Implementasi Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Penilaian Kognitif pada Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar

Authors

  • Muhammad Munginudin Santoso Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
  • Bella Reziana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
  • Muhammad Yusuf Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
  • Deni Irawan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
  • Hasyim Ashari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.4669

Keywords:

ICT, Assessment Techniques, Cognitive Domain

Abstract

Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sekarang ini seiring perkembangannya telah merambat dalam dunia pendidikan diantaranya mengisi dan membantu memaksimalkan guru dalam proses belajar mengajar guna mencapai tujuan pembelajaran. Pemanfaatan TIK ini oleh lembaga pendidikan khususnya guru salah satunya digunakan untuk mempermudah mereka dalam proses asesmen atau penilaian pembelajaran ranah kognitif peserta didik. Penilitian ini memfokuskan pembahasan pada pemanfaatan TIK sebagai instrumen dalam penilaian ranah kognitif peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif, dengan model analisa taksonomi yang didasarkan fokus pada domain dan hanya satu karakteristik yang sama. Model ini menganalisis hasil wawancara dari narasumber dengan hasil observasi dan dokumentasi yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian implementasi teknik penilaian ranah kognitif pada mata pelajaran PAI selama pembelajaran daring di SD Negeri Wojo Bantul sudah menggunakan tiga teknik dalam penilaian ranah kognitif yaitu tes tertulis, tes lisan dan penugasan. Guru mata pelajaran PAI di SD Negeri Wojo Bantul memanfaatkan beberapa platform TIK dalam proses penilaiannya yaitu menggunakan google form, whatsapp, dan google meet

References

Anshori, Sodiq. 2019. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran.” Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya 2(1).

Arifin, S, N Abidin, and F Al Anshori. 2021. “Kebijakan Merdeka Belajar Dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Desain Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam.

Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Batubara, Hamdan Husein. 2016. “Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen Di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari.” Jurnal Pendidikan Dasar Islam 8(1).

Diasti, Kermi. 2021. “Faktor-Faktor Pendukung Dan Penghambat Belajara Dalam Jaringan (Daring).” Al-Affan: Jurnal Pendidikan Islam Vol.1, No.

Fatonah, Siti. 2016. “Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Otentik Kurikulum 2013 Di MI Yogyakarta.” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 8(2).

Fikri, Muhammad et al. 2021. “Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19?: Sebuah Kajian Kritis.” Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan 9(1).

Firmansyah, Fikri, Muhamad Taufik Bintang Kejora, and Akil. 2021. “Studi Analisis Pemanfaatan Whatsapp Dalam Pembelajaran Daring Akidah Akhlak Pada Siswa Madrasah Aliyah.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol.3, No.

Hambali Alman Nasution, and Fikri Alwi Nasution. 2020. “Pengembangan Teknik Dan Instrumen Asesmen Aspek Pengetahuan Berbasis Teknologi.” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8(2).

Hidayat, Tatang, and Abas Asyafah. 2019. “Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10(1).

Ismanto, Ismanto. 2014. “Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI).” Edukasia?: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 9(2).

Juniartini, NME, and IW Rasna. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid-19 1Nme.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 9(2).

Khusaini, Khusaini, Agus Suyudi, Winarto Winarto, and Sugiyanto Sugiyanto. 2017. “Optimalisasi Penggunaan WhatsApp Dalam Perkuliahan Penilaian Pendidikan Fisika.” Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika 4(1).

Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013): Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rajawali Pers.

Latip, Asep Diana. 2018. Evaluasi Pembelajaran Di SD Dan MI. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lilawati, Agustin. 2020. “Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Di Rumah Pada Masa Pandemi.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1).

Majid, Abdul. 2017. Penilaian Autentik: Proses Dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maruti, Endang Sri, and Naniek Kusumawati. 2018. “Proses Pengembangan Asesmen Alternatif Berupa Penilaian Produk Pada Mata Kuliah Pembelajaran Bahasa Jawa Di SD.” Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar 4(2).

Mulatsih, Bekti. 2020. “Penerapan Aplikasi Google Classroom , Google Form , Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia Di Masa Pandemi.” ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 5(1).

Munazar, Teuku Hariski, and Ahmad Qomarudin. 2021. “Pengembangan Teknik Dan Instrumen Asesmen Aspek Pengetahuan Berbasis Teknologi.” Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains Vol. 3, No.

Nugraheni, Aninditya Sri. 2012. “Optimalisasi Strategi Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kompetensi Berbicara Siswa Kelas V MI.” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 4 No.

Nugroho, Puspo. 2015. “Pandangan Kognitifisme Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini.” Antimicrobial Agents and Chemotherapy 3(2).

Pangesti, Cita Raras Nndya, and Main Sufanti. 2020. “Assesmen Pembelajaran Daring Teks Puisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Covid-19.” Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 10(2).

Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.

Santoso, Pitoyo Budi. 2019. “Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google Form Terhadap Hasil Belajar Pelajaran TIK.” Prosiding Seminar Nasional 1(September).

Setemen, Komang, Luh Joni Erawati Dewi, and I Ketut Purnamawan. 2019. “Model Peer Assessment Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi.” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 16(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/16619/10273 (January 17, 2023).

Sholihatun, S, and Y Utanto. 2020. “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19.” Prosiding Seminar ….

Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudijono, Anas. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiana, Aset. 2019. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Implementasinya Di Mts Nurul Ummah Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 16(1).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-10-22

How to Cite

Santoso, M. M., Reziana, B., Yusuf, M., Irawan, D., & Ashari, H. (2023). Implementasi Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Penilaian Kognitif pada Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2920–2927. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.4669

Issue

Section

Articles

Citation Check