Video Animasi Berbasis Lingkungan Sebagai Strategi Pengembangan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Anak Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3829Keywords:
Anak Usia Dini, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Video Animasi Berbasis LingkunganAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum adanya media pembelajaran yang mendorong kreatifitas anak dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video animasi berbasis lingkungan yang valid, layak dan efektif digunakan dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi anak TK B Immanuel Kids Medan dengan bantuan aplikasi Powtoon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang menjadi acuan penelitian ini yaitu model pengembangan Thiagarajaan yaitu model 4-D. Hasil penelitian bahwa Media Video Animasi berbasis lingkungan dinyatakan Valid oleh validator. Kemudian berdasarkan rekapitulasi kepraktisan produk juga menyatakan bahwa respon guru terkait produk yang dikembangkan memiliki 100% kepraktisan sebagai media pembelajaran. Selanjutnya berdasarkan penilaian keefektifatn yang diperoleh dari hasil tes LKPD anak-anak diperoleh nilai sebesar 83,33%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa persyaratan media dinyatakan layak sebagai media pembelajaran di TK B Imamnuel Kids Medan.
References
Al-Mubaid, H. 2016. Critikal Thingking In Early Chilhood: Inquiring Minds Want To Know. The Journal of Adventist Education, March, 14–17. http://jae.adventist.org
Amin, A. K., & Mayasari, N. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbentuk aplikasi android berbasis weblog untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika IKIP Bojonegoro. Jurnal Magistra, 27(94), 12.
Annisa, A., & Sutapa, P. (2019). The Implementation of Nature-based Learning Models to Improve Children’s Motor Skills. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Anita Yus. 2015. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Kencana. Indonesia
Annisa, Ayu Rizki, Aminuddin Prahatama, Dharmono. 2020. Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol. 11, No. 1, 2020, 72-80.
Ariesta, F. W. 2018. Mengintegrasikan Higher Order Of Thinking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran Sains Di SD. Retrieved from Binus Faculty of Humanities: https://pgsd.binus.ac.id/2018/11/23/mengintegrasikan-higher-order-of-thinking-skillhots-pada-pembelajaran-sains-di-sd/
Ariani, Kadek, N., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha.
Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Efendi M. (2013). Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran. Di unduh di http://efendi08.blogspot.co.id/2013/03/lingkungan-sebagai-mediapembelajaran.html
Hardiyanti, W. E., Ilham, M., Ekadayanti, W., & Jafarudin, J. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Animasi Gambar ‘Powtoon’ bagi Guru PAUD. Jurnal Abdimas Pedagogi.
Nachiappan, S., Osman, R., Masnan, A. H., Mustafa, C., Hussein, H., & Suffian, S. (2019). The Development Of Preschools’ Higher Order Thinking Skills (HOTs) Teaching Model towards Improving the Quality of Teaching. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 8(2), 39–53. https://doi.org/10.6007/IJARPED/v8-i2/5601
Seifer, S. (2018). Hots Skill Developing Higher Order Thinking In Young Learnings. Yorkton Count: Redleaf Press.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, kuantitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, & Yuliani Nuraini. (2017). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Tatik Ariyanti. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. 8(1).
Trianto. (2016). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Kahiri,Husnuzziadatul. 2018. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna Vol. 2 , No. 2.
Purnamasari, Ikaningtyas, Dewanti Handayani, Ali Formen. 2020. Stimulasi Keterampilan HOTs dalam PAUD Melalui Pembelajaran STEAM. Seminar Nasional Pascasarjana.ISSN: 2686 6404.
Rakimahwati, R., & Roza, D. 2020. Developing of Interactive Game Based on Role Play Game to Improve the Reading Abilities. Journal of Nonformal Education, 6(2), 193-201. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/jne.v6i2.25574
Yeni Solfiah dan Daviq Chairilsyah. 2020. Pengembangan Video Animasi Terhadap Pengetahuan Konsep Pola Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Riview Pendidikan dan Pengajaran. Volume 3 Nomor 3. Riau
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).