Metode Steam Loose Part dengan Bahan Alam untuk Kreativitas Anak Usia Dini

Authors

  • Rabihatun Adawiyah Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Rohyana Fitriani Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Najamuddin Najamuddin Universitas Hamzanwadi, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4166

Keywords:

metode steam loose part, kreativitas, anak usia dini.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode steam loose part dengan bahan alam untuk kreativitas anak usia dini usia 5-6 Tahun di TK Zainul Hasan Masbagik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest Postest Design (Pre Eksprimen). Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan wawancara dan observasi, instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan untuk melihat efektifitas metode yang digunakan menggunakan Uji Prasyarat dan uji-t. Ada dua uji prasyarat yang harus dilakukan sebelum penelitian dilaksanakan yaitu uji normalitas dan dengan taraf signifikansi 0,05. Pre perlakuan dan post perlakuan diberikan untuk mengetahui kemampuan sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian pre-test didapatkan persentase kemampuan perkembangan kreativitas adalah 473% dengan sebagian besar anak mendapatkan nilai kategori MB dengan jumlah persentase 70%. Sedangkan pada post-test didapatkan jumlah persentase keseluruhan kemampuan perkembangan anak yaitu 849%, dengan sebagian besar anak mendapatkan nilai kategori BSB dengan jumlah persentase 90%. Sehingga dapat dibandingkan sebelum dan setelah perlakuan terdapat peningkatan terhadap perkembangan kreativitas anak.

Author Biographies

Rabihatun Adawiyah, Universitas Hamzanwadi

Pendidikan Guru PAUD, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Rohyana Fitriani, Universitas Hamzanwadi

Pendidikan Guru PAUD, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Najamuddin Najamuddin, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Pendidikan Guru PAUD, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

References

Afghani, D. R. (2021). Kreativitas Pembelajaran Daring untuk Pelajar Sekolah Menengah dalam Pandemi Covid-19. Journal of Informatics and Vocational Education, 3(2).

Annisa, M. A. P. C. W., & Febriastuti, R. (2021). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEAM Berbahan Loose Parts dalam Mengembangkan Ketrampilan Abad 21 pada Anak Usia Dini. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 118–130. https://doi.org/https://doi.org/10.22515/abna.v2i2.4484

Arsy, I., & Syamsulrizal, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) terhadap Kreativitas Peserta Didik. Biolearning Journal, 8(1), 24–26. https://doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.1019

Atmojo, I. R. W. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engenering, Art And Mathematich (STEAM) untuk Meningkatkan Kompetensi Paedagogik dan Professional Guru SD Melalui Metode Lesson Study. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jpd.v8i2.44214

Fauziah, N. W. (2022). Penerapan Metode Belajar STEAM dengan Bahan Loose Parts untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(1), 40–45.

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PjBL (Project-Based Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209–226. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v10i1.17642

Gultom, H., Sirodjudin, M. K., & Windarsih, C. A. (2020). Pembelajaran Cooking Class Melalui Metode Steam untuk Meningkatkan Asupan Gizi Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(6), 582–590. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v3i6.p%25p

Hadiyanti, S. M., Elan, E., & Rahman, T. (2021). Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 5(2), 237–245. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpa.v5i2.40920

Hasanah, A., Hikmayani, A. S., & Nurjanah, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(2), 275–281. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3561

Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui motode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 263–278. https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3917

Jesionkowska, J., Wild, F., & Deval, Y. (2020). Active Learning Augmented Reality for STEAM Education—A Case Study. Education Sciences, 10(8), 198. https://doi.org/10.3390/educsci10080198

Murdiana, M., Jumri, R., & Damara, B. E. P. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 152–160. https://doi.org/https://doi.org/10.33449/jpmr.v5i2.11450

Nurfadillah, R. R., & Rakhman, A. (2020). Implementasi Metode STEAM Berbasis Media Film Dalam Meningkatkan Aspek Kognitif Pada Pendidikan Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(4), 266–274. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v3i4.p%25p

Pardimin, P. (2022). Pengelolaan Pembelajaran STEAM untuk Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini. Media Manajemen Pendidikan, 5(1), 67–78. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7017

Prameswari, T. W., & Lestariningrum, A. (2020). STEAM Based Learning Strategies by Playing Loose Parts for the Achievement of 4C Skills in Children 4-5 Years. Jurnal Efektor, 7(1), 24–34.

Pratiwi, L., & Syarifin, A. (2020). Penggunaan Pendekatan STEAM pada Kegiatan PAUD untuk Melatih Kreativitas Anak (Studi Kasus Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Hang Tuah Kota Bengkulu). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/alfitrah.v5i1.5008

Purwaningsih, C. W. W., Triharnanto, J., & Pusporini, W. (2022). Penggunaan Media Loose Part Berbasis STEAM Dalam Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini. Seminar Nasional 100 Tahun Tamansiswa, 1(1), 31–35.

Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM Dengan Penggunaan Media Loose Parts Di Desa Bukit Harapan. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47–52.

Rachmah, L. L., Farantika, D., & Prawinda, R. A. (2022). Pembelajaran Steam dengan Media Loose Parts Guna Menstimulasi Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 6(3), 466. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.535

Retnowati, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Kreatifitas Anak Mengaplikasikan Alat Peraga Edukatif Menggunakan Metode Loose Parts. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 465–470. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1095

Rohmatun, S., Setiyani, E., Rohfirsta, F., Fitamaya, D., Nisa, R., & Nofan Zulfahmi, M. (2021). Penerapan Loose Parts terhadap Kreativitas Anak Usia Dini selama Belajar dari Rumah. Journal of Education and Teaching (JET), 2(2), 129–136. https://doi.org/10.51454/jet.v2i2.114

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. BANDUNG : Alfabeta,CV.

Syafi’i, I., & Dianah, N. D. (2021). Pemanfaatan Loose Parts dalam Pembelajaran STEAM pada Anak Usia Dini. AULADA: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 105–114. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/aulada.v3i1.1203

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Nurjanah, N. E., Dewi, N. K., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., & Sholeha, V. (2020). The Utilization of Loose Parts Media in STEAM Learning for Early Childhood. Early Childhood Education and Development Journal, 2(2), 1. https://doi.org/10.20961/ecedj.v2i2.46326

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Adawiyah, R., Fitriani, R., & Najamuddin, N. (2023). Metode Steam Loose Part dengan Bahan Alam untuk Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Basicedu, 6(6), 10359–10368. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4166

Citation Check