Penerapan Teknik Mnemonic Kata Kunci dalam Pembelajaran Tarekh Kelas IV Madrasah Diniyah

Noor Laila Azizah, Nur Fajar Arief

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4103

Article Metrics

Abstract Views : 32 times
PDF Downloaded : 20 times

Abstract


Alasan dilakukannya penelitian ini adalah fenomena hasil belajar siswa pada pembelajaran tarikh yang berada di bawah KKM. Hal ini disebabkan kurangnya waktu, tenaga, dan kemampuan siswa untuk mengabdikan diri untuk belajar, serta kompleksitas materi yang melekat dan terbatasnya sumber daya yang tersedia bagi mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana siswa kelas IV Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Kebonsari Malang diajarkan tarrekh dengan memanfaatkan mnemonik. Jenis penelitian kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif (penelitian kelas). Data penelitian berasal dari apa yang diajarkan dan apa yang dipelajari di kelas. Wawancara, mengamati, dan menuliskan apa yang Anda lihat adalah semua cara untuk mengumpulkan data. Siswa kelas IV Madrasah Diniyah Kebonsari Malang mengikuti pembelajaran. Data penelitian dipecah, dipajang, dan ditarik kesimpulan. Teknik mnemonic kata kunci digunakan untuk membantu orang belajar tarikh. Hal ini dilakukan dengan merencanakan kegiatan dengan membuat RPP, lembar observasi guru dan siswa, dan evaluasi. Kemudian, RPP digunakan untuk melakukan perubahan implementasi. Dalam mempelajari Tarek, menggunakan kata kunci mnemonik dapat membantu siswa belajar lebih baik, dan mereka dapat memahami materi dengan lebih baik dalam jangka panjang.

Keywords


Teknik mnemonic kata kunci, pembelajaran tarekh.

Full Text:

PDF

References


Anggriyani, Ike, & Hrp, Nurlina Ariani. (2021). Peningkatan Daya Ingat Siswa terhadap Pembelajaran Matematika dengan Penggunaan Teknik Mnemonic pada Kelas XI MAS Al-Barakah. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 657–666.

Anshorulloh. R. (2008). Efektivitas Metode Mnemonik dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di MTs Persiapan Negeri Kota Batu. (Skripsi). Malang: UIN Malang.

Baharun, H. (2018). Penguatan Daya Ingat Mahasantri Melalui Mnemonic Learning. Jurnal Pedagogiki, 5(2).

Firdaus, Sulton, & Hafidah, Siti. (2020). Mnemonik: Solusi kreatif untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab siswi Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Palapa, 8(1), 81–96.

Hosnan, M,. (2011). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. . Bogor: Galia Indonesia.

Huda. M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Inah, Ety Nur. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150–167.

Jannah, Raudhatul dan R. Rosnawati. (2018). Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Teknik Mnemonic terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3).

Jensen, E. (2002). Otak Sejuta Gygabyte. Bandung: Kaifa.

Joyce. B. Weil. M, &. Calhoun. E. (2000). Models of Teaching. America: A Pearson Education Company.

Majid. A. (2007). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mappan, V. S., Tandililing, E., & Yani, A. (2020). Pengaruh Mnemonic Terhadap Daya Ingat dan Kemampuan Berpikir Kritis Mengenai Ukuran Dispersi Sebaran Data. Jurnal Pendidikan Dan …, 9(7), 3–9.

Riyanto, H. Yatim. (2014). Paradigma Baru pembelajaran: Sebagai referensi bagi pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan berkualitas. Prenada Media.

Sanjaya, W. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem. Jakarta: Kencana.

Santrock. J. (2008). Psikologi Pendidikan (2nd ed.). Jakarta: Kencana.

Siriganjanavong, Vanlee. (2013). The Mnemonic Keyword Method: Effects on the Vocabulary Acquisition and Retention. English Language Teaching, 6(10), 1–10.

Sudirman, Nur Andini, & Ridha, Andi Ahmad. (2017). Efektifkah Keyword Mnemonic Dalam Mempelajari Kosakata? Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 5(2), 226–235.

Tavakoli, Mansoor, & Gerami, Elham. (2013). The effect of keyword and pictorial methods on EFL learners’ vocabulary learning and retention. Porta Linguarum: Revista Internacional de Didáctica de Las Lenguas Extranjeras, (19), 299–316.

Verdianingsih, Eliza. (2020). Strategi Mnemonic dalam Pembelajaran Matematika. 06(01), 78–85.

Wijaya, Erwin Kurnia. (2010). Pemanfaatan Modul Mnemonic (Modul Ingatan) dalam Pembelajaran Program Paket C untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 19(8), 159–170.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Noor Laila Azizah, Nur Fajar Arief

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.