Pengembangan Media Animus dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar

Authors

  • Nada Syiffa Qolbu Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
  • Astri Sutisnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
  • Arsyi Rizqia Amalia Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4999

Keywords:

Pengembangan animasi interaktif, pembelajaran IPAS SD, Kurikulum Merdeka Belajar

Abstract

Digitalisasi menjadi salah satu program yang harus diterapkan di sekolah dasar dan menjadi bagian dalam pembelajaran, program digitalisasi ini akan menggunakan teknologi dalam kegiatan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah media berbasi digital yaitu video pembelajaran dengan animasi yang interaktif, media ini akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran  IPAS. Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian pengembangan, dengan menerapkan model DDD-E (Decide, Design, Development, Evaluate) yang berfokus pada pengembangan multimedia interaktif. Media pembelajaran berbasis digital yang dibuat peneliti adalah media animus, media animus ini sudah tervalidasi oleh para ahli dengan hasil presentase        85% dan kategori produk ini sangat layak. Terlebih dari hasil asesmen sumatif yang dilakukan kepada peserta didik kelas 4 memperoleh rata-rata nilai yaitu 91 dengan keterangan peserta didik dapat melanjutkan pembelajaran menuju bab selanjutnya. Media animus ini sudah terbukti layak untuk digunakan terlebih pengembangan media ini hanya menggunakan satu aplikasi yaitu canva yang memiliki fitur lengkap sehingga dapat memudahkan guru dalam membuat media, selain itu dari penggunaan media animus peserta didik mendaptkan hasil belajar yang baik.

References

Agustina, M., Anggrayni, M., & Saputra, A. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis KineMasterMuatan IPA Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas V Sekolah Dasar. BASICEDU, 7646.

Auliah, L. N., Asrul, & Ramadhani, I. A. (2023). Penggunaan Media Interaktif berbasis Animasi Power Point Terhadap Hasil Belajar Materi Gaya Dan Gerak Di Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan Dasar, 90.

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar : Teori dan Prosedur. Serang Baru: Laksita Indonesia.

Dewayanti, A., Suryanti, H. H., & Wicaksono, A. G. (2021). Analisis Video Animasi Inovatif Dalam Pembelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid 19. Sinektik, 193.

Dewi, N. M., & Negara, I. G. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Video Animasi. Edutech Undiksha, 123.

Gabriela, N. D. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 105.

Gunawan, & Ritonga, A. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasi Industri 4.0. Depok: RajaGrafindo Persada.

Hasan, M., Miliawati, Darodjat, Harahao, T. K., & Tahrim , T. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Tengah: Tahta Media Group.

Helaluddin, Tulak, H., & Rante, S. V. (2020). Penelitian dan Pengembangan. Banten: Media Madani.

Hopeman, T. A., Hidayah, N., & Anggraeni, W. A. (2022). Hakikat, Tujuan dan Karakteristik Pembelajaran IPS Yang Bermakna Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Kiprah Pendidikan, 143.

Khoirurrujal, Sofia, F., Makrufi , A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, et al. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abdi.

Lukman , A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary, 154-157.

Mulyani, I. (2019). Penerapan Model Belajar CTL Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi IPA Di SDN Cijangkar 2. Perseda, 33.

Nurfadhillah, S., Barokah, S. F., Nur'alifah, S., Umayyah, N., & Yanti, A. A. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas 1 MI Al-Hikmah 1 Sepatan. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 164.

Parni. (2020). Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Kajian Pebatasan Antarnegara, Diplomasi dan Hubungan Internasional, 101.

Pratiwi, N. I., & Karisman. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MateriBentuk dan Fungsi Bagian Tumbuhan. BASICEDU, 7259.

Purwanto, N. (2020). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT Rosda Karya.

Septy Nurfadhillah, M., & Dasar, 4. P. (2021). Media Pembelajaran. Tangerang: CV Jejak dan Anggota IKAPI.

Suharyati. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Metode Demonstrasi Masa Pandemi Covid 19 Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Kelayu Jorong Semester 1 Tahun 2021/2022. Ilmiah Rinjani, 100.

Winarti, E., Munsarif, M., Mardiana, & Suwahono. (2021). Model R&D Pendidikan dan Sosial. Jawa Timur: KBM Indonesia.

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V. Pendidikan Sains Indonesia, 269-273.

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

Qolbu, N. S., Sutisnawati, A., & Amalia, A. R. (2023). Pengembangan Media Animus dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 10341–10350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4999

Citation Check