 22(2), 105–110. https://doi.org/10.1089/cyber.2018.0150
Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). Bahan ajar IPA berbasis literasi sains. Bandung: Lekkas.
Kurniawan, B., & Widiastuti, N. P. K. (2021). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Epic 5c Berbasis Cbl. Penerbit Widina.
Laila, M. E. (2021). Pengembangan media pembelajaran sol-ar (solar system augmented reality) pada muatan pelajaran ipa bagi siswa kelas vi sdn betokan 3 demak, 137–149.
Mayarni, M., & Yulianti, Y. (2020). Hubungan antara Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Ekologi. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 39–45. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.39-45
Munisah, E. (2020). Pengelolaaln Media Pembelajaran Sekolah Dasar. J. Elsa, 18(1), 23–32.
Mustaqim, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1).
Nugroho, A., & Pramono, B. A. (2017). Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Vuforia Dan Unity Pada Pengenalan Objek 3d Dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang. Jurnal Transformatika, 14(2), 86–91.
Purwati, Y., Sagita, S., Utomo, F. S., & Baihaqi, W. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tata Surya berbasis Virtual Reality untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar dengan Evaluasi Kepuasan Pengguna terhadap Elemen Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(2), 259. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020701894
Rachmawati, R., Wijayanti, R., & Anugraini, A. P. (2020). Pengembangan eksplorasi MAR (Matematika Augmented Reality) dengan penguatan karakter pada materi bangun ruang sekolah dasar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2).
Rosa, A. C., Sunardi, H., & Setiawan, H. (2019). Rekayasa Augmented Reality Planet dalam Tata Surya sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa SMP Negeri 57 Palembang. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 10(1). https://doi.org/10.36982/jig.v10i1.728
Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 21(2), 261–268. https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6019
Saputri, F. E., Annisa, M., & Kusnandi, D. (2018). Pengembangan media pembelajaran ipa menggunakan augmented reality (ar) berbasis android pada siswa kelas iii sdn 015 tarakan. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 57–72.
Setyawan, B., Rufi’i, R., & Fatirul, A. N. (2019). Augmented Reality in Science Learning for Elementary School Students. Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(01), 78–90.
Sugianto, C. A. (2018). Aplikasi Edukasi Tata Surya Menggunakan. Informatics Research and Development.
Sumardani, D., Wulandari, A., Ramdina S, A. N., & Doriza, S. (2019). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Poster Tatasurya. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), VIII, 451–456. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.57
Wardani, S. K., Setyosari, P., & Husna, A. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Kelas VII MTS Raudlatul Ulum. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 23-29MATA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).