Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Digital (API) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX MTs Pada Materi Hutang Piutang

Authors

  • Helnanelis Helnanelis Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia
  • Khairul Anam Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5572

Keywords:

Pengembangan, Aplikasi Digital.

Abstract

Perkembangan zaman yang begitu cepat merupakan sebuah tantangan bagi setiap individu manusia dalam mempertahankan dan mengembangkan dirinya, agar mampu berdaya saing dengan individu yang lain, baik dari segi aspek ekonomi, politik, sosial, pendidikan dan lain sebagainya. Namun yang lebih menarik dalam pembahasan ini ialah tentang pendidikan, tempat para pendidik dan peserta didik berproses untuk dapat mempersiapkan dirinya dikemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pandangan dan arah yang baru kepada pendidik untuk dapat mengembangkan strategi pembelajarannya ke arah digital. Sehingga dalam penelitian ini penulis menggunakan metode literatur, dengan membaca dan meneliti penelitian yang sebelumnya pernah ada lalu mengembangkannya dan ini merupakan sebuah penelitian Reserch adn Development (R&D). Maka dari itu diperlukan sebuah inovasi-inovasi yang baru dalam dunia pendidikan, salah satuya dengan menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran, seperti aplikasi digital yang belakangan ini para pendidik dituntut untuk dapat merancang dan mengoprasikannya dalam pembelajaran. Hal ini merupakan sebuah tantangan sekaligus peluang untuk para pendidik agar dapat meningkatkan kualitas kependidikannya serta sebuah solusi terbaru dalam proses pembelajaran sehingga mempermudah para peserta didik untuk dapat memahami  pembelajaran yang disampaikan didalam kelas. Sehingga Aplikasi Digital ini merupakan sebuah solusi dalam dunia pendidikan, karena pendidik dan peserta didik dapat mengakses dan menjalankan materi pembelajaran dimana saja dan kapan saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu

References

M. Yusuf T, and Muhamainnah Amin. 2016. “Pengaruh Mind Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.†Jurnal Tadris 01: 01.

Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda.

Relis Agustien, Nurul Umamah, and Sumarno. 2018. “View of Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman Di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS.†2018. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/8010/5647.

Riduwan. 2013. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rizal Septa Wahyu Hartanto, and Hasan Dani. 2020. “The Journal of Universitas Negeri Surabaya.†https://ejournal.unesa.ac.id.

Rusman. 2013. Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Siti Rahmi Yuliani. 2018. “Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Kemampuan Diri (Self Efficacy)†12: 6.

Titin, and Ega Safitri. 2022. “Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Video Animasi Powtoon | Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat,†December. https://www.journal.iel-education.org/index.php/JIPPMas/article/view/12.

Downloads

Published

2023-07-22

How to Cite

Helnanelis, H., & Anam, K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Digital (API) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX MTs Pada Materi Hutang Piutang. Jurnal Basicedu, 7(3), 1768–1773. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5572

Issue

Section

Articles

Citation Check