Implementasi Kebijakan Permendiknas No. 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif Bagi ABK dan/atau Memiliki Bakat Istimewa Di SMPN Kota Padang

Yessi Warminda, Hasrul Hasrul, Meri Haryani

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4047

Article Metrics

Abstract Views : 14 times
PDF Downloaded : 1 times

Abstract


Tujuan penelitian yang akan dicapai yaitu: 1) Menganalisis implementasi kebijakan Permendiknas No. 70 Tahun 2009 Inklusif untuk ABK di SMPN Kota Padang, 2) Menganalisis faktor yang mempengaruhi kebijakan Pendidikan Inklusif di SMP Negeri di Kota Padang, dan 3. Menganalisis implikasi kebijakan terhadap hak ABK di penyelenggara Pendidikan Inklusif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif metode deskriptif. Informan ditentukan dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kebijakan Pendidikan Inklusif untuk ABK ada tiga komponen yaitu, (a). Dinas Pendidikan Kota Padang telah berupaya untuk mengimplementasikan kebijakan  Pendidikan Inklusif di SMP Negeri di  Kota Padang yang Pelaksanaan sudah  8 tahun lamanya, (b) Tenaga Pendidik di SMP Negeri di kota Padang masih kekurangan GPK untuk  ABK sehingga kurang siap dalam menghadapi ABK, (c) Sarana dan Prasarana untuk  ABK sudah ada, namun belum mencukupi untuk semua SMPN di Kota Padang, (2) Faktor yang mempengaruhi kebijakan Pendidikan Inklusif di SMPN Kota Padang yaitu, (a) Struktur Birokrasi (b) Sumber Daya (c) Disposisi dan (d) Komunikasi. (3) Implikasi kebijakan terhadap hak ABK di sekolah penyelenggara Pendidikan Inklusif yaitu sudah terpenuhi tapi belum merata untuk seluruh sekolah Inklusif yang ada di Kota Padang.


Keywords


Implementasi Kebijakan, Pendidikan Inklusif.

Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembinaan PKLK PendidikanDasar. 2013. “Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (Sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009)”. Jakarta: Kemendikbud.

Lukitasari, S. W., Sulasmono, B. S., & Iriani, A. (2017). Evaluasi implementasi kebijakan Pendidikan Inklusif. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 121-134.

Lutfaidah, A., & Suwanda, I. made. (2016). pelaksanaan pembelajaran PPKn bagi anak keberkebutuhan khusus: studi tentang pembelajaran PPKn pada kelas VIII tunagrahita SMPLB-C Negeri Gedangan-Sidoarjo. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(4), 813–828.

Moleong, Lexy. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Muttaqien, P. I. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif Di Kota Tasikmalaya (Studi Kasus: Sdn Gunung Lipung 4 Kota Tasikmalaya). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(1), 28-38.

Ointu, M. (2016). Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Di Kota Palu. Katalogis, 4(12).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Anak Memiliki Kelainan dan Memiliki Cerdas dan/ atau Bakat Istimewa.

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Sukadari. (2019). Model Pendidikan Inklusi Dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Widodo. (2016). Pengembangan Pembelajaran Permainan Adaptif Berbasis Perkembangan Aktual Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 1 (1), hal. 59—79.

Widya, F. (2018). Dalam Meningkatkan Sikap Bela Negara Siswa Kesatuan Republik Indonesia yang. Jurnal Civic Hukum, 3, hal 45–51


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yessi Warminda, Hasrul, Meri haryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.