Pengembangan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Petrus Mau Tellu Dony Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Titik Indarti Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Heru Subrata Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3989

Keywords:

Pengembangan Media, Kartu Huruf, Membaca Permulaan

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni menghasilkan kartu huruf yang valid, praktis dan efektif digunakan untuk membaca permulaan. Jenis penelitian yang digunakan yakni pengembangan model ASSURE (1) (Analyze Learners); (2) (States Objectives); (3) (Select Methods, Media, and Ingredient), (4) (Utilize Mediaand Ingredient); (5) (Require Learner Participation); (6) (Evaluate and Revise). Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket, tes serta dokumentasi penelitian. Teknik penelitian yang digunakan untuk menganalisis data yakni kuantitatif deskriptif. Hasil data penelitian diperoleh fakta bahwa kartu huruf yang dikembangkan peneliti dinyatakan sangat valid dengan presentase sebesar 89% pada validator media dan 85,21% validator ahli materi. Selain itu juga kualitas kartu huruf memperoleh respon dengan presentase sebesar 90,4% yang masuk pada kategori sangat layak. Hasil uji coba menunjukkan bahwa kartu huruf sangat layak digunakan karena telah memenuhi kriteria peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa yakni dengan hasil NGain Score didapatkan hasil presentase sebesar 73.88% di kelas IIB dan 64.79 di kelas IIC. Oleh karena itu, kartu huruf yang dikembangkan peneliti sudah masuk pada kategori valid, praktis dan efektif diterapkan di kelas IIB dan IIC SD GMIT 01 Kalabahi Kabupaten Alor.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Basrochah. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal huruf melalui Penerapan Metode Bermain Kartu Kata di Kelompok B1 TK ABA Ketanggungan Yogyakarta. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Diana, D. R., & Agustiani, I. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 10–18. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.23

Fani Yantik, Suttrisno, W. (2022). Desain Media Pembelajaran Flash Card Math dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3420–3427. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2624

Hidayati, A., & Astuti, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Kata Bergambar Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2).

Jazariyah, J. (2019). Papan Huruf Flanel: Media Pembelajaran Keaksaran Awal Untuk Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i2.5196

Johar Permana, M. S. (1999). Strategi Belajar Mengajar. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Kurnia, S. Y., Apriliya, S., Hidayat, S., Adam, S., & Syastra, T. (2022). Pengembangan Media Kartu Huruf dalam Pembelajaran Membaca Permulaan membutuhkan media pembelajaran. PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 9(2), 503–513.

Kusnanto, K., Sundari, P. M., Asmoro, C. P., & Arifin, H. (2019). hubungan tingkat pengetahuan dan manajemen diri diabetes dengan tingkat stres pasien diabetes melitus yang menjalani diet. Jurnal Keperawatan Indonesia, 22(1), 31–42.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158.

Poko, & Budzer, J. (2019). Peningkatan Hasil Dan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Penerapan Permainan Tebak Misteri pada Siswa Kelas VII SMP 1 Beteleme. Media Litbang Sulteng, IX(1), 11–22,.

Putra, I. N. A., Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2018). Pengembangan Multi Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak di TK Negeri Pembina Singaraja. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, 9((2), 29–38.

Riduwan, & Akdon. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Data Statistika. In In Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Cetakan kedua. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-662-49054-9_2900-1

Saepudin, E., Damayani, N. A., & Komariah, N. (2020). PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK GEMAR MEMBACA. BACA: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 9008(21), 271–279. https://doi.org/https://doi.org/10.14203/j.baca.v41i2.467

Sanjaya, W. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.

Satriana, A. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal huruf Bilangan Sampai 5 Melalui Media Flash Card bagi Siswa Tunagrahitan Sedang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1.

Siburian, T. A. (2013). Improving Students’ Achievement on Writing Descriptive Text Through Think Pair Share. International Journal of Language Learning and Applied Linguistics World (IJLLALW), 3(3), 30–43.

Sudiarni, N. K., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Circ Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18087

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Sutaryono. (1999). Efektifitas Penggunaan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Suttrisno, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Model Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. 5(1), 718–729.

Suttrisno, S., & Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) Untuk Siswa Kelas Awal. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 83–91. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/Tarbiyawat/article/view/3303

Tiningsih, Emi, D. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A. Jurnal Education And Development, Vol.8(2), 399–408.

Tiningsih, E., & D. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A. Jurnal Education And Development, 8(2), 399–408. https://doi.org/https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1729

Wardani, I., Basri, H. da. W., & A. (2017). Improving The Ability In Writing Descriptive Text Through Guided-Questions Technique. E-Journal of English Language Teaching Society (ELTS), 2(1).

Yulianto, M., Afriyantari, D., & Putri, P. (2020). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Iklim Dan Cuaca Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Elektro, 20(02), 128–133.

Downloads

Published

2022-08-13

How to Cite

Dony, P. M. T., Indarti, T., & Subrata, H. (2022). Pengembangan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8992–9006. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3989

Citation Check