Analisis Kebutuhan Pengembangan Kartu HILO (History Learning with UNO Cards) pada Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Intan Lestari Puspasari Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Otib Satibi Hidayat Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Uswatun Hasanah Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.5127

Keywords:

Media pembelajaran, Kartu UNO, Kerajaan Buddha, Hindu, dan Islam

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya media pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran kartu HILO dan pemahaman siswa terhadap media kartu UNO pada materi kerajaan Buddha, Hindu, dan Islam di kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian RnD dengan model ADDIE dengan berfokus pada tahapan pertama, yakni tahap analysis (analisis). Populasi dalam penelitian, yakni guru dan seluruh siswa kelas IV SDN Cibinong 04. Sampel pada penelitian ini, yakni 2 guru dan 40 siswa di SDN Cibinong 04. Instrumen dalam penelitian ini ialah wawancara dan angket melalui jenis data kualitatif. Berdasarkan hasil angket siswa yang menunjukkan 78% siswa tertarik belajar materi kerajaan Buddha, Hindu, dan Islam menggunakan kartu UNO. Maka dari itu, hasil analisis kebutuhan guru dan siswa menunjukkan kalau media kartu HILO diperlukan oleh siswa. Penelitian ini bisa dikembangkan untuk pengembangan media kartu UNO pada materi kerajaan Buddha, Hindu, dan Islam menjadi media pembelajaran siswa kelas IV sekolah dasar.

References

Ambaryani, A., & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan media komik untuk efektifitas dan meningkatkan hasil belajar kognitif materi perubahan lingkungan fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(1), 19–28.

Anggraini, D. (2019). Pengembangan Kartu Uno Bundo untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Bantulan. BASIC EDUCATION, 8(10), 1–13.

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi perkembangan bahasa anak usia dini melalui lagu kreasi minangkabau pada anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73–84.

Ariani, D., & SUBRATA, H. (2020). Pengembangan Media Karsawa (Kartu Aksara Jawa) Untuk Pembelajaran Menulis Aksara Jawa Di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1).

Azizah, A. R. (2019). Pengembangan Media Kartu Loker Dalam Pembelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Kelas IV. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2).

Bestari, D., Yulianti, D., & Dwijananti, P. (2013). Starter Experiment Approach (SEA) Berbantuan Games pada Mata Pelajaran IPA Fisika untuk Mengembangkan Karakter Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, 3(1), 24–29.

Brian Tinsman. (2002). The Game Inventor’s Guide Book. Krause Publications.

Chandra, F. H., Nugroho, Y. W., & Visual, D. K. (2016). implementasi student centered learning dengan memanfaatkan media pembelajaran digital dalam pembelajaran dengan menggunakan metode “flipped classroom.†Media Prestasi, 18(2), 51–62.

Dafalla, S. H. K. (2016). The Impact of Educational Games on the Academic Achievement of Fifth Grade Students in Science. International Journal of Education and Research, 4(12), 173–188.

Fathoni, A., Muhibbin, A., Arifin, Z., Habiby, W. N., & Shokhifatun, S. (2019). Implementing Ayo Balik Natural Science Learning Model to Eighth-Grade Students of State Junior School. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(8), 128–140.

Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan minat belajar akidah akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176–188.

Paramita, A. R., & Damayanti, M. I. (2019). Pengembangan Media Kartu UNO untuk Pembelajaran Menulis Narasi Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(5).

Prof. Dr. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Dan Pengembangan Research And Development. Alfabeta.

Purnomo, A., Muntholib, A., & Amin, S. (2016). Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Materi Kontroversi (Controversy Issues) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 33(1), 13–26.

Ramli, M. (2015). Media pembelajaran dalam perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 13(23), 133–134.

Ridwan. (2012). Pengantar Statistika. Alfabeta.

Robert Maribe Branch. (2009). Intructional Design: The ADDIE Approach. Springer.

Rosyida, S. (2017). Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran Tentang Pengenalan Vitamin yang Terkandung di Dalam Buah. Jurnal Teknik Informatika, 3(1), 17–23.

Subrata, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu UNO untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Sandhangan Swara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD. Volume 10 Nomor 5 Tahun 2022, 1127 – 1136.

Usep Kustiawan. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Penerbit Gunung Samudra.

Downloads

Additional Files

Published

2023-05-22

How to Cite

Puspasari, I. L., Hidayat, O. S., & Hasanah, U. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Kartu HILO (History Learning with UNO Cards) pada Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1339–1347. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.5127

Issue

Section

Articles

Citation Check