Pengembangan Komik Digital Interaktif untuk Memperkuat Kemampuan Membaca pada Materi Pengukuran Panjang dan Berat Kelas II SD

Authors

  • Fransiska Rizkiana Dewi Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Eunice Widyanti Setyaningtyas Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3884

Keywords:

media pembelajaran, komik, matematika.

Abstract

Permasalahan yang terjadi di Sekolah Dasar (SD) adalah penggunaan media komik yang masih jarang digunakan, siswa yang masih mengalami kesulitan membaca, dan penggunaan media pembelajaran yang kurang kreatif dan inovatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui desain pengembangan komik digital interaktif dan kelayakan uji validasi ahli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan desain prosedur pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluate). Penelitian ini dilaksanakan sampai tahap uji validasi ahli. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi di kelas II SD Kanisius Bedono. Hasil uji validasi ahli media sebesar 90% dengan kategori “Sangat Tinggiâ€. Hasil uji validasi ahli materi sebesar 96% dengan kategori “Sangat Tinggiâ€. Hasil uji validasi ahli bahasa sebesar 68% dengan kategori “Tinggiâ€. Media memperoleh kritik dan saran perbaikan dari validator sehingga dapat membantu guru dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan media komik digital interaktif memiliki kelebihan untuk membantu siswa dalam memahami materi pengukuran panjang dan berat dan memperkuat kemampuan membaca siswa kelas II SD. 

Author Biography

Fransiska Rizkiana Dewi, Universitas Kristen Satya Wacana

Mahasiswi PGSD Universitas Kristen Satya Wacana

References

Aziza, D. N., & Sudibyo, E. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Komik pada Materi Getaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 7(2), 187–190.

Handayani, P., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 396–401. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.365

Kristianto, D., & Rahayu, T. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-komik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 939–946. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.553

Kurniawan, F., & Hardini, A. T. A. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Media Komik dalam Meningkatkan Hasil Belajar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4), 492–496. http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v4i4.1556

Kurniawati, U., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1046–1052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.843

Mawardi. (2014). Model Desain Pembelajaran Konsep Dasar PKN Berbasis Belajar Mandiri Menggunakan Moodle (Widya Sari Press (ed.)).

Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SD/MI. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253–263.

Mulyati, T., Kusumadewi, R. F., & Ulia, N. (2021). Pembelajaran Interaktif Melalui Media Komik Sebagai Solusi Pembelajaran Dimasa Pandemi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 28–39. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.4054

Narayani, N. P. U. D. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220–229. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17775

Pratiwi, W., & Kurniawan, R. Y. (2013). Penerapan Media Komik sebagai Media Pembelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 3 Ponorogo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3), 1–14.

Pratyaksa, I. G. T. (2020). Komik Online Sebagai Media Penyuluhan Agama Hindu Bagi Generasi Milenial. Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, dan Ilmu Komunikasi, 3(2), 21–29. https://doi.org/10.55115/duta.v3i2.737

Puteri, A. (2022). Media Komik Proklamasi untuk Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 46–53. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.41070

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30–43.

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127–137. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650

Santosa, A. P. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Interaktif Materi Sudut dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa SD. Muhammadiyah Malang.

Sugiartinengsih, R. (2018). Penggunaan Media Komik Strip dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Ekplanasi di SMAN 1 Sukahaji. Jurnal Riksa Bahasa, 2(2), 187–194.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosda Karya.

Tresnawati, D., Satria, E., & Adinugraha, Y. (2016). Pengembangan Aplikasi Komik Hadits Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma, 13(1), 99–105.

Untari, M. F. A., & Saputra, A. A. (2016). Keefektifan Media Komik terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 29–39. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v3i1.2354

Wulandari, I. M., & Anugraheni, I. (2021). Pengembangan Media Komik Matematika Berbasis Visual Pada Materi Kerucut dan Tabung di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 269–277. https://doi.org/10.5281/zenodo.4683023

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Dewi, F. R., & Setyaningtyas, E. W. (2022). Pengembangan Komik Digital Interaktif untuk Memperkuat Kemampuan Membaca pada Materi Pengukuran Panjang dan Berat Kelas II SD. Jurnal Basicedu, 6(5), 8652–8665. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3884

Citation Check