Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Desy Getri Sari Gogahu Universitas Kristen Satya Wacana, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia
  • Tego Prasetyo Universitas Kristen Satya Wacana, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493

Keywords:

R&D, 4D (Define, Design, Development, Dissminate)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran literasi membaca. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D), dengan prosedur pengembangan oleh Sukamadinata yang dikonversi dan dimodifikasi dengan model pengembangan 4D atau Four D Models (Define, Design, Development, dan Dissminate). Pada penelitian ini peneliti hanya sampai pada prosedur pengembangan dan tidak melakukan uji coba secara langsung (Dissminate) dikarenakan kondisi darurat kesahatan akibat dampak dari covid-19. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui uji pakar. Uji pakar yang digunakan adalah uji pakar materi dan uji pakar media. Data hasil validasi produk oleh pakar materi dan pakar media, akan dianalisis menggunakan teknik deskriptif presentase dan kategori untuk menunjukkan keefektivan/kelayakan media. Hasil pengembangan produk yang dilakukan peneliti melalui validasi ahli materi memperoleh skor 49 dengan presentase 81% sehingga dikategorikan sangat tinggi dan layak digunakan. Hasil validasi ahli media 1 memperoleh skor 47 dengan presentase 67%, dan hasil validasi media 2 memperoleh skor 43 dengan presentase 61% sehingga dikategorikan tinggi dan layak untuk digunakan.

References

Adeel, K. &. (2014). Literasi Buku Digital. LIBRIA, 8(2).

Agoestyowati, R. (2017). Tinjauan Pada Minat Literasi Anak-anak. Majalah Ilmiah Institut STIAMI.

Baleiro, R. (2011). Definition of Literary A Content Analysis of Literature Syllabuses and Interviews with Protuguese Lecturers of Literature. Journal of New Horizons in Education, (02–04), 17.

Dalman. (2013). Ketrampilan Membaca. Jakarta: Raja Garafido Persada.

Dizon. (2014). Pengaruh Penggunaan Buku Bacaan Digital serta Kegiatan Membaca Digital, Terhadap Motivasi Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 9(2).

Haris, D. (2011). Panduan Lengkap E-Book. Yogyakarta: Cakrawala.

Lopes-Rio. (2015). About the horrific peril of reading on digital devices. Journal of Social and Behavioral Sciiences, 178.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. (n.d.).

Rusman Dr M, P. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: ALFABETA.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Shofaussamawati. (2016). Menumbuhkan minat baca dengan pengenalan perpustakaan pada anak sejak dini. Journal Stainkudus. Retrieved fromhttp://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/download/1189/1082

Smeets, D. J. . and A. G. B. (2012). Buku Cerita Elektronik Interaktif untuk Anak TK Mengenal Kosa Kata.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyono, H. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Guru Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 116–123.

Tim, S. G. (2018). Buku Panduan Praktis Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kemdikbud Direektorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Undang-undang No.3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan. (n.d.).

UNESCO. (2009). Laporan Dunia UNESCO Berinvestasi dalam Keanekaragaman Budaya dan Dialog Antarbudaya. Tersedia di://www.unesco.org/en/world -reports/cultural-diversity. Diakses 13 September 2019.

Yaumi, M. (2012). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: PT Interpratama Mandiri.

Downloads

Published

2020-08-06

How to Cite

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493

Issue

Section

Articles

Citation Check