Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Smart Apps Creator Berbasis Pendekatan Saintifik di Kelas III SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4883Keywords:
Media Pembelajaran, Tematik Terpadu, Smart Apps Creator, Pendekatan Saintifik, PLOMPAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang maksimal, dan media pembelajaran yangdigunakan pun kurang beragam dengan memperhatikan gambar yang hanya terdapat pada buku sumber. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran tematik terpadu menggunakan Smart Apps Creator yang efektif dan praktis berbasis pendekatan saintifik Kelas III SD.Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model PLOMP. Tahapan tersebut adalah penelitian pendahuluan, pengembangan produk, dan evaluasi. Media pembelajaran tematik yang diintegrasikan ke dalam Smart Apps Creator dengan pendekatan saintifik diperiksa kelayakannya menggunakan uji keefektifan dan kepraktisan.Validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, hasil uji validasi dinyatakan sangat valid dengan rata-rata nilai validasi sebesar 93,8%. Nilai tes praktik di sekolah percontohan adalah 89,2% untuk guru dan 91,6% untuk siswa. Hasil tes praktik di sekolah penelitian adalah 92,8% untuk guru dan 93,6% untuk siswa. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran tematik yang terintegrasi dengan Smart Apps Creator berbasis pendekatan saintifik SD Kelas III efektif dan praktis dalam proses pembelajaran.
References
Ade Rimelda Sibuea & Elfia Sukma. (2021). Analisis Langkah-Langkah Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Para Ahli. Journal of Basic Education Studies, volume.4(1), h. 2347.
Akbar, Sa'dun, dkk. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Amini, Risda . (2017). The Development of Integrated Learning Based Students Book to Improve Elementary School Student's Competence. Unnes Science Education Journal, 6(2), 1586-1592.
Amini, R., & Usmeldi. (2022). Developing the Interactive e-Module Based on Integrated Learning for Primary School Students. International Journal of Information and Education Technology, 12(4), 272–279. https://doi.org/10.18178/ijiet.2022.12.4.1615
Andriani, W. (2020). Pentingnya Perkembangan Pembaharuan Kurikulum dan Permasalahannya. Universitas Lambung Mangkurat, 1–12. https://doi.org/10.35542/osf.io/rkjsg
Azizah, A. R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk mengajarkan global warming. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) Unesa, 4(2), 72–80. https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/143
Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Pendidikan di Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21-30.
Dewi, I. S., & Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Inkuiri di Kelas IV SDN 07 Lubuk Alung. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 482–491.
Hamidah, A., & Choirun, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator ( SAC ). CENDEKIA Media Komunikasi Peneliatian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 14(01), 177–189.
Jaiz, M., Vebrianto, R., Zulhidah, Z., & Berlian, M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Smart Apps Creator pada Pembelajaran Tematik SD/MI. Jurnal Basicedu, 6(2), 2625–2636. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2428
Permatasari, E. A. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1), 11–16.
Plomp, Tjeerd dkk. (2013). Educational Design Research. Edited By T. Plomp and N. Nieveen, Enschade.
Purwanto, N. (2017). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahma, D. ayu, & Arwin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1328–1334. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36419/32383
Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3), 116-125.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartati, O. (2021). Flipped Classroom Learning Based on Android Smart Apps Creator (SAC) in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012070
Titiana, Etha Salaza, dkk. (2019). "Guru Transformers: Pembaharu Media 111 Pembelajaran di Sekolah Dasar Era Revolusi Industrii 4.0. "2(1):309-314
Usmeldi & Amini, R. (2022). Creative Project Based Learning Model to Increase Creativity of Vocational High School Students. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(4), 2155-2164.
Yuberti, dkk. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Smart Apps Creator Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics and Science Education Journal, 1(2), 90-95.
.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).