Pengembangan Media Pembelajaran Learning Bee Math terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Ika Wulandari Universitas Sultan Agung Semarang, Indonesia, Indonesia https://orcid.org/0009-0003-6602-0442
  • Nuhyal Ulia Universitas Sultan Agung Semarang, Indonesia, Indonesia
  • Sari Yustiana Universitas Sultan Agung Semarang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.4930

Keywords:

berpikir kritis, media, interaktif

Abstract

Penelitian berfokus pada pengembangan media pembelajaran yang berdampak terhadap kemampuan berpiki kritis matematika siswa. Kurangnya pemanfaatan media dalam membantu proses pembelajaran terutama media pembelajaran dengan basis teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkna media pembelajaran Learning Bee Math yang valid, praktis dan efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas V SD. Penelitian Pengembangan ini dilakukan deangan ADDIE melalui 5 tahap yaitu, Analisis, Disain, Pembuatan produk, Penerapan, dan evaluasi. Produk dikembangkan dengan Power point, Ispring dan Apk Builder. Subjek penelitian yakni siswa kelas V SD N Karangwotan 02 TA 2022/2023. Penelitian dilakukan melalui validasi ahli dengan rata rata nilai 92 termasuk kategori sangat layak, angket respon guru dan siswa diperoleh 98,4 dan 93, sedangkan hasil nilai tes kemampuan berpikir krtis menunjukkan peningkatan dengan signifikasi hitung 0,000 dengan hasil uji gain 0,53  dengan kategori peningkatan sedang. Sehingga media Learning Bee Math efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa

References

Alam, S. (2019). Higher Order Thinking Skills (HOTS): Kemampuan Memecahkan Masalah, Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pendidikan Seni untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 pada Era Society 5.0 | Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS). Pascasarjana UNNES, 2(1), 790–797. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/372

Arif, J. R., Faiz, A., & Septiani, L. (2022). Penggunaan Media Quiziz Sebagai Sarana Pengembangan Berpikir Kritis Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 201–210.

Damarjati, S. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis Abstrak. ANARGYA : Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4(2).

Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 01, 01(1), 63–70. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index

Djamas, D., Tinedi, V., & Yohandri. (2018). Development of interactive multimedia learning materials for improving critical thinking skills. International Journal of Information and Communication Technology Education, 14(4), 66–84. https://doi.org/10.4018/IJICTE.2018100105

Dores, O., Wibowo, dwi cahyadi, & Susanti, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika 1. J-PiMat, 2, 242–254.

Facione, P. a. (2015). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Insight assessment (Issue ISBN 13: 978-1-891557-07-1.). https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF

Firdaus et, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. BASICEDU, 4(3), 681–689. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Gunawan, & Ritongga, A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Raja Grafindo Persada.

Hasyim, A. F., Munawar, B., & Ma, M. (2021). Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Karakteristik Arus Searah Dan Bolak-Balik Pada Peserta didik MAN 1 Pandeglang. Jurnal Pendidikan, 9(1), 108–115.

Hidayat, F., Rahayu, C., Barat, K. B., Nizar, M., Coblong, K., & Bandung, K. (2021). Model ADDIE ( Analysis , Design , Development , Implementation and Evaluation ) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama IIslam (JPAI), 1, 28–37. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jipai/article/view/11042/pdf

Isrok’atun, Rosmala, A. (2018). Model Model Pembelajaran Matematika (Pertama). Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=5xwmEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=model+pembelajaran+adalah+&ots=VItHqTvDLw&sig=UU9djka_89fLDaf4yQmEtafneZc&redir_esc=y#v=onepage&q=model pembelajaran adalah&f=false

Kurniawan, P. W., & Sumargono, S. (2021). Development of History Learning Media Based on TPACK Assisted by Ms. PowerPoint Integrated with Ispring Suite. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(4), 248. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i4.2456

Lafendry, F., Tinggi, S., Islam, A., Akhwan, M., & Islam, J. P. (2020). Kualifikasi dan kompetensi guru dalam dunia pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 3, 1–16. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/166/133

Nuryati, N., & Darsinah, D. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153–162. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1186

Pratiwi, D., & Santi, D. (2019). implementasi Media Pembelajaran Dengan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa. Jurnal Derivat, 6(1), 1–11.

Primayanti, E., Suarjana, I. M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pbl Bermuatan Kearifan Lokal Kritis Matematika Siswa Kelas V Di Gugus V. Journal of Education Technology, 3(1), 28–34. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456

Putra, R. W., Sari, L. P., Meirina, R., Nursyam, Y., & Zaidi, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Musik Digital Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3604–3611.

Rahayu, T. (2015, June). Metode dan Media Saling Berhubungan. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/yunitasafitri50/552009ffa33311e32bb674ca/metode-dan-media-saling-berhubungan

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286.

Wahyuni, D. Q., & Ananda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 859–872. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1294

Downloads

Published

2023-08-12

How to Cite

Wulandari, I., Ulia, N., & Yustiana, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Learning Bee Math terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2082–2090. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.4930

Issue

Section

Articles

Citation Check