Pendidikan Akhlak dan Pendidikan Islam di Raudhatul Athfal

Authors

  • Rizka Amalia Rahmadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Haidar Putra Daulay Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Zaini Dahlan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3943

Keywords:

Pendidikan Islam, Akhlak

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pendekatan yang dilakukan oleh pendidik dalam memberikan pendidikan akhlak dan pendidikan Islam di RA Amanah Amaliyah, 2) alasan guru dalam memilih pendekatan tersebut untuk menerapkan pendidikan akhlak dan pendidikan Islam di RA Amanah Amaliyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti ini mendapatkan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peneliti menemukan: 1) pendidikan akhlak anak di RA Amanah Amaliyah seperti berkata jujur, sopan, dan sabar, mengikuti peraturan sekolah, memberikan salam yang baik masih kurang dilaksanakan dengan baik, 2) metode yang diterapkan oleh guru di RA Amanah Amaliyah dalam menanamkan pendidikan akhlak dan pendidikan Islam yaitu metode keteladanan, metode tanya jawab, dan metode pembiasaan. 3) dalam menjaga akhlak anak di RA Amanah Amaliyah, guru memberikan pengawasan untuk peserta didik dalam memperhatikan proses pembelajaran peserta didik, evaluasi pembelajaran di dalam kelas, dan komunikasi yang dijalin pihak sekolah dengan wali-wali murid di RA Amanah Amaliyah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan memberikan pendidikan akhlak dan pendidikan Islam kepada anak dapat memberikan pengaruh yang cukup besar bagi kehidupannya.

Author Biography

Rizka Amalia Rahmadhani, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Magister PAI

References

Abdurrahman Saleh. (2005). Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ahmad Tafsir. (2008). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Al-Munawar, S. A. H. (2015). Aktualisasi Nilai-Nilai Al-Qur’an dalam Sistem Pendidikan Islam. Ciputat: Ciputat Press.

Alfiyah, S., & Hariyadi, B. (2022). Internalisasi Pendidikan Akhlak dalam Menguatkan Karakter Islami Siswa MI Perwanida Blitar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1).

Ali Maulida. (2015). Metode dan Evaluasi Pendidikan Akhlak Dalam Hadits Nabawi. Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4.

Amlala, A., Grace, & Naolaka. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Jakarta: Kencana.

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Journal of Early Childhood Education, Vol. 1, pp. 19–31.

Bafadhol, I. (20017). Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam. Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(12).

Endang Soetari. (2014). Pendidikan Karakter dengan Pendidikan Anak Untuk Membina Akhlak Islami. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1).

Hendarwati, E., Wahono, & Aris Setiawan. (2019). Implementasi Nilai Kejujuran Pada Anak Usia Dini Melalui Media Ular Tangga. Jurnal Motoric, 3(1).

Hodijah, S., Rachmawati, Y., & Mubiar Agustin. (2018). Upaya Guru Dalam Menanamkan Sifat Sabar di RA Persis I Kota Bandung. Jurnal EDUKIS, 15(2).

Ihsani, N., & Nina Kurniah. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1).

Junaidah, & Ayu, S. M. (2018). Pengembangan Akhlak Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Kependidikan Islam, VIII(Ii).

Juwita, D. R. (2018). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Era Millennial. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2), 282–314.

Khomsiyatin, K., Iman, N., & Ariyanto, A. (2017). Metode Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini di Bustanul Athfal Aisiyah Mangkujayan Ponorogo. Educan : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.21111/educan.v1i2.1444

Langgulung, H. (2008). Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Huda Baru.

Lusi, S., Hidaya, A. Al, & Eliyyil Akbar. (2021). Metode Pembiasaan Dalam Menumbuhkan Perilaku Sabar Pada Anak di Raudhatul Athfal Buntul Temil. Jurnal Edusoshum, 1(2).

Muhadjir, N. (2007). Metode Keilmuan. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Muhaimin. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Pers.

Muhammad Arif. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Islam Dalam Membentuk Sopan Santun Anak di Raudhatul Athfal Al-Azhar Menganti. Jurnal Cakrawala Dini, 10(1).

Mustafa Muhammad Al-Tahhan. (2009). Al-Tarbiyah wa Dauruha Fi Tasykil al-Suluk. Kuwait: Dar Al-Wafa.

Qurratul Aini. (2019). Pengembangan Karakter Sopan Santun Melalui Kegiatan Bermain Peran Pada Anak Usia Dini di TK Adirasa Jumiang. Islamic Edukids : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).

Riyani, E. R., Rizal, M. S., Ananda, R., Mufarizuddin, M., & Aprinawati, I. (2022). Make a Match Type of Cooperative Learning Model to Social Skills of Elementary School Students. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 1435–1439.

Tuti Awaliyah. (2018). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Sa’id Hawwa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1).

Westri, Z., & Pransiska, R. (2021). Analisis Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Pada Film Animasi Omar dan Hana. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(2).

Downloads

Published

2022-10-16

How to Cite

Rahmadhani, R. A., Daulay, H. P., & Dahlan, Z. (2022). Pendidikan Akhlak dan Pendidikan Islam di Raudhatul Athfal. Jurnal Basicedu, 6(6), 9611–9617. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3943

Citation Check